minum teh

Minum Teh Sebaiknya di 5 Waktu Terbaik Ini Agar Lebih Bermanfaat

Minum teh memang menjadi rutinitas yang menyenangkan, selain dapat menghilangkan dahaga. Juga memberi efek relaksasi sehingga menenangkan pikiran dan membantu meredakan stress.

Namun, tahukah Anda jika ada waktu-waktu tertentu yang dianggap tepat untuk minum seduhan teh dibanding waktu lainnya? Kebiasaan minum seduhan teh, baik teh hijau, oolong, maupun jenis teh lainnya tidak hanya melihat keinginan.

Akan tetapi juga perlu memperhatikan waktu meminumnya, karena ketika diminum di saat yang tepat. Maka manfaat ataupun cita rasa dari teh tersebut akan lebih maksimal.

Hasil tentu akan lebih baik manakala menggunakan teh dengan kualitas premium, dan mencari yang kandungannya dibutuhkan. Sebab jenis teh beragam dan masing-masing dibuat dengan tahapan proses tertentu yang satu sama lain berbeda.

Sehingga menghasilkan teh yang tidak hanya namanya saja yang berbeda namun juga kandungan zat di dalamnya. Maka manfaatnya pun satu sama lain berlainan, sehingga perlu mencari yang sesuai kebutuhan tubuh.

Pilihan Waktu Terbaik untuk Minum Teh

Menikmati seduhan daun kering tanaman teh sebaiknya mulai memperhatikan pilihan waktunya. Jangan asal diseduh, karena jika salah moment yang terjadi malah kurang menguntungkan.

Agar tak lagi keliru memilih waktu terbaik menyeduh teh maka bisa memperhatikan penjelasan di bawah ini:

Pagi Hari

Saat akan memulai hari, ada baiknya menikmati secangkir teh hangat sebelum memulai aktivitas. Dikarenakan mengonsumsi teh di pagi hari dapat membantu menambah energi dan memacu adrenalin.

Bahkan mengonsumsi teh di awal hari di percaya mampu meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Ada beberapa jenis teh yang baik diminum di waktu pagi untuk memulai aktifitas. Pertama adalah black tea, berkat kandungan kafein di dalamnya teh jenis ini bisa membuat tubuh segar dan bugar sekaligus lebih bersemangat.

Opsional lainnya adalah white tea atau teh putih, sebab bisa membantu mendetoks tubuh. Teh hijau juga cocok dijadikan pilihan karena bisa mendetoks sekaligus memberi efek relaksasi agar lebih nyaman memulai hari.

Minum Teh Setelah Makan

Setelah makan, memang sangat nikmat jika menyesap secangkir teh hijau. Selain bermanfaat untuk melancarkan pencernaan setelah memakan makanan yang berat juga dapat meningkatkan mood, karena aroma dari teh yang menenangkan.

Meminum teh setelah makan juga membantu memperlambat penyerapan lemak, mengurangi resiko serangan jantung, stroke, dan membantu menurunkan berat badan.

Namun lebih dianjurkan minum teh selang satu atau dua jam dari jam makan besar. Sebab teh secara umum memiliki efek mengikat nutrisi, jika diminum bersamaan dengan saat makan.

Maka nutrisi dari makanan yang disantap tidak akan diserap oleh tubuh sehingga malah merugikan tubuh itu sendiri.

Berikan jeda, sebaiknya saat makan tidak minum dan setelah makan minum dulu air putih. Ketika sudah berselang satu jam baru minum teh dari jenis teh yang disukai, silahkan memilih sesuai selera dan kebutuhan.

Jika ingin mencegah penumpukan lemak maka bisa memilih teh hijau, oolong, maupun white tea.

Siang Hari

Mengkonsumsi teh di siang hari merupakan waktu yang baik, selain dapat membantu tubuh rileks setelah bekerja. Menyesap secangkir teh favorit sambil menikmati waktu istirahat juga tidak akan memberi efek samping bagi kesehatan tubuh.

Kandungan kafein dan tanin pada teh memiliki manfaat yang dapat membantu meningkatkan fokus, membantu menjaga daya ingat, kestabilan mental, kewaspadaan dalam berpikir. Oleh sebab itu, mengkonsumsi teh di siang hari sangat bermanfaat kembali melanjutkan aktivitas.

Terlebih jika memilih seduhan black tea atau teh hitam, sebab mengandung kafein yang lebih tinggi dibanding teh jenis lainnya. Meminumnya di waktu siang membantu mengembalikan fokus agar bisa maksimal dalam melanjutkan pekerjaan ataupun aktifitas.

Sore Hari atau Waktu Bersantai

Saat bersantai sepulang bekerja, menikmati waktu dengan menikmati secangkir teh hangat memang sangat nikmat. Selain membuat pikiran rileks, juga membuat penat pada tubuh menjadi hilang dan membuat otot-otot tubuh menjadi santai.

Malam Hari

Setelah seharian beraktivitas, tentu nikmat jika bisa bersantai sambil menikmati secangkir teh favorit sebelum beristirahat. Menyeduh teh hijau dan meminumnya sebelum tidur bisa memberi efek relaksasi, begitupun dengan teh putih.

Sehingga bisa membantu menjadikan tidur lebih nyenyak agar saat bagun di pagi hari bisa lebih bugar dan bersemangat.

Manfaat Lebih Minum Teh di Malam Hari

Tapi tahukah bahwa minum teh pada malam hari memiliki beragam manfaat? Berikut adalah manfaat tersebut:

Membantu Tubuh Menjadi Rileks.

Tentunya menikmati secangkir teh bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih santai. Terutama ketika mengkonsumsi teh dalam keadaan hangat, yang tentunya memberi rasa nyaman pada tubuh setelah lelah bekerja seharian.

Kandungan asam amino dan L-theanine pada teh juga selain membantu tubuh dan pikiran menjadi rileks. Nantinya juga dapat mengurangi kecemasan dan melawan gejala depresi yang bisa membantu tidur malam lebih nyenyak.

Membantu Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Setelah seharian beraktivitas tubuh tentu merasa lelah, dan kondisinya rentan bermasalah akibat kondisi lingkungan yang kurang menguntungkan. Seperti serangan radikal bebas sampai polusi yang sekarang seolah menjadi teman dalam keseharian.

Teh mengandung polifenol yang dapat mencegah serangan virus dan mengurangi resiko terserang penyakit flu. Kandungan ini juga efektif menangkal serangan radikal bebas, sehingga pada intinya rutin minum teh bisa memperkuat daya tahan tubuh.

Melancarkan Pencernaan

Meminum teh hijau di malam hari, tentunya sangat nikmat sebab rasa khasnya yang memanjakan lidah membuat tubuh yang lelah dapat lebih rileks.

Menariknya seduhan teh hijau juga memberi efek positif bagi pencernaan. Meminum teh hijau pada malam hari dapat membantu membersihkan usus dari kotoran sehingga pencernaan bisa lebih lancar dan menjadi lebih sehat. Maka bisa dibiasakan dari sekarang.

Rutin menikmati seduhan teh bisa dijadikan kebiasaan baik yang bisa dimulai dari sekarang. Sebab setiap jenis teh memberi dampak positif yang menguntungkan, hanya saja kenali waktu terbaik untuk meminumnya.

Silahkan menerapkan beberapa pilihan waktu yang direkomendasikan di atas.

Selain memperhatikan waktu penyeduhan, sebaiknya juga memperhatikan takaran dan porsi penyeduhan. Ikuti aturan menyeduh teh seperti yang dicantumkan dalam kemasan teh yang dibeli.

Dianjurkan pula untuk minum teh maksimal 4 cangkir sehari, jangan sampai berlebihan. Sebab sebaik-baiknya teh alami dan organik tetap perlu menghindari kemungkinan diminum berlebihan, tidak ada yang baik dari sesuatu yang berlebihan. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: