manfaat teh premium

Manfaat Teh Premium yang Ternyata Cukup Kompleks

Ada beberapa manfaat teh premium yang mungkin Anda belum tahu sebelumnya. Sehingga enggan untuk mencoba ataupun mengkonsumsinya secara teratur.

Tidak semua teh bisa dikatakan sebagai teh premium, karena memang ditujukan untuk teh dengan kualitas bagus. Jika produk teh memiliki kualitas yang baik maka kandungan di dalamnya akan lebih terjaga.

Manfaat yang diberikan juga akan lebih kompleks apabila rutin meminum seduhannya. Selain itu kualitas rasa, tampilan, sampai warna seduhan juga akan berbeda dibanding teh dengan grade di bawahnya.

Mengenal Manfaat Teh Premium Lebih Dalam

Teh premium rata-rata lebih mudah didapatkan dari produk luar negeri, namun ini hanya untuk sebagian besar saja. Artinya ada sebagian kecil produsen teh yang memang menawarkan kualitas premium.

Produk teh dikatakan memiliki kualitas yang baik jika memenuhi beberapa aspek berikut ini:

  • Murni terbuat dari daun teh, tanpa campuran batang maupun bahan dan herbal jenis lainnya.
  • Diolah dengan standart tinggi, supaya kualitas dan kandungan baik di dalamnya terjaga.
  • Memiliki aroma yang segar.
  • Tampilannya masih terlihat seperti daun teh, tidak hancur apalagi sampai berbentuk bubuk (khusus untuk teh tabur).
  • Teh hijau dan teh oolong akan memiliki warna hijau kecoklatan, yang menandakan proses pembuatannya tidak panjang dan tidak merusak kualitas teh itu sendiri.

Tidak semua teh dengan kualitas premium akan berwarna hijau, karena bergantung pula dari jenis teh itu sendiri. Teh hitam misalnya cenderung terlihat berwarna gelap dan pekat karena jenis teh ini mengalami fermentasi.

Sedangkan untuk teh putih yang kerap disapa silver needle memiliki warna perak, atau putih keabu-abuan. Warna ini didapat dari bulu halus di teh putih yang terjaga dan menjadi sumber antioksidan alami dalam kadar tinggi.

Beragam Manfaat Teh Premium Bagi Tubuh

Setiap jenis teh memiki beragam manfaat dan keunggulan yang berbeda-beda dilihat dari proses pembuatannya. Akan tetapi setiap teh memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh Anda selama diseduh dengan benar.

Manfaat akan lebih kompleks jika kualitas teh tersebut memang premium, adapun manfaatnya antara lain:

Manfaat Teh Premium untuk Mencegah Kanker Kulit

Polifenol yang terkandung dalam teh akan menghambat pertumbuhan proteinvascular endothelial growth factor (VEGF). Sekaligus Hepatocyte growth factor (HGF) yang lebih dikenal sebagai pertumbuhan sel tumor.

Teh akan membantu menghambat kanker kulit akibat karsinogen dan sinar ultraviolet.

Manfaat Teh Premium untuk Mencegah dan Mengatasi Stress

Stres dan depresi sering dialami oleh siapa saja yang memiliki tekanan pekerjaan yang tinggi. Penelitian yang dilakukan oleh American Botanical Council telah menemukan bahwa orang yang sering minum teh setiap hari.

Terbukti dapat mengurangi atau menurunkan resiko depresi dan stress karena mengandung asam amino dan L- Theanine.

Membantu Mencegah Arthritis

Teh bisa membantu mengurangi dan mencegah risiko rheumatoid arthritis atau familiar dikenal dengan rematik. Hal ini karena dapat melindungi tulang rawan dengan cara menghalangi produksi enzim kemokin.

Kemokin sendiri merupakan protein yang mengakibatkan peradangan dalam tubuh sehinga dapat mengurangi fleksibilitas tulang rawan untuk bergerak.

Mengatasi Gangguan Pencernaan Secara Alami

Dari jaman dahulu, teh dapat menjadi pereda gangguan pencernaan secara alami. Saat Anda merasa mual dan muntah, disarankan untuk mengkonsumsi secangkir teh dengan jahe.

Tujuannya adalah untuk menghilangkan rasa mual tersebut. Kombinasi ini juga bisa digunakan untuk meredakan diare serta rasa nyeri yang menyertainya.

Menghilangkan Bau Mulut

Peneliti dari Universitas Illinois di Chicago Amerika Serikat menjelaskan bahwa polifenol membantu menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Polifenol ini terkandung di dalam teh, sehingga rutin minum teh bisa mengatasi bau mulut. Sekaligus membantu mencegah terbentuknya plak di gigi.

Meningkatkan Metabolisme

Uji klinis yang dilakukan oleh Universitas Jenewa dan Universitas Birmingham menunjukan bahwa. Teh dapat meningkatkan tingkat metabolisme, sensitivitas insulin, kecepatan oksidasi lemak dan, toleransi glukosa.

Kandungan polifenol katekin pada teh bersifat thermogenesis atau menghangatkan tubuh. Pada saat metabolisme tubuh membaik maka sistem di seluruh tubuh bekerja dengan optimal.

Ditambah membantu memaksimalkan diet secara alami, karena metabolisme yang terjaga memperkecil kemungkinan lemak menumpuk di dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Gigi

Tahukah Anda, plak gigi mengandung dari 300 jenis bakteri yang menempel pada permukaan gigi dan mengakibatkan gigi berlubang?

Adanya plak menyebabkan utama penyakit gusi, kandungan polifenol dalam teh dapat membunuh dan menekan pertumbuhan bakteri penyebab plak.

Jika tidak ingin gigi dipenuhi plak atau karang gigi, cobalah dari sekarang rutin minum teh. Paling tidak secangkir sehari, dan hasil lebih baik tanpa tambahan gula pasir.

Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Menjalankan aktifitas sehari-hari yang pastinya dapat menguras energi membuat tubuh menjadi lebih mudah dehidrasi. Menghindari dehidrasi ternyata minum air putih saja tidak cukup membantu.

Anda perlu minum teh untuk membantu hidrasi tubuh yaitu jenis teh hitam. Namun jangan berlebihan karena teh sendiri bersifat diuretik yang membuat tubuh sering buang air kecil.

Bantu Melawan Radikal Bebas

Di dalam teh mempunyai kandungan ORAC (oxygen radical absorbance capacity) yang cukup tinggi. Kandungan ini bisa membantu melawan serangan radikal bebas dalam tubuh manusia.

Kerusakan sel yang ditimbulkan oleh radikal bebas dapat mengakibatkan kanker, penyakit jantung, dan degenerasi saraf. Mencegahnya bisa dengan rutin minum teh, terutama yang antioksidannya tinggi seperti teh putih.

Namun imbangi pula dengan penerapan gaya hidup sehat mulai dari soal makan sampai olahraga rutin.

Manfaat yang Diberikan untuk Kecantikan

Salah satu manfaat teh yang banyak mencuri perhatian kaum Hawa tak hanya soal diet saja, akan tetapi juga untuk kecantikan. Rupanya kandungan alami daun teh bisa membantu merawat kesehatan rambut.

Sekaligus kesehatan kulit, bahkan bisa membantu mengatasi jerawat dan kantong mata yang mengganggu penampilan.

Mengetahui berbagai manfaat teh kualitas premium di atas tentu meningkatkan keinginan dan kesadaran untuk mengkonsumsinya. Tidak akan rugi memilih teh premium karena menjadi investasi jangka panjang untuk kesehatan.

Mendapatkannya semakin mudah dan terjamin karena bisa memesannya di Daun Seduh yang selalu menawarkan teh premium.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: