manfaat teh hitam untuk kanker

Manfaat Teh Hitam untuk Kanker yang Belum Banyak Diketahui Orang

Pernahkah mendengar informasi mengenai manfaat teh hitam untuk kanker? Dari survey yang pernah digelar diketahui bahwa teh adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi setelah air putih.

Jenis teh pun berkembang semakin banyak, mulai dari teh putih, teh hijau, teh oolong, serta teh hitam.

Jenis yang terakhir disebutkan ini bahkan tak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tapi juga mempunyai khasiat mencegah serta mengobati penyakit kanker yang mematikan.

Mengenal Manfaat Teh Hitam untuk Kanker

Minuman segar yang termasuk dalam salah satu minuman paling sehat di dunia ini dihasilkan dari tanaman Camellia sinensis. Pilihan untuk mengkonsumsi teh saat ini semakin beragam, mulai dari teh murni hingga teh yang dipadukan dengan beragam bahan lainnya.

Memulai pola hidup sehat Anda bisa mengganti konsumsi kopi di pagi hari dengan teh hitam segar. Tak hanya membangkitkan mood, terbiasa mengkonsumsi teh hitam juga akan menghindarkan berkembangkan sel-sel abnormal dalam tubuh yang dapat memicu kanker.

Manfaat Teh Hitam untuk Kanker Berkat Flavonoid di Dalamnya

Teh hitam mempunyai kandungan flavonoid serta senyawa TF-2 yang mempunyai sifat anti kanker. Senyawa tersebut terutama dapat mencegah perkembangan sel-sel pemicu kanker dalam usus besar sekaligus memusnahkannya sebelum menjalar.

Selain itu ada pula kandungan polifenol berdosis tinggi pada teh yang mampu mencegah sel menjadi abnormal dengan sifat anti-mutagenik nya.

Polifenol tersebut dikenal sebagai Epigallocatechin-2 Gallate (EGCG) yang hingga kini menjadi konsentrasi penelitian banyak pihak untuk mengetahui efektifitasnya melawan sel kanker.

Menangkal Efek Buruk Serangan Radikal Bebas

Bahan tersebut, yakni EGCG juga mengandung aktivitas substansial akan radikal bebas. Misalnya karena pengaruh polusi lingkungan, sehingga dapat menjaga DNA sel dari kerusakan yang diakibatkan virus atau sel kanker.

Polifenol juga telah teruji secara klinis sanggup mengatasi apoptosis atau bunuh diri sel serta proliferasi sel-sel kanker.

Mengandung Katekin yang Memperkuat Imun Tubuh

Bahan lain yang terkandung dalam teh hitam yaitu katekin. Senyawa ini mampu memperkuat sistem imunitas tubuh serta menghambat penyebaran sel kanker serta angiogenesis.

Sehingga baik untuk diminum rutin oleh siapa saja yang mengidap kanker supaya mempercepat proses penyembuhan. Baik pula diminum siapa saja untuk melakukan pencegahan, sebab ketika daya tahan tubuh bagus. Maka resiko kanker secara alami akan turun.

Beberapa riset juga membuktikan manfaat teh hitam untuk kanker bagi orang sehat adalah dapat menurunkan resiko terkena penyakit mematikan tersebut.

Lagi-lagi karena kandungan katekin serta polifenol yang dimiliki oleh teh hitam. Mengkonsumsi teh hitam di pagi hari juga mampu membantu kekebalan tubuh untuk memberi perlindungan terhadap polusi serta radiasi lingkungan.

Tidak hanya dijadikan minuman, teh hitam juga sudah dikreasikan menjadi berbagai jenis kuliner. Seperti kue dan pudding yang tentunya lebih menyenangkan untuk dinikmati.

Manfaat Lain Teh Hitam

Seperti yang telah disinggung sebelumnya teh hitam juga mempunyai manfaat lain bagi kesehatan tubuh bila dminum secara teratur, yaitu:

Menjaga Kesehatan Mulut

Polifenol dalam teh hitam dapat membantu mencegah pembentukan plak penyebab gigi berlubang, infeksi, serta gangguan kesehatan mulut lainnya. Kafein pada teh bermanfaat untuk memusnahkan bakteri pemicu bau mulut.

Bila ingin panjang umur konsumsilah teh hitam secara teratur karena dapat mengatasi kerusakan pada DNA serta memperpanjang usia sel. Antioksidan pada teh terdapat pada senyawa pofilenol yang dapat melindungi tubuh dari dampak buruk radikal bebas.

Menyehatkan Pencernaan

Dalam teh hitam ada kandungan tanin dan fitokimia yang membantu memperlancar pencernaan dengan mengatasi sembelit karena mempunyai efek restoratif.

Manfaat Teh Hitam untuk Kanker dan Jantung

Dari penelitian yang pernah digelar, terbukti mereka yang rajin mengkonsumsi teh hitam setiap hari mempunyai jantung yang lebih sehat. Sekaligus memperkecil peluang terjadinya penyakit pada jantung serta pembuluh darah.

Kanker menjadi penyakit yang mengakibatkan kematian dalam skala besar, naasnya penyakit ini belum diketahui pasti penyebabnya. Metode pengobatan yang tersedia di tengah masyarakat juga memicu beragam efek samping.

Inilah alasan mengapa perlu melakukan pencegahan penyakit ini untuk memastikan kualitas hidup tetap baik.

Membantu melakukan tindakan preventif, maka rutin mengkonsumsi seduhan teh hitam menjadi jalan bijak untuk diambil. Anda bisa memesan teh hitam premium di Daun Seduh untuk mendapatkan asupan antioksidan secara maksimal.

Resiko kanker akan menurun lebih baik jika memilih teh hitam dengan kualitas yang bagus.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: