manfaat teh hitam

Manfaat Teh Hitam yang Menguntungkan dan Wajib Diketahui

Teh hitam maupun teh hijau sebenarnya mengandung zat yang hampir sama. Namun, proses fermentasi pada pembuatan teh hitam membuat kandungan zat tertentu menjadi meningkat, seperti kafein dan polifenol. Jadi, manfaat teh hitam dipengaruh oleh beberapa zat aktif ini. Sekali lagi, hal ini juga dipengaruhi oleh jenis daun teh yang digunakan.

Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan

Teh hitam mengandung berbagai zat aktif yang bermanfaat untuk kesehatan. Selain enak dinikmati saat bersantai, ternyata khasiat teh hitam dapat membantu Anda menghindari sejumlah penyakit, seperti:

Bagus untuk Mencegah penyakit jantung

Kandungan flavon di dalam teh hitam ternyata berkhasiat untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Konsumsi 3 cangkir teh hitam setiap hari dapat membantu mengurangi resiko kerusakan arteri koroner.

Manfaat Teh Hitam untuk Menjaga kesehatan tulang

Manfaat satu ini diperoleh dari zat pengganti kalsium yang terdapat pada teh hitam.

Mengurangi resiko kanker ovarium

Zat theaflavin pada teh hitam diketahui dapat menghambat proses pertumbuhan sel-sel kanker pada ovarium, sehingga resiko kanker ovarium dapat dikurangi.

Mengurangi resiko penyakit Parkinson

Kandungan polifenol pada teh hitam membantu menjaga kesehatan syaraf pada otak, sehingga resiko penyakit parkinson dapat dikurangi.

Mengurangi resiko penyakit diabetes

Zat katekin dan theaflavin pada teh hitam diketahui dapat membantu meningkatkan kinerja hormon insulin, yang berfungsi mencerna glukosa yang masuk melalui makanan. Sehingga kadar gula dalam darah dapat berkurang.

Guna mendapatkan fungsi teh hitam di atas, sebaiknya konsumsi teh tanpa tambahan gula atau pemanis buatan.

Sebenarnya, masih ada beberapa manfaat black tea  lainnya untuk kesehatan. Seperti menurunkan kadar kolesterol, menurunkan resiko penyakit batu ginjal, meringankan gejala asma, serta mengurangi stress. Sehingga bisa dipertimbangkan untuk dinikmati. 

Manfaat Teh Hitam untuk Kecantikan 

Ternyata, teh hitam tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan namun juga untuk kecantikan Anda. Konsumsi teh hitam menjaga kecantikan  dari dalam.

Berikut adalah beberapa manfaat minum seduhan black tea agar kulit Anda tetap cantik dan awet muda.

Sebagai Anti-Aging

Teh hitam mengandung antioksidan yang berfungsi menjaga kecantikan Anda dari dalam.

Antioksidan bekerja menangkal kerusakan jaringan akibat radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini, seperti garis-garis halus pada wajah.

Radikal bebas sangat banyak di lingkungan tempat tinggal kita, mulai dari asap kendaraan, asap rokok, dan bahkan sinar UV.

Sebagai Anti-Bakteri

Kegunaan teh hitam lainnya adalah mencegah perjangkitan jerawat. Sifat anti-inflamasi pada teh hitam menjaga tubuh dari serangan bakteri dari dalam.

Manfaat Teh Hitam Sebagai Anti-Stress

Stress membuat sistem saraf menjadi tegang, sehingga akan muncul tanda-tanda penuaan dini pada wajah. Teh diketahui mengandung kafein yang bersifat relaksan sekaligus mengurangi hormon stress.

Menjaga Kesehatan Kulit

Teh hitam kaya akan mineral dan vitamin, khususnya vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Seperti diketahui, vitamin C membantu mencerahkan kulit dari dalam.

Membantu Program Diet

Teh hitam diyakini dapat membantu program diet Anda. Kandungan kafein pada teh memberikan efek kenyang lebih lama dan menekan rasa lapar.

Selain itu, teh membantu menyerap kalori berlebih yang masuk melalui makanan dan mengubahnya menjadi lemak. Kelak, lemak yang tersimpan dalam tubuh akan diubah menjadi energi saat Anda beraktivitas.

Itulah beberapa manfaat teh hitam untuk kesehatan maupun kecantikan Anda. Namun, agar manfaatnya lebih optimal sebaiknya diminum secara teratur.

Sekaligus diimbangi dengan penerapan gaya hidup sehat, seperti rutin berolahraga dan makan makanan sehat. 

 

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: