pengawet minuman teh

Pengawet Minuman Teh, Amankah? Berikut Detail Penjelasannya

Teh menjadi minuman tradisional yang disukai siapa saja, namun benarkah ada pengawet minuman teh? Umumnya masyarakat mengkonsumsi produk teh yang bisa dibeli dengan mudah di pasaran.

Berhubung dibuat oleh pabrik, tentunya memiliki kemungkinan mengandung pengawet.

Anda mungkin salah satu dari penikmat minuman teh secara rutin ini. Namun jika anda mengkonsumsi teh kemasan, waspadailah resiko adanya bahan pengawet di dalamnya.

Jenis pengawet minuman memang dibutuhkan untuk membuat teh ini bisa bertahan lama. Akan tetapi, ada pengawet yang aman dan seharusnya digunakan alih-alih penggunaan bahan pengawet berbahaya.

Hal inilah yang perlu diketahui oleh Anda sebagai konsumen. Anda perlu mempelajari apa jenis pengawet yang terkandung dalam produk teh yang dikonsumsi.

Jika mengetahui macam-macam bahan pengawet yang aman. Maka bisa memilah mana teh kemasan yang aman atau sebaliknya. Jika Anda tidak tahu harus mencari informasi tersebut kemana, silahkan simak penjelasannya pada di bawah ini.

Jenis Pengawet Minuman Teh yang Aman

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada jenis pengawet minuman teh yang aman. Namun tidak semua pengawet yang ada di dalam minuman kemasan aman.

Itulah mengapa BPOM selalu memeriksa makanan dan minuman kemasan dan mengeluarkan tanda telah diperiksa BPOM. Jika memang dinyatakan aman untuk dikonsumsi atau melakukan tindakan sebaliknya.

Jika belum ada tanda dari BPOM, Anda bisa memperhatikan bahwa hanya ada 2 jenis pengawet minuman teh yang aman. Berikut ini pilihan pengawetnya:

  • Natrium Benzoat adalah bahan pengawet yang memiliki kandungan garam dan lemak tidak jenuh. Sudah kurang lebih 80 tahun digunakan sebagai pengawet yang aman dikonsumsi.
  • Kalium Sorbat adalah juga bahan pengawet yang menggunakan bahan garam dan sudah banyak digunakan dalam berbagai makanan dan minuman. Fungsinya sangat baik untuk memastikan minuman dan makanan tetap berkualitas.

Fungsi Pengawet Minuman Teh yang Perlu Diketahui

Setelah mengetahui apa jenis pengawet teh yang aman untuk dikonsumsi, kini Anda lebih nyaman memilih teh di pasaran. Mengapa perlu ada pengawet dalam minuman teh?

Ternyata tidak sembarangan bahan pengawet tersebut dimasukan, sebab ada tujuan tersendiri. Penambahan zat pengawet ini selama alami akan tetap aman dikonsumsi dan fungsinya sendiri antara lain:

Pengawet Minuman Teh Mencegah Tumbuhnya Jamur

Minuman yang dijual dalam kemasan harus bisa bertahan dalam jangka waktu lama. Jika tidak bisa bertahan lama, maka akan tumbuh jamur dalam minuman teh ini.

Oleh karena itu dibutuhkan zat pengawet. Pengawet teh ini akan mencegah tumbuhnya jamur dalam kemasan dan pada bubuk teh itu sendiri.

Jadi bisa dikonsumsi untuk jangka waktu yang cukup panjang dan tetap aman.

Menjaga Kualitas Minuman Teh

Selanjutnya, perlu diketahui bahwa dengan menambahkan pengawet dalam minuman akan menjaga kualutasnya. Jadi minuman teh tetap berkualitas dan tidak mengalami pembusukan.

Konsumsi teh dengan kandungan pengawet yang aman tetap baik bagi kesehatan dan bisa Anda konsumsi secara rutin.

Menghindari Oksidasi Kandungan Minuman

Fungsi yang terakhir yang bisa didapatkan dari kandungan pengawet teh adalah menghindari oksidasi kandungan minuman.

Oksidasi kandungan minuman menyebabkan kandungan yang ada dalam minuman teh menjadi lenyap dan tidak bisa dimanfaatkan oleh tubuh.

Jadi memang pengawet minuman sangat dibutuhkan. Supaya nutrisi di dalam teh tetap terjaga.

Meskipun sudah lumrah dilakukan penambahan pengawet dalam produk teh, namun tidak semua produk mengandung zat tersebut. khususnya untuk teh organik yang biasanya diawetkan secara tradisional.

Salah satunya dengan mengeringkan daun teh sampai benar-benar kering. Supaya tidak ada bakteri dan jamur yang tumbuh di dalam teh tersebut. produk seperti ini terlihat di teh premium seperti yang disediakan oleh Daun Seduh.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai adakah pengawet dalam teh dan apa jenisnya, serta bagaimana fungsinya. Kini Anda tidak perlu khawatir lagi soal konsumsi minuman teh kemasan.

Asalkan memeriksa kandungannya aman dan bahan pengawetnya pun ada bahan pengawet yang aman untuk dikonsumsi. Maka Anda bisa mengkonsumsi teh tersebut seperti biasa.

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: