manfaat teh hitam untuk jerawat

Manfaat Teh Hitam untuk Jerawat yang Ampuh dan Aman

Anda para wanita, pasti sudah tau atau setidaknya pernah mendengar manfaat teh hitam untuk jerawat. Yap! Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, zat yang terkandung dalam teh hitam juga sangat berguna untuk merawat kulit wajah, terutama untuk menghilangkan jerawat.

Walaupun ketika dikonsumsi, cenderung lebih punya rasa pahit, namun berkat kandungan unik di dalamnya maka bisa memberikan keuntungan bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Alasan Teh Hitam Bagus untuk Jerawat

Selain kaya akan antioksidan, teh hitam juga mengandung kafein, serta kaya akan polifenol dan katekin. Dimana semua zat tersebut sangat berperan penting untuk melawan jerawat-jerawat yang tumbuh di area wajah.

Menyerap kandungan ini paling praktis adalah dengan diseduh lalu diminum rutin setiap hari. Agar hasilnya efektif dan minim efek samping, karena adanya kandungan kafein maka setidaknya 1-3 cangkir saja sehari.

Minum lebih banyak dari takaran ini tidak melulu akan mempercepat khasiatnya memerangi jerawat. Namun bisa jadi malah memicu insomnia karena menyerap kafein berlebih dari kandungan teh hitam tersebut.

Meskipun kembali lagi bagaimana respon tubuh dalam menanggapi masuknya kafein, setidaknya berjaga-jaga agar tidak merasakan efek insomnia lebih tepat untuk dilakukan.

Cara Terbaik Mendapatkan Manfaat Teh Hitam untuk Jerawat

Mendapatkan manfaat teh hitam dalam mengatasi masalah jerawat sebenarnya tidak melulu harus diminum. Namun bisa pula dengan memakainya sebagai bahan alami perawatan kulit wajah dari luar.

Menariknya teh hitam tak hanya bisa mengatasi masalah jerawat namun bisa pula untuk kebutuhan lainnya, berikut detail tata cara memanfaatkannya:

Manfaat Teh Hitam untuk Jerawat dengan Dijadikan Scrub

Ladies pasti tau, bahwa salah satu bagian terpenting untuk merawat kulit wajah adalah melakukan scrub rutin. Minimal 1 minggu sekali dan bisa dilakukan di akhir pekan atau kapanpun ketika memiliki waktu luang.

Hal ini bisa berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus meminimalisir tumbuhnya jerawat pada wajah. Supaya memaksimalkan manfaat teh hitam untuk jerawat, jadikanlah ampas teh hitam sebagai scrub.

Yakni, bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan toner, lalu cuci muka seperti biasa. Kemudian oleskan ampas teh hitam ke wajah secara merata.

Pijat dengan lembut, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah selesai, bilas lagi dengan air bersih. Lakukan dengan rutin minimal 2x seminggu untuk menghilangkan bekas jerawat dengan sempurna.

Gunakan Sebagai Masker Mata

Selain mengatasi jerawat, Teh hitam juga mempunyai manfaat lain. Yaitu bisa menghilangkan mata panda atau lingkar mata yang bisa sangat mengganggu penampilan sehari-hari.

Caranya sangat mudah. Ambillah 2 sendok makan ampas teh hitam sisa yang sudah diseduh dan dikonsumsi sebelumnya. Kemudian bungkus dengan kain kasa atau kain bersih, dan tempelkan ke mata secara bersamaan.

Biarkan selama 5-10 menit supaya air dari teh hitam meresap ke kulit. Lakukan secara rutin, maka mata panda dan lingkar bawah mata bisa berkurang sedikit demi sedikit.

Manfaatkan untuk Toner

Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah menumpuknya sisa-sisa make up di wajah, yang tidak dibersihkan secara maksimal. Jika kebetulan toner make up Anda sedang habis, maka gunakan saja teh hitam untuk dijadikan toner.

Teh hitam mengandung zat astrigen yang bisa digunakan untuk toner.

Caranya sangat mudah. Yaitu, mengoleskan ampas teh hitam, sedikit demi sedikit ke wajah. Kemudian langsung bersihkan sambil dipijat menggunakan handuk bersih.

Namun sebelumnya, handuk tersebut harus dalam keadaan sedikit basah. Jika dilakukan secara rutin, tidak hanya membuat wajah menjadi bersih saja, namun akan membantu mengurangi minyak diwajah seharian.

Bisa pula dengan mengaplikasikan air seduhan teh hitam ke kulit wajah, agar lebih mudah bisa memakai kapas. Celupkan kapas bersih ke air seduhan lalu oleskan merata ke kulit wajah untuk mendapatkan manfaat di atas.

Mengatasi Kulit yang Terbakar

Kulit yang terbakar sinar matahari karena terlalu sensitif, tidak hanya menyebabkan warna kulit belang saja (hitam putih). Namun bisa saja menjadi memerah kemudian menjadi luka karena mengalami iritasi.

Satu-satunya obat terpercaya yang bisa menyembuhkan indikasi tersebut adalah menggunakan teh hitam. Caranya, celupkan handuk kedalam seduhan teh hitam hangat.

Kemudian tempelkan secara perlahan ke bagian kulit yang terbakar. Tunggu sampai 30 menit. Maka warna kemerahan dan luka yang timbul akan segera membaik secara perlahan.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat teh hitam untuk jerawat serta untuk merawat kulit wajah lainnya. Pemanfaatan teh hitam tidak hanya dengan rutin meminumnya namun bisa juga untuk perawatan kulit dari luar. Jika ingin hasil lebih maksimal maka bisa melakukan keduanya, yakni diminum sekaligus memanfaatkan teh hitam untuk perawatan kulit dari luar.

Jangan terlupa pula untuk menggunakan teh hitam berkualitas, supaya kandungan baik di dalamnya lebih tinggi. Meski dari segi harga lebih mahal dibanding teh hitam biasa namun manfaat yang diberikan lebih memuaskan.

Silahkan mempertimbangkan Daun Seduh untuk mendapatkan teh hitam premium dengan kualitas terbaik.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: