manfaat minum teh hitam setelah bangun tidur

Minum Teh Hitam Setelah Bangun Tidur, Berikut Manfaatnya

Manfaat minum teh hitam setelah bangun tidur justru lebih besar dibandingkan mengkonsumsi kopi. Sehingga menjadi alternatif yang lebih baik dibanding kopi yang tinggi kafein sekalipun bisa membuat Anda tetap terjaga.

Teh hitam juga menjadi jenis teh yang mengandung kafein meski dalam jumlah terbatas. Sehingga bisa memberi efek positif di pagi hari.

Pastikan minum teh hitam dilakukan saat perut sudah terisi sarapan, sehingga bukan langsung diminum usai bangun pagi. Namun sarapan dulu baru minum secangkir teh hitam.

Apabila hal ini dibiasakan maka akan ada banyak manfaat bisa dirasakan.

Manfaat Minum Teh Hitam Setelah Bangun Tidur

Terbiasa minum teh di pagi hari membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, dan Anda bisa memulai kebiasaan ini dengan teh hitam. Minum teh hitam bisa dilakukan antara 1-2 jam setelah sarapan, dan Anda bisa mendapatkan manfaat berikut ini:

Manfaat Minum Teh Hitam Setelah Bangun Tidur untuk Detoksifikasi

Teh hitam mengandung flavonoid dan polifenol yang mampu menghancurkan lemak jahat yang tertimbun dalam tubuh dalam proses metabolisme.

Lemak jahat tersebut kemudian digelontor keluar tubuh pada proses detoksifikasi. Selain itu teh hitam juga mampu meningkatkan jumlah bakteri yang ramah pada usus yang berguna untuk menyehatkan pencernaan.

Semua manfaat ini bisa dirasakan jika rutin minum secangkir teh hitam setiap pagi.

Menyehatkan Tulang

Teh yang mempunyai kandungan senyawa katekin, yaitu senyawa bioaktif EGCG, juga mampu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Sehingga tak kalah bagus dengan minum susu yang memberi asupan kalsium bagi tubuh. Konsumsi teh pada lansia akan membantu mengurangi resiko terjadinya osteoporosis yang dapat menyebabkan resiko tulang patah atau retak.

Jadi, biasakan dari sekarang minum secangkir teh hitam setiap pagi agar tulang tetap kuat.

Mengatasi Halitosis Atau Bau Mulut

Minumlah teh hitam tanpa gula bila Anda mengalami masalah bau mulut. Alasannya karena teh mempunyai kandungan polifenol yang dapat menghambat perkembangan bakteri penyebab bau mulut serta plak gigi.

Selain itu polifenol juga dapat menciptakan kondisi basa pada lingkungan mulut. Serta mengurangi resiko terserang radang gusi dan penyakit periodontal lainnya.

Mengurangi Stress

Bila Anda sering merasa depresi di pagi hari memikirkan tugas-tugas yang menumpuk di kantor. Berarti Anda harus mulai mengkonsumsi teh hitam karena dapat membuat perasaan lebih tenang dan santai.

Manfaat lainnya yang masih berkaitan dengan stress adalah dapat meminimalkan gangguan kecemasan atau anxiety. Di Jerman para ilmuan bahkan menggunakan ekstrak teh untuk membantu pasien-pasien yang mengalami kecemasan berlebih.

Para pasien mengaku menjadi lebih rileks, dapat beristirahat dengan baik, serta mampu mendapatkan tidur yang berkualitas.

Mengurangi Resiko Terkena Serangan Jantung dan Stroke

Konsumsi teh hitam faktanya mampu menyehatkan saluran arteri sehingga meminimalkan resiko terjadinya serangan jantung dan masalah pembuluh darah lainnya.

Hal ini terbukti dari riset yang pernah dilakukan di Boston University School of Medicine. Yaitu dengan memberikan teh hitam kepada 70 orang yang mengalami masalah penyumbatan saluran arteri koroner.

Setelah satu bulan, fungsi pembuluh darah para penderita dinyatakan mengalami perbaikan hingga mencapai 50%. Hal ini dapat terjadi karena peran flavonoid yang mempunyai kandungan antioksidan tinggi.

Serta berkhasiat untuk mengantisipasi terjadinya plak pada dinding arteri sehingga jantung lebih sehat. Resiko mengalami serangan jantung sampai stroke pun bisa ditekan.

Teh hitam meski menjadi jenis teh yang mengandung kafein karena melewati proses fermentasi. Ternyata tetap memberikan banyak manfaat bagi kesehatan selama diminum dengan benar.

Mulailah mengkonsumsinya secara rutin untuk bisa merasakan manfaat di atas, terutama diminum di waktu pagi.

Apabila ingin manfaatnya maksimal maka selain diminum rutin, dianjurkan pula untuk diminum tanpa tambahan gula. Menyeduhnya pun tidak terlalu lama agar tidak terlalu pekat sekaligus tidak terlalu kental.

Sehingga kadar kafeinnya tidak terlalu tinggi dan rasa sepatnya tidak terlalu kuat, sekaligus menekan resiko menyebabkan gangguan pencernaan seperti maag.

Menggunakan teh hitam premium juga menjadi solusi terbaik karena kandungan antioksidannya lebih tinggi. Anda bisa mendapatkannya di Daun Seduh.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: