manfaat teh hitam untuk pencernaan

Manfaat Teh Hitam untuk Pencernaan Saat Diserang Diare

Punya masalah dengan pencernaan, misalnya diare atau mungkin malah sembelit? Mungkin Anda bisa mencoba langsung manfaat teh hitam untuk pencernaan.

Teh hitam atau black tea masuk ke dalam jenis teh yang melalui proses fermentasi. Meski dengan fermentasi membuat jenis teh ini mengandung kafein lebih tinggi dibanding teh hijau atau bahkan teh oolong.

Namun, siapa sangka dengan proses fermentasi inipula teh hitam memberikan manfaat tertentu yang tidak bisa diberikan oleh teh yang tidak mengalami fermentasi. Apa saja manfaat tersebut?

Salah satunya adalah untuk menjaga sekaligus menyehatkan saluran pencernaan. Selama ini teh hijau dikenal khasiatnya sebagai teh diet, sedangkan teh hitam bagus untuk pencernaan.

Manfaat Teh Hitam untuk Pencernaan yang Sehat

Masyarakat selama ini percaya bahwa teh hitam bagus untuk mengatasi masalah pencernaan sekaligus diare. Resep alami ini bahkan sudah diwariskan oleh nenek moyang secara turun temurun sejak zaman dulu hingga sekarang.

Meski herbal sempat tergerus oleh khasiat obat kimia karena bekerja lebih cepat.

Namun semakin kesini, pamor herbal kembali menanjak sejak meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya back to basic.

Artinya kembali ke alam dan yang alami menjadi langkah tepat untuk sehat dan punya umur panjang sekaligus hidup berkualitas.

Ada banyak orang yang mulai hijrah dalam mengatasi masalah kesehatan memakai produk alami, termasuk herbal.

Teh hitam meski tidak bisa dimasukan ke dalam jenis herbal, namun kandungan fitokimia dan tanin di dalamnya efektif melindungi kesehatan pencernaan.

Penyeduhan dan cara maupun waktu konsumsi yang tepat juga efektif memperbaiki kesehatan pencernaan. Sehingga bisa dijadikan salah satu alternatif saat diserang diare, perut kembung, sembelit, dan masalah pencernaan lainnya.

Tips Mendapatkan Manfaatnya

Seperti yang sudah disinggung di awal, bahkan teh hitam bukan jenis herbal namun beberapa kandungan alaminya bagus untuk menuntaskan masalah kesehatan.

Khususnya di saluran pencernaan, yakni selama diseduh dan diminum dengan tepat. Lantas, apa saja yang musti dilakukan dan diperhatikan agar konsumsi teh ini bisa dikatakan “tepat” tadi?

Simak penjelasan detailnya di bawah ini.

Diseduh Sampai Pekat untuk Atasi Diare

Pakar Teh Indonesia, Ratna Somantri membenarkan bahwa teh hitam bisa membantu mengatasi masalah diare. Hal ini karena sifat teh hitam yang anti-diare berkat kandungan tanin di dalamnya.

Bahkan disampaikan pula jika teh hitam bisa bekerja secara efektif mengatasi diare pada anak-anak. Selama diseduh dengan benar dan diminum sesuai takaran, yakni secangkir saja sehari.

Supaya bekerja secara efektif, teh hitam sebaiknya diseduh lebih pekat atau lebih kental dari biasanya. Sehingga kandungan tanin di dalamnya keluar lebih maksimal dan meredakan diare dengan lebih cepat.

Jika biasanya teh hitam hanya diseduh 2-3 menit saja, maka bisa diseduh lebih dari 5 menit untuk mendapatkan kekentalan yang lebih pekat.

Namun, jika diminum diluar kondisi diare sebaiknya tidak terlalu pekat. Sebab sifat anti-diare di dalam teh hitam malah bisa memicu sembelit ketika pencernaan dalam kondisi normal.

Direbus dengan Jahe untuk Perut Kembung

Teh hitam juga bisa membantu menenangkan saluran pencernaan, sehingga tak hanya bagus untuk meredakan diare. Akan tetapi bagus pula untuk mengatasi perut kembung.

Dilansir dari Kompasiana.com diketahui bahwa merebus air teh hitam dengan beberapa potongan jahe. Efektif meredakan perut kembung. Jika sering diserang kembung terutama di musim penghujan seperti sekarang.

Ada baiknya mencoba diatasi secara alami memakai rebusan teh hitam dan jahe, sehingga aman untuk kesehatan karena tidak mengandung bahan kimia sekaligus bekerja secara efektif.

Diminum Rutin untuk Lancarkan Pencernaan

Tanin di dalam teh hitam sangat bagus untuk kesehatan pencernaan, jika merasa mencegah lebih baik daripada mengobati. Alangkah baiknya membiasakan diri minum teh hitam minimal satu cangkir sehari.

Tidak perlu terlalu kental, cukup diseduh antara 2-3 menit saja kemudian diminum, baik di pagi, siang, maupun 2 jam sebelum tidur. Menjaga kesehatan pencernaan menjadi lebih mudah, aman, dan juga praktis bersama teh hitam.

Apalagi kualitas rasanya juga memanjakan lidah, khususnya jika memakai teh hitam premium.

Manfaat Teh Hitam untuk Pencernaan Sehat Selama Diet

Tak hanya teh hijau yang bagus untuk diet, pada dasarnya teh hitam juga cocok menemani diet alami Anda supaya sukses.

Teh hitam yang bagus untuk kesehatan pencernaan bisa membantu melancarkan siklus pencernaan itu sendiri.

Jika berhadapan dengan masalah perut buncit yang kerap diakibatkan penumpukan sampah dan lemak di area perut. Maka rutin minum teh hitam akan membantu membuang sampah-sampah tersebut, sehingga perut lebih rata dari sebelumnya.

Teh hitam sangat bagus untuk meningkatkan energi, sehingga dianjurkan diminum sebelum berolahraga. Supaya bisa lebih lama berolahraga berkat energi yang lebih maksimal.

Pada akhirnya lemak akan terbakar lebih banyak jika durasi olahraga meningkat. Silahkan mencobanya untuk membantu mengoptimalkan pembakaran lemak yang tertimbun dalam tubuh selama diet.

Teh yang bagus untuk kesehatan tak hanya sebatas pada teh hijau, teh putih, maupun teh lain yang tidak terfermentasi. Teh hitam yang melewati proses fermentasi pun punya khasiat tersendiri untuk kesehatan.

Khususnya di pencernaan, jadi mengapa tidak mencoba rutin mengkonsumsinya?

Menariknya lagi harga teh hitam ini lebih terjangkau jika dibandingkan dengan teh hijau maupun teh lainnya. Supaya manfaatnya terasa dianjurkan untuk mengutamakan teh hitam premium.

Dimana bisa mendapatkannya?

Pesan saja di Daun Seduh yang terbukti premium Grade I, tak hanya lebih enak namun kandungan nutrisinya pun maksimal. Tak hanya sekedar minum teh, namun memberikan yang terbaik untuk kesehatan tubuh.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: