manfaat teh jahe

Manfaat Teh Jahe yang Cocok Dinikmati Siapa Saja

Teh yang diseduh dengan campuran jahe geprek tentu sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia, namun sudahkah mengetahui manfaat teh jahe ini?

Selama ini orang membuat teh jahe dengan maksud menghangatkan tubuh saat cuaca tengah dingin. Namun ternyata mengkonsumsi kombinasi ini bisa mendatangkan manfaat lebih banyak, jadi tidak ada salahnya untuk rutin meminumnya.

Berkenalan dengan Campuran Teh dan Jahe

Jahe atau Zingiber Officinale merupakan tanaman rempah-rempah yang banyak digunakan untuk kesehatan dan pemulihan medis. Rimpang pada jahe yang berbentuk menggembung dan mirip penampakan jemari manusia.

Kulitnya cenderung bersih ketika sudah dicuci dan aromanya jug atajam, bahkan dengan menciumnya saja seseorang bisa meredakan mual dan pusing.

Jenis jahe ternyata juga beragam ada jahe merah ada pula jenis lain, dengan ukuran dan warna berbeda-beda. Namun semua jenis jahe ini cocok diseduh bersama teh, baik teh hijau maupun jenis teh lainnya.

Masyarakat Indonesia sudah mengenal kombinasi ini sejak zaman kolonial, dan memang sudah digunakan sebagai obat alami.

Diminum selagi hangat bisa memberi efek menenangkan dan menghangatkan tubuh, dan ketika diminum rutin ternyata memberi lebih banyak manfaat.

Manfaat Teh Jahe Bagi Tubuh Manusia

Agar bisa lebih rutin meminum seduhan jahe dengan teh, maka kenali dulu manfaat yang diberikan untuk tubuh. Berikut adalah detail manfaat tersebut:

Mengatasi Masalah Pencernaan

Teh jahe sangat ampuh dalam mengatasi masalah pada sistem pencernaan. Disamping itu kinerja sistem pencernaan seperti usus dapat meningkat dan membaik.

Mengkonsumsi teh jahe secara teratur dapat membantu penyerapan sari makanan pada usus menjadi lebih mudah.

Teh ini dapat menjadi solusi bagi Anda yang sering bersendawa karena bisa mengurang intensitasnya. Jika Anda memiliki penyakit asam lambung dan maag sangat cocok mengkonsumsi teh jahe minimal 4 gelas dalam sehari.

Teh jahe mampu melepaskan asam lambung yang mengakibatkan rasa lapar berlebihan dan serangan maag.

Mengatasi Mual-Mual

Bagi Anda yang sedang mengalami masalah mual baik itu karena kurang enak badan atau hamil maka bisa konsumsi teh jahe. Tiga cangkir teh jahe setiap hari dan dengan teratur dapat meminimalisir serta mengatasi rasa mual.

Minum teh jahe saat berpergian jauh baik itu melalui jalur darat, air, dan udara karena akan mencegah mual dan muntah. Anda pun bisa menikmati perjalanan dan bahkan bisa beristirahat nyenyak di dalam kendaraan.

Manfaat Teh Jahe untuk Mengurangi Peradangan

Salah satu kelebihan jahe adalah adanya sifat anti inflamasi yang terkandung didalamnya. Kandungan ini mampu meredakan nyeri yang dirasakan.

Sama halnya dengan teh jahe merupakan obat alami mengatasi rheumatoid arthritis, nyeri otot, dan permasalahan sendi.

Rasa nyeri pada peradangan dapat reda setelah mengkonsumsi teh jahe. Permasalahan peradangan sendi dan otot dapat sembuh secara bertahap.

Anda hanya perlu mengkonsumsi teh jahe secara teratur minimal empat cangkir per hari. Teh jahe juga efektif mencegah pembengkakan karena nyeri sendi dan otot.

Mengatasi Gangguan Pernapasan

Gangguan pernapasan dapat dialami siapa saja tidak kenal usia berapa dan dengan aktifitas harian seperti apa. Gangguan pernapasan ini sangat mengganggu aktifitas, dan bahkan menghambat rutinitas.

Penyebabnya dapat terjadi karena infeksi, aktifitas berlebihan, maupun polusi udara. Mengkonsumsi teh jahe terbukti dapat meredakan gangguan pernapasan seperti yang disebabkan oleh beberapa hal tersebut.

Teh jahe juga efektif meredakan flu dan membersihkan tenggorokan secara alamiah, terutama jika Anda mengalami flu disertai batuh berdahak. Pernapasan pun akan lancar dan keluar masuk oksigen menjadi normal sehingga terasa lebih lega.

Teh dengan kandungan jahe dapat menyehatkan paru-paru dan membantu pemulihan paru-paru agar kembali normal. Tentunya jika diminum secara rutin, paling tidak secangkir sehari.

Manfaat Teh Jahe untuk Melancarkan Sirkulasi Darah

Teh jahe memiliki senyawa aktif yakni mineral dan asam amino. Kedua kandungan tersebut dapat bekerja optimal untuk meningkatkan dan melancarkan peredaran darah.

Sangat disarankan untuk minum teh jahe minimal empat kali sehari secara teratur. Khususnya bagi pemilik masalah tekanan darah tinggi, sebab peredaran darah yang lancar bisa menormalkan tekanan darah.

Sekaligus meminimalkan resiko stroke karena disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat teh jahe yang mengandung antioksidan dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan pun lebih terjaga. Anda dapat mengkonsumsi minimal tiga cangkir teh jahe setiap hari agar mendukung peningkatan kekebalan tubuh.

Sepadat dan seberat apapun aktifitas yang dilakukan tentu akan tetap bugar, asal rutin meminum kombinasi ini. Jangan terlupa pula untuk menjaga pola makan.

Meningkatkan Kesuburan Pria

Bagi Anda para pria yang memiliki masalah kesuburan, maka rutin minum teh jahe adalah obat alami yang bisa dipilih. Mengkonsumsi teh yang mengandung jahe minimal lima kali sehari mampu meningkatkan kualitas sel sperma.

Teh jahe sebaiknya diminum dalam keadaan hangat agar bermanfaat secara optimal.

Mengatasi Nyeri Haid

Teh jahe bermanfaat bagi wanita meredakan nyeri karena haid. Saat haid datang dan terasa sakit dapat meminum teh jahe agar mengendorkan jaringan otot daerah rahim.

Anda dapat meminumnya tiga kali sehari ketika haid. Sementara itu dapat juga diaplikasikan dengan mencelupkan handuk dalam teh jahe dan mengkompres perut bagian bawah dimana rahim berada.

Seduhan teh memiliki cita rasa pahit yang tipis dan sepat, aromanya juga sangat khas dan memberi efek menenangkan. Jika dipadukan dengan jahe yang punya rasa sedikit pedas dan hangat maka membuat cita rasanya lebih baik.

Sebagai tambahan, ternyata mencampurkan keduanya dapat memberi manfaat terbaik bagi kesehatan. Detail informasinya sudah disampaikan di atas dan Anda bisa mencoba meminumnya rutin untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Hasil akan lebih optimal jika memakai teh terbaik, silahkan mencari teh hijau berkualitas. Bisa pula memilih teh oolong maupun teh hitam, Pilih yang cita rasanya cocok dengan selera Anda supaya bisa rutin meminumnya. Selamat mencoba!

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: