manfaat teh hitam untuk plak gigi

Manfaat Teh Hitam untuk Plak Gigi, Cek Penjelasannya Disini!

Tak hanya bagus untuk kesehatan, rupanya terdapat manfaat teh hitam untuk plak gigi yang bisa membantu mendapatkan gigi yang sehat. Anda pasti sudah seringkali mendengar bahwa mengkonsumsi teh hitam bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Manfaat teh yang berhubungan dengan kesehatan cukup beragam mulai dari mencegah kanker, mengatasi efek buruk radikal bebas bagi kesehatan, mengatasi obesitas, hingga menjaga kesehatan jantung.

Selain itu tahukah Anda bahwa teh hitam juga dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut? Faktanya mengkonsumsi teh hitam juga berkontribusi positif bagi kesehatan gigi.

Sebagai referensi kesehatan Anda maka bisa mencoba sendiri manfaat jenis teh ini untuk kesehatan area mulut Anda.

Detail Manfaat Teh Hitam untuk Plak Gigi

Teh hitam atau yang dikenal juga dengan sebutan black tea ini memang paling banyak dikenal masyarakat Indonesia. Teh jenis ini paling banyak beredar di pasaran tanah air, meskipun dengan tingkat kualitas yang berbeda-beda.

Menariknya rutin minum seduhan teh hitam tak melulu memanjakan lidah saja dengan rasa sepatnya yang khas. Akan tetapi juga memberikan efek positif yang menguntungkan untuk kesehatan mulut dan gigi. Berikut detail informasinya:

Manfaat Teh Hitam untuk Plak Gigi Agar Tidak Terbentuk

Teh ternyata cukup efektif untuk menggantikan mouthwash yang mungkin Anda hindari karena meninggalkan rasa tidak enak di mulut.

Ini karena di dalam teh hitam terdapat senyawa yang dapat meminimalkan perkembangan bakteri pemicu masalah gusi, infeksi pada rongga mulut, serta gigi berlubang.

Para ilmuan menemukan orang-orang yang berkumur dengan teh hitam ternyata mengalami penumpukan plak yang jauh lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak melakukannya.

Senyawa dimaksud yang terkandung dalam hitam adalah polifenol yang selama ini lebih populer dikenal dapat menurunkan terjadinya serangan jantung, mencegah penyakit kanker, serta diabetes.

Jenis polifenol katekin EGCG (Epigallocatehchin Gallate) pada daun teh mempunyai khasiat sebagai antivirus, antibacterial, antiinflamasi, antidiabetik, serta antimutagenik. EGCG selain itu juga dapat mengantisipasi terbentuknya plak atau biofilm oleh bakteri.

Cara mendapatkan manfaat teh hitam untuk karang gigi adalah dengan mengkonsumsinya setiap pagi atau menggunakannya untuk berkumur.

Mengendalikan Pertumbuhan Bakteri

Minum teh hitam secara teratur akan membantu menurunkan keasaman dalam mulut. Kondisi tersebut terjadi karena terhambatnya pertumbuhan bakteri sehingga Anda terhindar dari gigi berlubang.

Sangat tepat diminum rutin setiap pagi ataupun di siang hari untuk pencegahan gigi berlubang. Jadi, jika merasa menyikat gigi secara teratur saja kurang cukup untuk menangkal masalah kesehatan gigi satu ini. Anda bisa imbangi dengan rutin mengkonsumsi seduhan teh hitam.

Menjaga Kesehatan Gusi

Penyakit gusi dapat memicu resesi atau turunnya gusi dari posisi semula sehingga gigi bisa goyang karena penopangnya melemah. Anda dapat menghindari hal ini dengan mengonsumsi teh hitam atau teh hijau karena kandungan senyawa anti radang EGCG.

Kandungan ini dapat mengatasinya dengan membantu penyembuhan serta regenerasi gusi secara alami, sehingga aman dan tanpa efek samping.

Mencegah Masalah Gigi yang Parah

Selain dapat mencegah gigi berlubang dan meminimalkan kadar keasaman pada lingkungan rongga mulut. EGCG juga dapat mencegah terjadinya masalah gigi yang parah hingga membuat gigi tanggal pada usia muda.

Manfaat Teh Hitam untuk Plak Gigi dan Halitosis

Mengalami napas bau atau bau mulut yang kurang sedap pasti akan menurunkan rasa percaya diri serta mengganggu kehidupan sosial Anda. Selain rajin menggosok gigi dengan cara yang tepat dan menggunakan obat kumur secara teratur.

Anda juga bisa mengkonsumsi teh hitam untuk mengatasi masalah halitosis ini. Perlu Anda ketahui bahwa gigi berlubang dapat menjadi sumber bau mulut dan konsumsi teh hitam dapat menghindarkan Anda dari masalah ini.

Gigi dan gusi sehat tentunya juga membuat aroma napas Anda menjadi lebih segar.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Selain mengkonsumsi teh hitam secara teratur untuk mendapat manfaat teh hitam untuk gigi, Anda juga harus menjaga kesehatan gigi dengan baik. Caranya cukup mudah, ikutilah panduan berikut:

  • Secara teratur gosok gigi paling sedikit 2 kali sehari, yaitu satu jam setelah sarapan dan menjelang tidur malam.
  • Gunakan obat kumur untuk menjangkau bagian yang tak dapat diraih oleh sikat gigi.
  • Sikat gigi wajib diganti setiap 2 bulan sekali atau ketika bulu sikatnya sudah mulai tidak beraturan.
  • Kunjungi dokter gigi setiap 5 atau 6 bulan sekali untuk memeriksa kesehatan gigi dan membersihkan plak gigi.

Karang gigi atau plak akan membentuk lapisan berwarna hitam kecoklatan dan keras di permukaan gigi Anda. Kehadirannya tak hanya menjadikan penampilan terlihat aneh dan terkesan jorok namun juga menyebabkan bau nafas tak sedap.

Selain itu bisa merusak kesehatan gigi dan gusi, sehingga rata-rata orang yang punya plak bermasalah dengan gigi yang rapuh dan mudah berlubang.

Cukup dengan rutin minum teh hitam sekaligus dengan rutin memperhatikan kebersihan gigi dan mulut. Maka Anda bisa menghindari proses terbentuknya plak tersebut, hasil menjadi maksimal jika memilih teh hitam berkualitas.

Anda bisa memesannya di Daun Seduh yang senantiasa menawarkan produk teh berkualitas tinggi.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: