pantangan minum teh hitam

Pantangan Minum Teh Hitam agar Manfaatnya Terserap Tubuh

Tahukah Anda jika terdapat beberapa pantangan minum teh hitam? Pantangan ini ada untuk memastikan kandungan baik di dalam teh hitam bisa terserap tubuh.

Jika tujuan Anda mengkonsumsi jenis teh ini untuk mendapatkan manfaatnya. Maka kenali betul apa saja pantangan tersebut dan dijalankan, agar nutrisi dalam teh hitam bisa terserap.

Manfaatnya bagi kesehatan maupun kecantikan pun bisa dirasakan dengan lebih optimal.

Beberapa Pantangan Minum Teh Hitam yang Perlu Diketahui

Rutin mengkonsumsi teh hitam dapat membantu meredakan stress, menstabilkan kolesterol, dan juga menurunkan resiko kanker.

Supaya manfaat ini didapatkan ternyata terdapat beberapa pantangan yang perlu dipatuhi saat mengkonsumsinya. Apa saja pantangan tersebut? Berikut info lengkapnya:

Jangan Minum Saat Perut Kosong

Masyarakat Tiongkok yang telah mengkonsumsi teh sejak berabad-abad yang lalu mengatakan “minum teh tak boleh dilakukan saat hati sedang kosong”.

Maksudnya di sini adalah saat perut Anda kosong, seperti contohnya di pagi hari dan baru bangun tidur.

Alasannya adalah teh dapat merangsang peningkatan asam lambung sehingga perut terasa tidak nyaman.

Bila menjadi kebiasaan lama-kelamaan Anda bisa terserang penyakit maag, sehingga lebih aman jika dihindari.

Pantangan Minum Teh Hitam Saat Suhunya Masih Tinggi

Suhu yang direkomendasikan untuk mengkonsumsi teh adalah sekitar 56° Celcius dan tidak lebih. Mengkonsumsi teh panas tidak dianjurkan karena dapat memicu iritasi pada rongga mulut, kerongkongan, serta tenggorokan dan dapat merusak kesehatan gigi.

Selain itu suhu air yang masih tinggi bisa membakar lidah sehingga cenderung membuatnya mati rasa. Padahal seduhan teh hitam yang memang diseduh dengan tepat akan terasa nikmat, jadi sayang jika lidah malah kebas dan tidak merasakannya.

Hindari Teh Dingin

Es teh memang sangat menyegarkan dikonsumsi di siang hari saat matahari bersinar terik, tapi ternyata ini bukanlah kebiasaan yang baik. Terlalu sering minum teh dingin bisa mengakumulasi lendir yang membuat tenggorokan Anda kurang nyaman.

Menyeduh teh hitam dengan campuran potongan es batu sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering. Sehingga efek ini tidak dialami dan Anda bisa tetap nyaman beraktifitas.

Pantangan Minum Teh Hitam yang Terlalu Kental

Sebagaimana kopi semua jenis teh mempunyai kandungan kafein serta tanin yang bisa memicu kesulitan tidur hingga sakit kepala.

Untuk Anda yang sensitif terhadap kafein sebaiknya jangan mengkonsumsi teh yang terlalu pekat, jangan meminumnya menjelang tidur malam, atau jangan lebih dari 3 cangkir per hari.

Meskipun kandungan kafein di dalam teh hitam tidak setinggi pada kopi namun jika sampai diminum berlebihan. Sudah tentu efeknya tetap kurang bagus bagi kesehatan, salah satunya mengganggu pola tidur Anda.

Teh Tak Boleh Direbus Terlalu Lama

Untuk mendapatkan khasiat teh secara optimal, membuat teh dengan cara merebusnya tidak direkomendasikan. Alasannya karena kandungan minyak esensial serta polyphenyles dalam teh bisa teroksidasi dan berkurang manfaat kesehatannya.

Selain itu aroma teh juga akan berubah menjadi kurang sedap. Cara yang benar adalah, teh diseduh dengan air panas dalam teko atau gelas keramik. Didiamkan sesaat hingga menjadi hangat dan segera dikonsumsi.

Daun Teh Tak Boleh Digunakan Berkali-Kali

Pantangan yang ini mungkin juga sering Anda langgar tanpa disadari. Teh hitam dan teh jenis apa pun tak boleh diseduh berkali-kali.

Dari studi ilmiah yang pernah diadakan, ditemukan fakta bahwa seduhan daun teh yang pertama mampu mengekstraksi hingga 50% kandungan teh yang berguna bagi kesehatan.

Angka tersebut akan semakin merosot pada seduhan-seduhan berikutnya. Jadi sebaiknya teh hanya diseduh satu kali untuk mendapatkan kandungan gizinya secara maksimal.

Hindari Minum Teh Sesaat Sebelum dan Sesudah Makan

Alasannya adalah dapat membuat selera makan hilang karena teh dapat mengencerkan saliva sehingga lidah menjadi kurang peka akan citarasa makanan.

Konsumsi teh segera sesudah makan akan mengganggu proses penyerapan nutrisi, termasuk zat besi sehingga dapat memicu anemia.

Jadi kebiasaan Anda makan ditemani teh bisa dikatakan kurang tepat, maka perlu dihindari dari sekarang. Berikan jeda setidaknya setengah jam baru minum teh hitam favorit Anda.

Hindari Minum Teh Bersamaan dengan Obat

Bila Anda diharuskan mengonsumsi obat-obatan, sebaiknya hindari menelannya dengan teh hitam karena dipercaya dapat menghilangkan khasiat obat tersebut. Sebaiknya konsumsilah dengan air putih biasa.

Minum teh dengan benar tak hanya menjadi pilihan menghilangkan dahaga selain dengan air putih ataupun minuman jenis lainnya. Namun juga bisa memberikan manfaat yang sangat beragam, khususnya jika diseduh dan diminum dengan benar.

Hal serupa juga berlaku untuk teh hitam dimana ada beberapa pantangan dalam mengkonsumsinya agar manfaatnya tidak menguap.

Untuk hasil atau manfaat lebih optimal Anda bisa menimbang pemilihan teh hitam premium. Sekalipun harga teh hitam berkualitas akan lebih mahal, namun dijamin tak hanya enak namun juga tinggi nutrisi.

Anda bisa mendapatkan teh hitam premium dengan mudah, salah satunya dengan memesan di Daun Seduh.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: