manfaat teh hitam untuk kecantikan

Manfaat Teh Hitam untuk Kecantikan, Agar Cantik Alami

Teh hitam tidak hanya baik untuk kesehatan Anda, ternyata manfaat teh hitam untuk kecantikan tidak kalah banyaknya. Mulai dari kecantikan kulit hingga kecantikan rambut yang tentunya memperbaiki secara alami.

Teh hitam memang telah digunakan sejak ratusan tahun sebagai resep rumahan untuk kecantikan mulai dikenal masyarakat. Namun tentunya, khasiat yang dirasakan bervariasi, sesuai jenis kulit dan masalah kecantikan yang dialami.

Manfaat Teh Hitam untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

Khasiat teh hitam untuk kecantikan dipengaruhi oleh kandungan polifenol dan tanin di dalamnya. Berikut adalah detail beberapa manfaat teh hitam yang dimaksudkan:

Mencegah Infeksi Kulit

Sebagian besar infeksi kulit disebabkan oleh kuman. Senyawa katekin dan flavonoid di dalam teh hitam dapat membantu mencegah infeksi kulit. Jadi, jika Anda kerap mengalami infeksi kulit, cobalah konsumsi teh hitam secara rutin untuk mengatasinya.

Infeksi ini bisa disebabkan oleh alergi ketika melakukan kontak dengan alergen, bisa pula karena penyebab lainnya. Anda bisa meminum seduhan teh hitam secara teratur untuk membantu mengatasi infeksi tersebut.

Bisa pula memakai air seduhan teh hitam sebagai toner, dengan diaplikasikan ke permukaan kulit yang terinfeksi. Setelah ditunggu 10-15 menit bisa dibilas dengan air bersih.

Manfaat Teh Hitam untuk Kecantikan Kulit Area Mata

Kantung mata dapat menjadi masalah, bukan hanya bagi wanita namun juga pria. Mata sembab membuat Anda terlihat seperti kelelahan. Kantung mata juga dapat membuat area sekitar mata berkerut.

Cobalah gunakan ampas sisa seduhan teh hitam dan diamkan di bawah mata Anda selama 20 menit setiap harinya. Anda akan melihat hasilnya dalam beberapa minggu saja.

Jika khawatir ampas teh hitam ini masuk ke mata maka Anda bisa membungkusnya dulu dengan kain kasa atau kain biasa. Pastikan bersih dan setelah itu bisa diletakan di atas mata selama 20 menit dan selanjutnya dibilas dengan air bersih.

Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan dan polifenol dalam teh hitam membantu melindungi kulit Anda dari penuaan dini dan pembentukan kerutan. Sebuah studi menemukan bahwa teh hitam lebih efektif sebagai bahan anti-kerut dibanding jenis teh lainnya.

Bisa jadi karena kandungan alami di dalamnya lebih khas dan tidak ditemukan di teh lain. Atau bisa pula karena kandungan unik tersebut dimiliki teh lain namun dalam kadar lebih rendah.

Supaya awet muda silahkan rutin meminum teh hitam ataupun memakai air dan ampasnya untuk perawatan luar di permukaan kulit.

Melindungi dari Radiasi Sinar UV

Radiasi sinar UV adalah salah satu penyebab pigmentasi kulit, kanker kulit, dan masalah kulit lainnya. Penelitian menemukan bahwa teh hitam dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV berlebih.

Sehingga rutin meminum teh hitam dapat menangkal bahaya yang disebabkan oleh sinar UV tersebut. Tak hanya membantu menangkal serangan radikal bebas penyebab penuaan. Juga efektif mengatasi kulit lain yang disebabkan sinar UV tersebut.

Mengurangi Flek Hitam

Sejumlah ilmuwan menemukan bahwa teh hitam mengandung zat alami yang memiliki efek mencerahkan warna kulit. Selain itu, antioksidan di dalamnya membantu menghilangkan toksin penyebab flek hitam.

Efek ini bisa didapat dengan cara konsumsi teh atau aplikasi teh ke permukaan kulit. Sangat tepat membantu Anda yang selama ini kesulitan mengatasi flek hitam yang umumnya muncul d area kulit wajah.

Sebagai toner

Teh mengandung khasiat seperti astringent, sehingga cocok dijadikan sebagai toner alami. Oleskan air seduhan teh hitam pada wajah dan leher Anda.

Biarkan sejenak, dan kemudian lap dengan handuk bersih atau mencuci muka. Jika dilakukan secara rutin maka akan membantu mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaat Teh Hitam untuk Kecantikan Rambut

Kandungan antioksidan dan kafein yang kaya di dalam teh hitam ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dalam perawatan rambut:

Manfaat Teh Hitam untuk Kecantikan Rambut Rontok

Khasiat ini berkaitan dengan kandungan antioksidan yang berfungsi memerangkap radikal bebas dan mengurangi stress. Faktanya, dua hal ini adalah penyebab rambut rontok pada wanita.

Sehingga jika minum teh hitam secara rutin otomatis bisa mengatasi dua faktor penyebab kerontokan rambut tersebut. selain diminum bisa pula dijadikan masker rambut, yakni dengan mengusapkan seduhan teh hitam ke kulit kelapa.

Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas rambut dengan air bersih.

Merangsang Pertumbuhan Rambut

Sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa aplikasi teh ke kulit kepala secara rutin selama 2 minggu dapat mendorong pertumbuhan rambut.

Anda yang selama ini merasa rambut kurang tebal dan terancam kebotakan. Bisa mencoba teh hitam untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Rambut Indah Berkilau

Setelah keramas dengan shampoo, cobalah bilas rambut Anda dengan air seduhan teh hitam yang telah didinginkan. Lakukan selama beberapa minggu dan rambut Anda akan lebih lembut dan berkilau dibanding sebelumnya.

Dibanding harus melakukan perawatan ke salon yang dijamin mahal dan bisa jadi memakai produk mengandung bahan kimia. Langkah satu ini dijamin lebih aman karena alami.

Sebagai Pewarna Alami

Teh hitam dapat menjadi alternatif pewarna rambut alami yang bebas bahan kimia. Campurkan henna dengan teh hitam, dan oleskan ke kulit kepala dan rambut.

Biarkan selama 1-2 jam dan bilas menggunakan shampoo yang mengandung formula ringan. Anda akan melihat hasilnya.

Selain 10 manfaat teh hitam untuk kecantikan di atas, masih ada sederet khasiat lain dari konsumsi teh hitam atau aplikasi langsung pada permukaan kulit.

Jadi, tidak ada salahnya jika Anda selalu menyediakan stock teh hitam di rumah. Hasil akan lebih baik jika menggunakan teh hitam dari Daun Seduh karena kualitasnya dijamin premium.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: