meningkatkan daya tahan tubuh

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dengan 5 Kebiasaan Sederhana Ini

Meningkatkan daya tahan tubuh ternyata tidak selalu sulit untuk dilakukan, karena nyatanya ada banyak kebiasaan sederhana bisa membantu melakukannya.

Kebiasaan tertentu ternyata secara alami akan meningkatkan kekebalan tubuh.

Bagi Anda yang selama ini sering diserang kekhawatiran dari pemberitaan virus corona yang semakin hari semakin parah. Bisa mencoba beberapa kebiasaan tersebut.

Kebiasaan Baik untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berikut merupakan sebagian kecil dari kebiasaan sederhana yang terbilang efektif untuk memperkuat daya tahan tubuh secara alami:

Berusaha Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup terbukti membantu mengontrol kadar kortisol di dalam tubuh, yakni salah satu jenis steroid.

Hormon ini diproduksi oleh kelenjar di atas ginjal, hal-hal yang memicu produksi hormon ini adalah suatu peristiwa seperti stress dan juga kurang tidur.

Kortisol sendiri pada dasarnya berperan sebagai antiradang yang akan mengurangi peradangan secara alami.

Hanya saja ketika jumlahnya di dalam tubuh terlalu berlebihan atau mungkin diproduksi terlalu sering. Secara alami kortisol malah akan menurunkan sistem imun atau daya tahan tubuh.

Peradangan kronis yang dipicu oleh gaya hidup tidak sehat, akan membuat kortisol diproduksi berlebihan dan terlalu sering.

Gaya hidup tidak sehat ini contohnya sangat banyak mulai dari kebiasaan menyantap junk food, kurang tidur, dan juga stress berkepanjangan.

Jika sistem imun di dalam tubuh sudah terganggu seperti ini maka tubuh akan rentan terserang virus dan sakit. Maka untuk dengan cukup tidur Anda sudah membantu menjaga daya tahan tubuh tetap baik.

Konsumsi Satu Sendok Susu Fermentasi

Perlu diketahui bahwa dengan menjaga kesehatan di saluran pencernaan maka akan lebih mudah untuk menjaga sistem imun tubuh.

Pasalnya ada sekitar 70-80% sistem imun terletak di sepanjang usus manusia. Usus memiliki sejumlah bakteri baik yang membantu mencerna makanan dan menyerap semua nutrisi dari makanan tersebut.

Namun karena satu dan lain hal kadar bakteri baik ini akan kalah dengan bakteri jahat, tandanya dimulai dengan gangguan pencernaan seperti diare atau mungkin sembelit.

Kondisi bakteri di dalam usus yang tidak seimbang secara alami akan menekan imun tubuh, sehingga membuat seseorang lebih mudah sakit.

Konsumsi susu fermentasi yang merupakan probiotik akan membantu menyuplai bakteri baik di dalam usus, sehingga kondisinya kembali seimbang.

Salah satu produk susu fermentasi adalah yogurt yang tentu mudah untuk ditemukan di Indonesia.

Tidak harus dikonsumsi dalam jumlah banyak, hanya satu sendok per hari sudah dirasa cukup untuk keseimbangan bakteri dalam usus.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Asupan Vitamin C

Vitamin C yang juga dikenal sebagai asam askorbat diketahui sejak lama sebagai salah satu jenis nutrisi yang bagus untuk sistem imun dalam tubuh.

Asupan vitamin jenis ini dalam jumlah atau kadar yang cukup akan merangsang kemampuan imunitas melawan sel-sel asing yang masuk ke tubuh.

Asupannya juga terbukti mampu meningkatkan produksi antibodi dalam tubuh yang berperan sebagai perisai dari serangan bakteri maupun virus penyebab penyakit.

Kebutuhan Vitamin C masing-masing orang memang berbeda. Namun secara umum pria dianjurkan mendapatkan asupan vitamin ini sekitar 90 mg, sedangkan pada wanita 75 mg.

Jika mendapati suplemen dengan kandungan VItamin C yang sangat tinggi seperti 250 mg atau bahkan 1 gr.

Maka konsumsinya lebih ideal dilakukan saat tubuh sakit atau sedang dalam masa pemulihan setelah sakit. Sumber Vitamin C selain suplemen juga bisa dari makanan alami, salah satunya buah jeruk.

Membiasakan Diri Makan Makanan Seimbang

Melakukan diet seimbang terbukti efektif memberikan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh untuk memperkuat daya tahan.

Sebuah penelitian juga menunjukan bahwa peningkatan asupan buah dan sayuran bisa menurunkan resiko terkena pneumonia. Pastikan untuk selalu menyantap menu seimbang dalam diet sehat Anda.

Mulailah menyusun menu dengan komposisi sumber protein sehat, serealia utuh atau karbohidrat kompleks, buah, sayuran, dan juga olahan susu yang dibuat rendah lemak.

Komposisi menu seperti ini akan membantu menyuplai kebutuhan vitamin, mineral, dan juga antioksidan yang diperlukan oleh sistem imun tubuh Anda.

Jika dirasa sulit untuk menyusun menu dengan komposisi seimbang tersebut maka bisa mengkonsumsi suplemen sebagai alternatif.

Hanya saja perlu lebih teliti, cek komposisi dan kandungan suplemen tersebut. Selain itu utamakan suplemen yang diproduksi oleh perusahaan yang sudah terpercaya agar dijamin aman tanpa efek samping.

Minum Teh

Kebiasaan sederhana menyeduh teh lalu meminumnya ternyata juga efektif dalam meningkatkan maupun memperkuat daya tahan tubuh.

Hal ini sejalan dengan sebuah penelitian di Harvard, yakni melibatkan banyak orang untuk rutin minum teh hitam sampai 5 cangkir dalam sehari.

Aktivitas minum teh hitam ini dilakukan selama 2 pekan atau 14 hari, dan hasilnya cukup positif.

Terbiasa minum teh hitam ternyata meningkatkan kadar interferon hingga 10 kali lipat dibanding minum plasebo atau obat kosong, dimana interferon ini merupakan penangkal serangan virus.

Efek peningkatan daya tahan tubuh pasca minum teh hitam didapatkan dari kandungan zat asam amino dalam daun teh. Yakni L-theanin yang juga ditemukan pada teh hijau, teh putih, maupun teh oolong.

Kandungan ini juga menjadi sumber antioksidan yang baik untuk melindungi kesehatan tubuh secara alami.

Supaya manfaat ini dirasakan maka penting untuk minum teh secara teratur dan diminum di waktu yang tepat sekaligus diseduh dengan benar.

Minum teh pun sebenarnya tidak boleh berlebihan, idealnya antara 1-4 cangkir saja sehari. Jadi, usahakan tidak terlalu sering diminum per harinya untuk merasakan manfaatnya bagi daya tahan tubuh.

Konsumsi teh dengan kualitas tinggi akan meningkatkan asupan asam amino sehingga dampak positifnya bagi daya tahan tubuh lebih optimal.

Anda bisa menemukannya di Daun Seduh yang selalu menyediakan teh premium.

Silahkan hubungi kontak customer servicenya untuk tanya-tanya stok, harga teh hitam, cara order, maupun info lain yang Anda butuhkan.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: