manfaat teh hijau untuk ibu hamil

Manfaat Teh Hijau untuk Ibu Hamil dan Menyusui yang Perlu Dikenali

Teh hijau sudah lama dikenal sebagai tanaman bermanfaat, dan ternyata ada sejumlah manfaat teh hijau untuk ibu hamil dan menyusui.

Sehingga meski teh hijau diketahui mengandung kafein ternyata tetap aman dikonsumsi oleh ibu hamil maupun ibu menyusui.

Bagi ibu hamil dan menyusui, mengkonsumsi teh hijau harus memperhatikan kadar dan intensitasnya. Pasalnya, teh hijau tidak hanya berpengaruh bagi sang ibu.

Tetapi juga memberi pengaruh bagi kondisi kandungan dan kondisi si kecil saat di masa menyusui. Jadi, konsumsilah teh hijau dalam batas wajar mengingat dampak yang disebabkan setelahnya cukup kompleks.

Beberapa manfaat teh hijau untuk ibu hamil dan menyusui perlu dipahami bagi para wanita agar terhindar dari risiko kesehatan. Seperti apa manfaat teh hijau yang bisa dirasakan oleh ibu hamil dan menyusui dalam tingkat serta kadar paling aman? Berikut ulasannya:

Manfaat Teh Hijau bagi Ibu Hamil

Dalam kondisi hamil, seorang wanita harus memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh karena bisa berpengaruh pada kandungan.

Oleh sebab itu, saat mengkonsumsi teh hijau, sebaiknya calon ibu juga wajib memahami apa saja efek yang ditimbulkan.

Bagi ibu hamil, ternyata teh hijau dengan kandungan kafein yang tinggi sebetulnya tidak disarankan. Kadar kafein yang tinggi tersebut justru berisiko buruk bagi kesehatan sang ibu dan janin dalam kandungan.

Namun, jika diminum dengan kadar dan intensitas yang tepat ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Penghilang Depresi

Mengkonsumsi teh hijau saat masa kehamilan bisa membantu mengurangi depresi. Sepertinya bukan rahasia lagi bahwa pada masa kehamilan, terjadi kondisi naik-turunnya hormon dan bisa menyebabkan stres bahkan depresi.

Inilah fungsi utama teh hijau bila dikonsumsi ibu hamil saat tingkat stres berlebihan.

Sebab teh hijau memiliki efek relaksasi sehingga syaraf tidak tegang dan membantu ibu hamil tetap tenang sekaligus lebih bahagia. Namun, pastikan minum dengan takaran yang tepat yakni cukup secangkir sehari dan jangan dibuat terlalu pekat.

Artinya cukup diseduh selama beberapa menit saja dan masukan teh hijau dalam kadar yang minimalis.

2. Menghilangkan Nyeri

Saat dalam kondisi hamil, seorang calon ibu tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi obat-obatan. Hal tersebut akan berisiko pada perkembangan janin dalam kandungan.

Saat menderita beberapa nyeri, seperti sakit kepala atau nyeri lainnya, teh hijau bisa menjadi penawar ampuh penghilang nyeri. Sebab kembali lagi ke efek relaksasi yang diberikan sehingga membantu meredakan rasa nyeri dan pegal yang kerap mendera.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat teh hijau untuk ibu hamil berikutnya adalah sebagai pengontrol tekanan darah. Emosi atau stres yang meningkat bisa membuat tekanan darah calon ibu tidak stabil.

Apabila minum teh hijau sesuai takaran yang dianjurkan dan tidak berlebihan. Maka antioksidan dalam teh hijau ini akan membantu menurunkan tekanan darah sehingga stagnan ke level normal.

Manfaat Teh Hijau bagi Ibu Menyusui

Selain ibu hamil, wanita yang sedang menyusui sebaiknya juga mengurangi konsumsi teh hijau. Meski konsumsinya bisa membantu melancarkan peredaran darah selama masa menyusui.

Namun ada dampak buruk bagi bayi bila dikonsumsi secara berlebihan.

Minum teh hijau saat menyusui juga berpengaruh pada kadar cairan dalam tubuh yang bisa mengakibatkan dehidrasi akut. Ibu menyusui membutuhkan asupan cairan lebih banyak dibandingkan wanita biasa.

Namun, bukan berarti minum teh hijau tidak dianjurkan sama sekali. Sebab ketika diminum dalam takaran yang pas yakni secangkir sehari. Maka ibu menyusui bisa mengantongi beberapa manfaat di bawah ini:

1. Sebagai Skin Care Alami

Kandungan antioksidan tinggi dalam teh hijau bisa dimanfaatkan sebagai skin care alami. Yakni dijadikan sebagai masker wajah karena kandungan zat di dalamnya sangat baik untuk kesehatan kulit.

Tidak hanya itu, jika rutin dikonsumsi maka kulit pun akan lebih sehat dengan perawatan dari dalam. Jadi, silahkan menimbang konsumsi teh ini secara rutin dalam batas normal agar senantiasa punya kulit sehat selama menyusui.

2. Cegah Diabetes

Dengan rasa yang dominan pahit, teh hijau berfungsi untuk mencegah penyakit diabetes gestasional. Risiko penyakit berbahaya ini semakin terbatas karena kandungan teh hijau yang mampu mengurangi nafsu mengkonsumsi makanan manis dan menekan rasa lapar.

Cocok pula diminum rutin untuk membantu menekan nafsu makan berlebih agar berat badan segera kembali normal seperti sebelum hamil dan melahirkan.

Diperlukan pemahaman mendalam agar konsumsi teh hijau oleh ibu hamil tetap dalam batas wajar. Mengkonsumsi teh hijau dalam kadar yang ditentukan akan membuat manfaat teh hijau untuk ibu hamil dan menyusui bisa didapatkan.

Jadi pahami uraian di atas dan kemudian diterapkan, supaya bisa menyerap semua manfaatnya dan mencegah efek negatif yang mungkin dapat timbul apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Baca Juga:
Tempat Membeli Teh Hijau Terbaik dan Cara Menemukannya

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: