minum teh untuk lansia

Minum Teh untuk Lansia Ternyata Memberikan 6 Manfaat Ini

Rutin minum teh untuk lansia ternyata tidak hanya memberikan efek menenangkan saja, namun juga bermanfaat untuk kesehatan. Kondisi kesehatan ketika memasuki usia lanjut tentu tidak sebagus saat masih muda.

Menjaga kesehatan sangat penting untuk dilakukan sejak dini, demi masa tua yang minim resiko mengalami masalah kesehatan.

Terdapat sejumlah ancaman penyakit yang sering mendera orang di usia lanjut, mulai dari tekanan darah tinggi, kolesterol, dan juga jantung.

Meminimalkan resiko tersebut tentunya dengan menjalankan gaya hidup sehat. Anda pun bisa mencoba rutin minum teh yang ternyata memberi efek positif bagi kesehatan.

Berbagai Manfaat Minum Teh untuk Lansia

Apa saja manfaat minum teh bagi orang yang sudah berusia lanjut? Berikut adalah beberapa manfaat tersebut:

Menurunkan Kolesterol

Melalui jurnal kesehatan yakni American Journal of Clinical Nutrition terdapat anjuran untuk meminum teh antara 2-4 cangkir sehari. Tujuannya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Lansia yang terbiasa minum teh, baik itu teh hijau maupun teh jenis lainnya bisa mendapatkan manfaat tersebut.

Teh mengandung flavonoid yang menghambat penyerapan kolesterol di dalam usus besar, kandungan antioksidan ini sering disebut sebagai obat alami untuk kolesterol.

Tak hanya memperlambat penyerapan kolesterol, antioksidan ini juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk membuat kolesterol melalui feses.

Mencegah dan Mengatasi Stress

Kortisol diketahui sebagai salah satu hormon yang memicu stress pada tubuh seseorang, jika jumlahnya berlebih selain stress juga memicu depresi.

Berbagai masalah kesehatan akan semakin kompleks ketika tubuh mengalami stress. Mencegahnya, Anda bisa mencoba rutin minum teh yakni antara 1-4 cangkir sehari.

Kandungan alami di dalam teh, seperti antioksidan akan membantu menurunkan dampak dari hormon kortisol. Sehingga bisa meredam kondisi stress, sekaligus mencegahnya agar tidak terancam depresi.

Jenis teh yang bisa dikonsumsi bisa apa saja, Anda bisa memilih yang dirasa cita rasanya cocok di lidah.

Minum Teh untuk Lansia Mempertajam Indra Penglihatan

Para lansia juga sering terancam kondisi penurunan kualitas penglihatan, apalagi jika memiliki indikasi kadar gula dalam darah yang tinggi.

Mencegahnya ternyata bisa dengan rutin minum teh. Kandungan antioksidannya membantu menurunkan resiko kebutaan, sekaligus membantu mencegah katarak.

Katarak sendiri memang menjadi jenis penyakit pada mata yang rentan dialami oleh lansia. Dalam kondisi lebih parah katarak hanya bisa diatasi dengan operasi, yang tentu masa pemulihannya tidak sebentar.

Resiko gagal di meja operasi pun ada, oleh sebab itu lebih baik melakukan pencegahan dengan minum teh secara rutin.

Teh sebagai Anti Inflamasi

Radang sendi juga menjadi keluhan kesehatan yang sering disampaikan oleh lansia, hal ini memang normal.

Mengingat kekuatan persendian dan tulang di usia senja memang menurun seiring berjalannya waktu. Hanya saja Anda tetap bisa menghindarinya, yakni dengan rutin minum teh.

Pasalnya teh memiliki sifat anti inflamasi yang membantu mencegah terjadinya peradangan, baik pada sendi maupun yang lainnya.

Konsumsi rutin teh dengan kandungan antioksidan tinggi akan memberikan manfaat ini lebih maksimal. Sehingga bisa menurunkan resiko mengalami radang sendi, sindrom metabolik, dan bahkan stress.

Meningkatkan Daya Ingat

Teh mengandung asam amino alami yang bernama L-theanin yang memiliki manfaat baik bagi daya ingat. Asam amino alami ini merangsang kemampuan otak untuk bekerja lebih cepat dan memori menguat.

Sehingga bisa membantu menguatkan daya ingat dan tentunya mencegah resiko pikun yang sering dialami oleh lansia.

Membantu meningkatkan konsentrasi juga bisa dilakukan dengan rutin minum teh di masa tua Anda. Minum teh putih lebih dianjurkan karena rasa yang lebih lembut namun memiliki antioksidan yang lebih tinggi dibanding teh lainnya.

Hanya saja harga teh putih ini memang paling mahal, meskipun begitu tetap tepat untuk dipertimbangkan menemani hari tua Anda.

Minum Teh untuk Lansia Turunkan Resiko Stroke

Penyakit kardiovaskuler atau yang berhubungan dengan pembuluh darah dan jantung memang menjadi ancaman umum bagi lansia.

Kondisi penyempitan pembuluh darah sebagai akibat gaya hidup tak sehat semasa masih muda, meningkatkan resiko terkena stroke sampai serangan jantung.

Stroke iskemik menjadi ancaman besar bagi lansia, karena stroke jenis ini disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah. Meminimalkan resiko ini Anda bisa mencoba rutin minum teh hijau maupun teh hitam.

Apabila diminum rutin maka bisa menurunkan resiko masalah kesehatan tersebut hingga 21%. Sehingga minum teh bisa menjadi solusi untuk bisa hidup lebih sehat di usia senja.

Minum teh secara teratur, khususnya teh dengan kualitas premium yang kandungan antioksidannya lebih tinggi akan sangat bermanfaat bagi kesehatan lansia.

Silahkan mencoba meminumnya secara rutin untuk meningkatkan kualitas kesehatan di usia senja. Anda bisa memilih jenis teh apa saja, selama kualitasnya bagus maka kandungannya pun akan baik bagi tubuh.

Membantu memperoleh teh berkualitas, maka bisa memesan di Daun Seduh yang merupakan penyedia teh premium grade I di Indonesia.

Jenis teh yang tersedia beragam, Anda bisa memilih varian sesuai selera dan disesuaikan dengan manfaat yang diinginkan.

Hubungi kontak customer service yang tersedia untuk melakukan pemesanan online atau kunjungi marketplace Daun Seduh.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: