manfaat teh untuk jerawat

Manfaat Teh untuk Jerawat Agar Tak Lagi Hinggap

Beberapa orang, baik pria maupun wanita yang bermasalah dengan jerawat bisa mengandalkan manfaat teh untuk jerawat yang ternyata cukup efektif. Umumnya jerawat menyerang pemilik kulit yang cenderung sensitif dan juga jenis kulit berminyak.

Parahnya karena kondisi kulit yang sensitif maka jerawat yang sudah mengering kemudian meninggalkan bekas noda. Kulit wajah pun akhirnya memiliki banyak titik noda hitam yang tentu mengganggu dan berpotensi menurunkan rasa percaya diri.

Memetik Manfaat Teh untuk Jerawat

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif tidak perlu khawatir berlebihan, Anda bisa mengatasi bekas jerawat tersebut dengan cara alami, yakni memakai beberapa jenis teh.

Perawatan alami di rumah ini bisa membantu menghemat anggaran dalam perawatan kulit yang berjerawat. Bahkan cara ini cukup peraktis dan sederhana, berikut detail penjelasannya:

Menghilangkan Jerawat dengan Teh Hitam

Anda bisa menghilangkan jerawat dengan teh hitam dengan memanfaatkan ampas teh jenis ini. Hanya perlu menyeduh teh hitam dengan air panas, setelah itu saring dan ambil ampasnya.

Bersihkan wajah dengan air bersih atau menggunakan sabun muka. Keringkan wajah memakai handuk bersih, lalu aplikasikan ampas teh hitam secara perlahan di wajah. Berikan pijatan secara perlahan dan lembut untuk kemudian didiamkan selama 15 menit.

Bilas wajah dengan air bersih dan jerawat akan teratasi dengan perlahan jika rutin dilakukan seminggu sekali.

Umumnya usai rutin melakukan perawatan ini, maka dalam waktu tiga bulan hasilnya sudah mulai terlihat. Hanya saja untuk hasil akan sangat bergantung pada jenis kulit dan kondisi jerawat yang dialami.

Jika jumlah jerawat yang muncul lebih banyak otomatis perlu waktu lebih lama sedikit untuk bisa melihat hasilnya.

Menghilangkan Jerawat dengan Teh Hijau Dicampur Wortel

Saat ini manfaat teh untuk jerawat sudah mulai dikenal luas dan digunakan di berbagai salon maupun klinik kecantikan. Teh hijau menjadi jenis teh yang banyak digunakan selain teh hitam untuk tujuan tersebut.

Jika tidak ingin mengeluarkan budget berlebihan maka bisa mencoba melakukan perawatan sendiri di rumah.

Selain memakai teh hitam, mencampurkan teh hijau dengan wortel juga efektif mengatasi masalah jerawat. Cukup siapkan wortel sedikit, rebus sebentar lalu parut dan ambil satu sendok makan saja. Selanjutnya bisa dicampurkan dengan satu sendok makan ampas teh hijau, lalu diaduk sampai tercampur rata.

Aplikasikan campuran ini di permukaan kulit yang berjerawat atau ke seluruh area kulit wajah. Diamkan selama sekitar 15 atau 20 menit, baru kemudian dibilas memakai air bersih suhu ruangan.

Apabila perawatan ini rutin dilakukan maka bisa membantu mengatasi masalah jerawat yang meradang dan membersihkan bekas jerawat yang membandel.

Manfaat Teh untuk Jerawat Memakai Teh Hijau dan Madu

Memiliki jerawat yang meradang? Selain terasa perih dan membuat kulit kemerahan juga membuat penampilan kurang menarik. Agar aktifitas tidak terganggu bisa mencoba mengatasinya dengan campuran teh hijau dan madu.

Madu selama ini digunakan untuk mengatasi jerawat karena punya sifat anti radang dan anti bakteri. Begitupun dengan teh hijau, sehingga ketika dikombinasikan maka lebih ampuh dalam mengatasi jerawat. Bahkan jerawat batu yang membandel sekalipun.

Cara menggunakan campuran ini untuk mengusir jerawat juga sangat mudah. Cukup ambil satu sendok makan ampas teh hijau, hasil akan lebih baik jika memakai ampas yang sudah diseduh.

Campurkan dengan satu sendok makan madu dan aduk sampai rata. Aplikasikan ke permukaan kulit wajah yang berjerawat dan diamkan selama 15 menit, bilas dengan air bersih.

Gunakan madu murni yang tidak ditambahkan air ataupun gula agar hasilnya maksimal. Ketika menyediakan bahan-bahan yang dibutuhkan memang awalnya terasa mahal.

Namun jika dikalkulasikan kemudian dibandingkan dengan biaya jika melakukan perawatan di luar rumah, maka akan menjumpai nominal angka yang terpaut jauh.

Selain itu perlu rutin untuk dilakukan, sebab teh jenis apapun sejatinya adalah bahan alami. Meski ampuh namun memerlukan waktu lebih lama untuk menunjukan hasil kerjanya.

Jadi, meski sudah beberapa minggu digunakan dan hasilnya belum terlihat jangan sampai putus asa dan menyerah. Tetap lakukan perawatan tersebut, paling tidak selama 3 sampai 4 bulan sampai terlihat hasilnya.

Jerawat yang selama ini sering mengganggu tentu perlu segera ditangani agar tidak mempengaruhi penampilan dan rasa percaya diri. Apabila khawatir efek samping memakai obat jerawat di pasaran, maka bisa memakai metode alami.

Salah satunya dengan memakai teh, baik teh hitam maupun teh hijau yang disampaikan di atas.

Silahkan mencobanya, dan memilih sesuai kebutuhan apakah hendak memakai teh hitam atau teh hijau. Bisa pula memilih mencampurkan teh hijaunya dengan wortel ataupun dengan madu, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan bahan di rumah. Selamat mencoba!

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: