manfaat teh matcha

Manfaat Teh Matcha yang Membuatnya Menarik untuk Dinikmati Rutin

Sudahkah mengenal manfaat teh matcha? Jenis teh perlu diketahui tidak hanya sebatas teh hijau dan teh hitam saja.

Ada pula matcha yang merupakan teh hijau bubuk dan di pasaran tersedia dua pilihan, yakni matcha pure dan matcha latte.

Keduanya sama-sama dari matcha namun khusus untuk matcha latte sudah ditambahkan susu sehingga ketika diseduh lebih kental dan rasanya manis.

Jenis matcha memang paling populer adalah matcha latte yang biasa disajikan di café-café maupun hotel. Sedangkan untuk matcha pure biasanya masih dimanfaatkan sebagai bahan tambahan pada makanan dan minuman.

Namun tetap enak diseduh langsung asal takaran dan suhu air yang digunakan pas, maka akan menikmati cita rasa sepat khas teh di dalamnya.

Mengenal Teh Matcha Lebih Dalam

Matcha merupakan jenis teh hijau yang diproses lebih lama untuk dijadikan bubuk, jika berbicara soal rasa maka akan mirip dengan seduhan teh hijau.

Sedangkan dari segi manfaat juga masih membawa manfaat khas dari teh hijau itu sendiri. Hanya saja cita rasanya lebih khas karena sudah dalam bentuk bubuk dan cocok ditambahkan ke adonan kue, campuran minuman, dan lain sebagainya.

Sebagai salah satu produk turunan dari teh hijau, matcha bisa dijadikan pilihan untuk diminum secara teratur.

Jika dirasa terlalu pahit saat menyeduh teh tanpa tambahan gula maka bisa ditambahkan pada saat membuat makanan maupun minuman, sehingga manfaat di dalamnya bisa tetap terserap oleh tubuh. Namun, sudahkah Anda mengetahui apa saja manfaat yang ditawarkan jenis teh ini?

Manfaat Teh Matcha Bagi Penikmatnya

Rutin meminum seduhan teh matcha ternyata tak hanya memanjakan lidah dengan cita rasa sepatnya yang khas. Ketika diseduh dengan benar, maka bisa merasakan beragam manfaat. Diantaranya adalah:

Manfaat Teh Matcha Sebagai Sumber Antioksidan

Antioksidan adalah salah satu zat yang mampu mencegah penuaan dini pada seseorang. Selain itu rutin mengkonsumsi teh hijau dipercaya mampu mencegah terjadinya penyakit kronis.

Berdasarkan penelitian dari Tufts University USA dengan menggunakan metode ORAC. Menyatakan bahwa kandungan antioksidan dalam teh hijau sangat tinggi dibandingkan blueberry dan juga pomegranetas atau delima.

Oleh sebab itu, hingga kini teh matcha juga digunakan sebagai bahan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Beberapa produk kecantikan juga sudah mengaplikasikan jenis teh ini ke dalam produknya untuk memberi hasil optimal.

Dapat Digunakan untuk Membunuh Sel Kanker

Selain Kandungan antioksidan dalam grean tea bubuk ini juga memiliki kandugan anti kanker yang sangat tinggi sehingga ia sangat baik untuk melemahkan perkembangan sel kanker.

Bahkan green tea ini dapat memperbaiki kulit yang terkena sinar UV dan dapat mengembalikan sel-sel DNA yang rusak akibat benda-benda asing yang masuk ke dalam tubuh.

Bahkan antioksidan dalam green tea ini dapat melawan radikal bebas yang menyerang tubuh. Jika punya riwayat kesehatan dengan kanker, tidak ada salahnya mulai rutin minum teh matcha dari sekarang sebagai pencegahan.

Meningkatkan Asam Amino

Selain mengandung antioksidan yang tinggi, teh matcha atau teh hijau bubuk ini juga mengandung asam amino yang sangat efektif untuk menghilangkan stress.

Oleh karena itu, teh jenis ini biasa digunakan untuk relaksasi supaya lebih tenang dan lebih mudah mengontrol stress.

Tak hanya itu, kandungan pada teh matcha ini sendiri sangat bermanfaat dan efektif untuk meningkatkan konsentrasi pada otak. Terutama bagi anak-anak dan remaja yang masih berada dalam masa pertumbuhan dan perkembangan.

Supaya bisa meningkatkan konsentrasi di kelas dan membuat prestasi akademik mengalami peningkatan. Namun usahakan diminum secara benar dan tidak berlebihan, yakni antara 1-3 cangkir saja sehari.

Dapat Memberikan Energi yang Cukup

Manfaat teh matcha lainnya yaitu untuk meningkatkan energi dan dapat membantu meningkatkan kafein. Hal ini tentu juga dapat membantu dalam menambah energi lebih, hampir sama halnya dengan mengkonsumsi karbohidrat.

Asupan energi ini didapatkan dari beberapa kandungan zat di dalam teh hijau bubuk, dan salah satunya adalah kafein. Meski mengandung kafein namun tidak setinggi kopi dan tidak membuat jantung berdebar.

Hanya saja hindari konsumsi teh hijau bubuk ini saat perut kosong supaya tidak mengalami maag maupun diare.

Membantu Membakar Kalori

Teh hijau juga biasa dikonsumsi sebagai menu dalam program diet secara alami. Hal ini dikarenakan pada dasarnya teh ini memang mengandung antioksidan.

Kandungan ini memberi sumbangsih dalam menormalkan metabolisme tubuh, sehingga pembakaran kalori menjadi maksimal. Jika sedang berdiet maka proses penurunan berat badan akan lebih maksimal.

Menariknya, matcha juga bisa memberi asupan energi sehingga meski tengah menjalani diet. Anda tetap berenergi dan tidak lemas.

Mampu Mendetoks Racun di Dalam Tubuh

Teh hijau juga dipercaya mampu mendetoks racun karena kandungan baik di dalamnya. Konsumsi rutin setiap pagi bisa membantu mengeluarkan tumpukan racun di dalam tubuh.

Sehingga tubuh lebih segar dan sebagai bonusnya penampilan pun terlihat lebih menarik. Sebab tumpukan racun yang menyebabkan masalah pada kesehatan terbuang dengan baik secara alami.

Manfaat Teh Matcha untuk Mengatasi Perut Buncit

Adapun manfaat teh matcha berikutnya yaitu untuk mengatasi masalah perut buncit. Sebagaimana yang kita tahu bahwa memiliki perut buncit sangatlah menyebalkan.

Ditambah lagi dengan meningkatnya resiko mengalami masalah kesehatan, karena perut buncit identik dengan proses pencernaan yang tidak lancar.

Mengatasinya bisa rutin minum teh matcha yang di dalamnya juga terkandung klorofil yang baik untuk pencernaan. Perut yang membuncit perlahan akan datar terlebih jika diimbangi dengan pengaturan pola makan yang sehat.

Meningkatkan Konsentrasi

Tak hanya mengandung klorofil, matcha juga mengandung L-Thenine yang mampu meningkatkan konsentrasi otak. Hal ini disebabkan oleh L-Thenine yang bisa memproduksi dopamin dan juga serotin.

Sehingga, matcha sangat cocok dikonsumsi untuk Anda yang sedang galau atau pun kurang fokus.

Beragamnya manfaat yang ditawarkan oleh teh matcha tentu membuatnya menjadi pilihan menarik untuk menyempurnakan gaya hidup sehat yang dijalankan.

Cukup secangkir sehari asalkan rutin maka manfaat di atas bisa didapatkan dengan mudah. Efek yang dialami setiap orang memang akan berbeda-beda, namun tetap akan terasa dampak positifnya.

Hasil maksimal bisa didapatkan jika Anda mengkonsumsi teh matcha dengan kualitas terbaik, salah satunya dari Daun Seduh. Daun Seduh menawarkan matcha dengan kualitas premium yang memberikan manfaat lebih kompleks. Pesan sekarang untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: