es tea

Es Tea Spesial yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Siapa yang tak suka es tea alias es teh? Ya, minuman yang satu ini selalu dapat dinikmati di segala suasana. Terutama di tengah cuaca terik di siang hari karena efektif mengusir haus yang menyerang.

Sebagai salah satu menu minuman wajib, rasanya tak satu pun kedai makan rela melewatkannya. Baik kedai makan sekelas restoran, atau bahkan sekedar kedai lesehan kaki lima.

Tempat untuk Mendapatkan Es Tea Spesial

Angkringan atau lesehan kaki lima menjadi salah satu tempat yang mampu menyajikan minuman yang terbuat dari teh. Baik dingin maupun hangat, dengan rasa yang istimewa yakni sesuai dengan cita rasa banyak orang.

Hampir semua angkringan, mampu memberikan racikan teh yang nikmat. Yaitu, dengan rasa yang pekat, manis yang pas, tanpa meninggalkan rasa pahit yang berlebihan.

Bahkan, di Jawa Tengah dan Yogyakarta, jenis teh ‘ginasthel’ atau legi, panas, kenthel ( manis, panas, kental), selalu menjadi favorit. Tapi, bagaimana caranya agar dapat membuat es tea yang nikmat seperti itu? Apa rahasianya ya?

Sebab ketika menyeduh teh sendiri dan ditambahkan es batu biasanya memiliki cita rasa yang berbeda dengan yang disajikan warung atau angkringan.

Semua tempat makan tentu memiliki resepnya sendiri-sendiri dalam menyajikan es teh. Sehingga menjadi ciri khas sekaligus magnet bagi siapa saja untuk mampir, selain mencicipi menu utama yang dijajakan.

Tips Membuat Es Tea Spesial Sendiri

Meskipun sajian es teh di warung makan manapun terasa lebih sedap dan memanjakan lidah. Tentunya sempat terpikirkan betapa borosnya selalu membeli es teh manis maupun tawar di luar rumah.

Padahal bahan yang digunakan akrab tersedia di dapur sendiri, terlebih bisa menjamin es teh yang dibuat sendiri lebih sehat.

Jadi, tidak ada salahnya mencoba membuatnya sendiri di rumah dan agar rasanya tidak kalah dengan warung makan. Bisa menjajal tips di bawah ini:

Gunakan Air Hangat untuk Menyeduh Teh

Kesalahan fatal saat menyeduh teh, biasanya datang dari awal proses pembuatannya. Ya, untuk menghasilkan hasil seduhan yang sempurna, perlu menggunakan air hangat dengan suhu antara 90-70 derajat.

Jika tidak, maka daun teh tak akan mengeluarkan sari-sari terbaiknya. Bahkan jika suhunya terlalu panas malah membuat rasa seduhan lebih pahit dan warnanya lebih gelap.

Sebaliknya, jika suhu air terlalu dingin proses penyeduhan akan terlalu lama dan rasa tehnya terlalu ringan.

Untuk itu, pastikan Anda menggunakan air hangat untuk menyeduh teh. Setelah itu, tuang air hangatnya ke dalam gelas atau cangkir yang sudah diberi daun teh kering.

Cara menuang air panas juga tak sembarangan. Anda harus menuangkan air dengan cara memutar ke seluruh permukaan daun teh. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 3-5 menit.

Jika sudah, tuang air seduhan teh ke dalam gelas dengan saringan, untuk memisahkan daun teh dan sarinya.

Pilih Jenis Daun Teh Tabur (Teh Tubruk)

Membuat es teh memang terdengar sepele. Namun, untuk membuat seduhan yang memiliki rasa istimewa. Sebaiknya Anda memilih daun teh kering atau teh tubruk, dibandingkan dengan teh celup.

Daun teh kering memiliki rasa dan aroma yang lebih kuat. Sehingga, akan memberikan rasa yang lebih mantap, jika dibuat es teh.

Campurkan Beberapa Jenis Teh

Jenis teh yang paling banyak dipakai untuk membuat es berasal dari jenis teh hitam. Dengan melalui proses fermentasi yang panjang, tak heran jika teh jenis ini menghasilkan rasa yang lebih kuat.

Namun demikian, untuk membuat es teh yang enak, seperti di angkringan. Anda perlu mencampurkan beberapa jenis teh dari berbagai merk atau mungkin jenis, misal ditambahkan teh hijau atau mungkin oolong.

Setiap produk teh dari perusahaan yang berbeda, biasanya juga mendatang daun teh dari kawasan yang berbeda pula. Begitu pula dengan proses pengeringan sampai pengemasannya.

Tak heran, jika produk teh yang satu dengan yang lainnya memiliki perbedaan rasa. Untuk itu, mencampur dua atau tiga jenis daun teh kering dari berbagai merk, akan memberikan kombinasi rasa yang sempurna.

Perbandingan Gula dan Teh yang Pas

Komponen pendukung lain yang tak kalah pentingnya dalam membuat es teh yang enak adalah Gula. Ya, bukan sekedar pemanis, namun gula memiliki peran sebagai penyeimbang rasa.

Penambahan jumlah gula yang pas, maka akan menghasilkan rasa es yang segar dan sedap pula. Jika takaran gula kurang maka teh akan terasa pahit, kecuali bagi Anda yang menyukai teh tawar.

Sementara jika terlalu manis maka akan kurang sehat dan malah memicu masalah diabetes.

Jika menggunakan gula pasir maka bisa menambahkan satu sendok teh per 200 ml air atau setara dengan segelas kecil air. Aduk dulu sampai gula benar-benar larut baru kemudian menambahkan potongan es batu.

Sebenarnya hasil akan lebih sempurna jika menggunakan air gula, jadi musti membuat air gula dulu. Yakni merebus air dengan gula pasir dimana jumlah airnya lebih banyak dengan perbandingan 1:1.

Artinya setiap 1 liter air menggunakan 1 kilogram gula pasir, atau bisa disesuaikan dengan selera. Sebab beberapa orang lebih suka rasa super manis sehingga bisa menambah takaran gula, ada pula yang sebaliknya.

Saat ini, sudah banyak es teh yang disajikan dengan tambahan aneka aroma. Seperti mint, buah berry, hingga rosemary. Namun, yang menjadi primadona di hati penggemarnya tentu es teh original, yakni yang manis, segar, dan mantap.

Kalau Anda pribadi lebih suka yang mana? Jika sudah menentukan pilihan maka bisa menyeduhnya dengan tips di atas untuk menyajikan es teh yang spesial.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: