membuat es teh buah

Membuat Es Teh Buah Istimewa di Rumah Sendiri

Bosan dengan minuman yang itu-itu saja? Membuat es teh buah mungkin bisa menjadi solusi, ditengah cuaca yang sedang panas menyengat seperti akhir-akhir ini.

Membayangkannya saja, sudah pasti membuat air liur menetes, bukan? Sensasi kesegaran es teh yang dipadu dengan potongan buah segar, layak dicoba di rumah.

Setiap rumah pasti memiliki persediaan teh, baik itu teh celup maupun daun teh kering. Jika pada umumnya, teh hanya disajikan dalam bentuk minuman hangat atau es teh saja.

Kini Anda juga dapat melakukan kreasi dengan teh tersebut layaknya resto ternama.

Resep Membuat Es Teh Buah Menyegarkan

Ketika berkunjung ke sebuah resto atau bersantap di luar rumah dimanapun tempatnya, maka sajian teh akan lebih variatif. Beberapa tempat menyajikan es teh yang dicampur dengan potongan buah sehingga sensasi rasanya lebih unik.

Beberapa lagi juga ditambahkan dengan bahan lain seperti susu, es krim, rempah, dan lain sebagainya.

Mengusir dahaga dengan seduhan teh yang variatif bersama potongan buah adalah ide yang brilian. Apalagi jika ditambahkan potongan es batu maupun didinginkan terlebih dahulu di kulkas.

Jika menikmatinya di luar rumah memang praktis tinggal minum, namun dijamin boros dan tidak ada jaminan olahan es teh tersebut bersih dan sehat.

Mengapa Anda tidak mencoba membuatnya sendiri di rumah? Padahal cukup mudah dan bahan-bahannya pun mudah didapatkan. Intip inspirasi resepnya di bawah ini:

Es Teh Leci

Memang, tak banyak buah leci segar dijual di pasaran. Namun, jangan khawatir Anda masih bisa menggunakan buah leci kalengan yang bisa Anda dapatkan di swalayan.

Meskipun leci kalengan memiliki rasa yang lebih manis, karena ada penambahan gula dalam proses pengawetannya tentu tidak mengapa. Anda hanya perlu mengurangi komposisi campuran gula dalam teh agar asupan gula lebih terkontrol.

Untuk membuatnya, siapkan 1 sendok makan teh hitam, buah leci, air panas, gula, dan es batu. Anda dapat menyeduh teh dengan 250 ml air panas.

Setelah itu, tambahkan gula sesuai selera. Hati-hati dalam penambahan gula, jika Anda menggunakan buah leci kalengan sebab buah kalengan umumnya lebih manis.

Jika sudah, masukkan potongan buah leci ke dalam teh, aduk hingga sarinya keluar baru tambahkan es batu.

Aroma teh dan buah leci akan sangat mendominasi, selain menggugah selera untuk menikmatinya. Perpaduan aroma dan rasa kedua bahan ini juga memberi efek relaksasi.

Membuat Es Teh Buah Berry

Berbeda dengan leci yang mungkin lebih sulit untuk ditemukan dalam kondisi segar, aneka berry seperti strawberry. Bisa didapatkan dengan mudah, baik dipasar tradisional maupun di swalayan dan supermarket besar.

Harganya pun tak terlalu mahal, dengan rasa yang kecut dan manis yang khas. Keunikan rasa ini membuat strawberry sering dipilih untuk kreasi minuman, termasuk menu es teh.

Jika biasanya Anda menikmati strawberry dalam bentuk jus, kini saatnya Anda mencoba membuatnya dengan seduhan teh. Untuk itu, Anda cukup membuat segelas teh seperti biasa.

Lalu, masukkan potongan buah buah strawberry sesuai selera. Setelah dirasa cukup, tambahkan es batu. Diamkan sebentar agar sari buah strawberry keluar dan bisa dinikmati, kesegarannya akan lebih terasa.

Es Teh Lemon

Siapa yang tak kenal lemon tea? Es teh dengan rasa buah lemon ini mudah ditemukan bahkan di penjaja tepi jalan sekalipun. Namun, apa salahnya membuat sendiri dirumah?

Anda cukup menyeduh teh seperti biasa, bisa menggunakan teh hijau maupun teh hitam. Setelah seduhan teh siap dan masih hangat tambahkan potongan buah lemon, setelah sebelumnya dicuci dengan air hangat.

Apabila ingin rasa lemon lebih kuat maka Anda bisa menambahkan perasan air lemon secukupnya. Aduk sampai rata baru kemudian ditambahkan potongan es batu.

Tanpa gula pun akan menikmati rasa es teh lemon yang menyegarkan, namun Anda juga bisa menambahkan gula jika dibutuhkan.

Agar seduhan teh dengan lemon tidak terasa pahit, pastikan mencuci buah lemon dengan air hangat. Baru kemudian diiris tipis dan dimasukan ke dalam seduhan teh yang masih hangat.

Jika dicuci dengan air dingin saja maka sensasi rasa pahit akan sangat terasa dari kulit lemon yang digunakan.

Apabila bosan dengan seduhan teh, maka Anda bisa menambahkan sedikit potongan buah ke dalamnya. Menikmati es teh jenis ini akan memberikan lebih banyak manfaat.

Tidak hanya dari teh yang diseduh yang dikenal punya manfaat tinggi. Namun juga dari potongan buah yang digunakan, sebab buah jenis apapun mengandung vitamin dan mineral.

Gunakan selalu teh dengan kualitas bagus untuk manfaat yang lebih beragam dan menguntungkan. Teh kualitas premium bisa didapatkan di Daun Seduh yang menyediakan variant teh secara lengkap dan berkualitas.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: