manfaat teh hijau untuk tubuh

Manfaat Teh Hijau untuk Tubuh yang Ternyata Sangat Beragam

Manfaat teh hijau untuk tubuh sangatlah beragam. Oleh karena itu, teh hijau kini semakin dicari oleh banyak orang.

Manfaatnya mulai dari menjaga kesehatan kulit wajah, menurunkan berat badan, dan lain sebagainya.

Khasiat maupun manfaat dari teh asal Jepang ini, mulai banyak dikenal masyarakat luas hingga ke seluruh dunia.

Nah, tentunya Anda pun harus dapat mengetahui berbagai manfaat dari teh jenis ini agar dapat merasakan khasiatnya pada tubuh. Simaklah penjelasan di bawah ini.

Detail Manfaat Teh Hijau untuk Tubuh

Semua orang dijamin mengenal teh hijau karena sering disebut-sebut sebagai teh herbal dengan khasiat yang sangat beragam.

Selama rutin dikonsumsi dengan takaran antara 1-4 cangkir per hari, maka manfaat yang diberikan antara lain:

Manfaat Teh Hijau untuk Tubuh di Seluruh Permukaan Kulit

Salah satu manfaat teh hijau yang paling banyak dikenal adalah dapat menjaga kesehatan kulit. Baik dari kulit wajah hingga kulit di seluruh tubuh.

Kandungan antioksidan teh hijau yang sangat tinggi mampu menjaga keremajaan kulit.

Selain itu, teh hjiau juga dapat menyembuhkan serangkaian masalah kulit wajah. Seperti jerawat, wajah berminyak, dan mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata.

Selain itu juga membantu menjaga kelembaban alami kulit di seluruh tubuh. Tidak terkecuali bagi penderita psoriasis agar kulit kering dan bersisih tidak berlebihan.

Menurunkan Berat Badan

Teh asal Jepang ini sangat terkenal sebagai obat alami untuk menurunkan berat badan. Banyak sekali kaum hawa yang mengkonsumsi teh ini untuk alasan diet.

Faktanya, teh hijau memang mampu membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh, sehingga cocok untuk program diet.

Teh herbal ini juga mampu mengusir lemak-lemak jahat yang bersembunyi di bawah kulit. Rutin mengkonsumsi dalam jumlah yang sedang mampu menurunkan berat badan dengan hasil yang signifikan.

Anda dapat melakukan program diet dengan teh hijau yang sangat baik untuk kesehatan ini.

Namun pastikan diimbangi dengan pengaturan pola makan yang sehat dan membiasakan diri untuk berolahraga. Sebab diet tidak akan maksimal jika hanya mengandalkan teh hijau, karena jika rutin sekalipun.

Namun asupan makanan berlemak tidak dikurangi pada akhirnya berat badan malah semakin naik bukannya turun.

Menurunkan Kolesterol

Tidak hanya menurunkan berat badan, manfaat lainnya adalah menurunkan kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh memang masalah penting yang tidak boleh diabaikan.

Sebab kondisi ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit lain.

Berdasarkan pada sebuah penelitian di Western University of Health Sciences, mengkonsumsi empat cangkir teh hijau tanpa gula per hari dapat menurunkan kadar kolesterol.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki masalah kolesterol mulailah rutin mengkonsumsi teh hijau tanpa gula.

Sangat direkomendasikan pula untuk Anda yang memiliki keluarga dengan kondisi kolesterol tinggi sebagai pencegahan dini.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung menjadi momok paling menakutkan karena paling banyak menelan korban kematian. Kolesterol yang tinggi juga dapat memacu terjadinya penyakit jantung.

Maka, selain menurunkan kolesterol, rutin mengkonsumsi teh hijau juga dapat menjaga kesehatan jantung.

Merujuk pada Journal of the American Medical Association, ada sebuah studi yang mengatakan bahwa mengkonsumsi teh hijau telah menurunkan angka kematian akibat penyakit jantung.

Studi ini telah dilakukan selama 11 tahun yang diikuti oleh 40.000 penderita penyakit jantung.

Hasilnya, mengkonsumsi empat cangkir teh hijau per hari memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah dari seseorang yang hanya mengkonsumsi satu cangkir saja.

Nah, jika Anda memiliki risiko terkena penyakit jantung, mulailah berpindah pada gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi teh hijau.

Imbangi pula dengan gaya hidup sehat, dimulai dari pengaturan pola makan dan meluangkan waktu untuk berolahraga ringan.

Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat yang terakhir adalah meningkatkan daya ingat dan kinerja otak. Berdasarkan penelitian dalam jurnal Psychopharmacology tahun 2014 menunjukkan bahwa mengkonsumsi teh hijau dapat meningkatkan daya ingat otak.

Tidak hanya itu, teh hijau juga dapat membantu berbagai gangguan kognitif lain seperti neuropsikiatri. Jadi, apakah Anda ingin terhindar dari penyakit pelupa? Rutinlah untuk mengonsumsi teh hijau yang dibarengi dengan hidup sehat.

Manfaat ini didapatkan dari kandungan L-theanin di dalam teh hijau dan produk olahannya, seperti matcha pure dan matcha latte. Matcha sendiri merupakan sebutan untuk jenis teh hijau yang sudah dijadikan bubuk.

Itulah lima manfaat teh hijau untuk tubuh yang sangat penting dan wajib Anda ketahui. Anda kini dapat mengkonsumsi teh hijau untuk menjaga kesehatan tubuh sejak dini.

Ingatlah bahwa teh hijau merupakan teh herbal yang memiliki banyak manfaat.

Segera memulai kebiasaan ini sekarang, meski harus mengeluarkan dana lebih dibanding saat belum mengkonsumsinya.

Namun merupakan investasi yang menguntungkan karena biaya lebih sekarang dapat mencegah pembengkakan biaya saat sakit di kemudian hari.

Hasil menjadi lebih baik manakala mengkonsumsi teh hijau berkualitas, maka dianjurkan untuk teliti dalam memilih.

Daun Seduh bisa dijadikan pilihan karena selama ini senantiasa menjaga kualitas produk tehnya dari grade I.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: