manfaat teh oolong

Manfaat Teh Oolong untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Manfaat teh oolong bisa dikatakan cukup banyak, tidak kalah dengan teh hijau maupun jenis teh lainnya. Teh oolong merupakan jenis minuman alami yang sering dijadikan teman santai.

Minuman ini, tidak kalah populer dengan kopi terutama di negara dengan budaya minum teh yang kental. Menariknya, rutin mengkonsumsi seduhan teh ini juga memberi dampak menguntungkan bagi kesehatan.

Berkenalan dengan Teh Oolong

Teh oolong adalah jenis teh tradisional China. Teh ini dibuat dari jenis daun tanaman sintesis camellia. Daun teh tersebut merupakan bahan yang sama untuk pembuatan teh hitam dan teh hijau.

Hal yang membedakan antara jenis teh ini dengan teh biasa terletak pada pengolahannya. Teh oolong dibuat dengan cara semi fermentasi.

Sehingga menjalani proses pertengahan antara teh hijau dengan teh hitam. Teksturnya akan menjadi kering dan menggulung namun tetap memiliki warna kehijauan meski tidak sekuat teh hijau.

Sementara itu, teh hitam dioksidasi secara penuh sehingga warnanya berubah menjadi hitam.

Di lain sisi, teh hijau adalah jenis teh yang tidak banyak teroksidasi. Namun, teh hitam justru aman dikonsumsi dengan gula pasir berkat sifatnya yang asam.

Jika ingin menikmati teh yang ramah dari segi rasa maupun aroma, yakni tidak terlalu pahit dan sehat namun juga kaya manfaat. Maka teh oolong bisa dijadikan pertimbangan, karena rasa sepatnya tidak sekuat teh hijau dan tidak seringan teh hitam.

Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari teh oolong ketika diminum rutin, khususnya bagi kesehatan. Penasaran apa saja manfaat-manfaatnya? Simak penjelasannya berikut ini:

Manfaat Teh Oolong untuk Diet Alami

Teh oolong adalah jenis teh yang dapat membakar lemak. Jika dikonsumsi secara rutin, minuman ini pun mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

Oolong memiliki kandungan polifenol yang dapat menangkal enzim pembentuk lemak. Apabila sedang diet tidak ada salahnya rutin mengkonsumsinya untuk hasil lebih optimal.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Minuman teh oolong bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kandungannya baik juga untuk kesehatan jantung. Hal tersebut dikarenakan, teh ini semi-teroksidasi, ia dapat menghasilkan molekul polifenol dengan ukuran ideal.

Dengan begitu, minuman tersebut dapat melarutkan lemak dalam tubuh.

Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan Rambut

Sudah sejak lama teh digunakan sebagai bahan untuk perawatan rambut. Tingkat kandungan antioksidan pada teh oolong juga bisa dipakai untuk kebutuhan tersebut.

Sebab antioksidan di dalamnya bisa membantu mencegah kerontokan rambut secara alami. Selain itu, mampu membuat rambut menjadi lebih berkilau dan tebal. Cara mengaplikasikannya mudah, Anda hanya perlu memakai air seduhan teh oolong untuk keramas.

Membantu Sistem Pencernaan

Teh oolong terkenal akan manfaatnya yang baik untuk masalah pencernaan. Namun, hal ini cocok hanya untuk Anda yang tidak sensitif terhadap kafein.

Di dalamnya, terdapat kandungan sedikit antiseptik yang dapat membantu membersihkan bakteri jahat dalam perut. Khasiat ini pula yang membuat teh oolong membantu diet, karena melancarkan pencernaan dan membersihkannya.

Membentuk Tulang Menjadi Kuat dan Mencegah Osteoporosis

Teh oolong dapat membantu mencegah osteoporosis karena teh ini memiliki kandungan kalsium dan magnesium. Memenuhi kebutuhan kalsium dan magnesium di dalam tubuh bisa membantu menjaga kepadatan tulang.

Tak hanya melindungi dari resiko osteoporosis namun juga mencegah tulang mudah retak ataupun patah sejak dini.

Mencegah Terjadinya Kerusakan Pada Gigi

Teh oolong dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan produksi asam yang menjadi penyebab kerusakan gigi. Menjaga gigi tetap sehat menjadi lebih mudah karena cukup rutin minum seduhan teh oolong saja.

Selain itu kalsium di dalam teh ini juga membantu menjaga kekuatan gigi, sehingga tidak mudah rusak dan mencegah ompong.

Membantu Menyehatkan Kulit

Oolong adalah teh yang dapat membantu meringankan beberapa jenis penyakit kulit, seperti alergi dan eksim. Daun teh ini dapat menekan reaksi alergi karena dapat memerangi radikal bebas.

Apabila bermasalah dengan kesehatan kulit bisa mencoba rutin meminumnya sembari menjalani pengobatan medis yang dibutuhkan.

Mampu Menstabilkan Gula Darah

Jika Anda terkena diabetes tipe 2, maka kadar glukosa akan meningkat. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penderita diabetes bisa memanfaatkan teh oolong sebagai solusi. Sebab, teh ini dapat menurunkan kadar glukosa yang tinggi.

Hal ini karena kadar antioksidan pada teh oolong berasal dari polifenol. Sehingga, membantu metabolisme gula dalam darah. Aman untuk meningkatkan kualitas hidup penderita diabetes supaya memperpanjang harapan hidup karena kadar gula stabil.

Hanya saja tetap harus diimbangi dengan pola makan yang benar sesuai anjuran dokter. Konsumsi teh oolong juga bisa menjadi pencegahan diabetes, khususnya bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga dengan diabetes.

Manfaat Teh Oolong Sebagai Anti Kanker

Teh oolong juga dikenal akan sifat anti kankernya. Minuman ini dapat menjaga sistem imunitas di dalam tubuh. Konsumsi rutin bisa menekan resiko terkena kanker, dan hasil semakin optimal ketika diimbangi gaya hidup yang sehat.

Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak

Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa teh oolong, dan teh jenis lainnya, dapat meningkatkan fungsi otak. Selain itu, kandungan kafein yang terdapat di dalamnya dapat memicu pelepasan dopamine dan norepinefrin. Dua zat tersebut dapat mengalahkan stres dan meningkatkan suasana hati.

Beragam manfaat yang ditawarkan teh oolong membuatnya layak untuk dijadikan pilihan menemani aktifitas. Rutin meminumnya membantu menjaga kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup. Tidak kalah dengan teh hijau maupun teh putih yang lebih dulu populer.

Tak hanya cocok untuk pelaku diet namun untuk siapa saja, jadi jangan ragu untuk rutin menikmatinya. Khususnya teh oolong kualitas premium dan bisa Anda dapatkan di Daun Seduh.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: