sehat dengan teh herbal

Sehat dengan Teh Herbal, Berikut Tips yang Wajib Diketahui

Varian teh sangat beragam dan salah satunya adalah teh herbal, pastikan sudah mengetahui tips sehat dengan teh herbal tersebut.

Selain berbagai jenis varian teh yang sudah akrab dengan keseharian kita seperti teh hitam, hijau, merah, atau putih, ada pula teh herbal yang faktanya telah digunakan sejak berabad-abad lampau sebagai pengobatan alami.

Walaupun dahulu orang mengandalkan teh herbal untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai penyakit, tapi saat ini tak terlalu banyak lagi orang memanfaatkannya karena tergeser dengan obat-obatan kimia modern.

Padahal Anda juga bisa sehat dengan teh herbal bila dikonsumsi secara teratur setiap harinya.

Tips Sehat dengan Teh Herbal

Disamping varian teh yang sering Anda nikmati inilah tips sehat yang bisa Anda coba dengan teh herbal satu ini:

Sehat dengan Teh Herbal Asal Rutin Diminum

Teh herbal bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tentunya jenis teh herbal tertentu yang memang punya manfaat satu ini. Berhubung murni dari bahan alami maka pastikan diminum secara rutin agar kandungan baik di dalamnya dapat bekerja efektif.

Semakin rutin diminum semakin baik karena asupan kandungan teh herbal akan tercerna baik oleh tubuh.

Sehat dengan Teh Herbal Alami

Seiring naiknya pamor teh hijau di berbagai negara, berbagai jenis teh juga secara perlahan mulai dikenal luas. Meski tidak secepat teh hijau, dan salah satunya adalah teh herbal yang dipercaya memberi manfaat kompleks bagi kesehatan.

Sayangnya ketika teh jenis ini mulai menarik minat banyak orang maka produknya mulai tersedia luas di pasaran. Beberapa memang merupakan teh herbal campuran yang tentu dari segi rasa lebih enak namun tidak dengan khasiatnya.

Jadi usahakan memilih yang benar-benar alami.

Imbangi dengan Menjaga Pola Makan

Supaya bisa lebih sehat, pastikan mengimbangi konsumsi teh herbal bersamaan dengan pola makan yang sehat juga. Pola makan yang sehat tidak melulu harus dengan lauk daging yang bisa jadi mahal, seperti daging sapi atau kambing.

Namun lebih ke pengaturan menu seimbang dan menunya diganti-ganti setiap harinya. Protein bisa didapatkan dari daging ayam, ikan, sampai telur dan tempe tahu untuk protein nabati.

Sebenarnya asalkan menunya berbeda-beda setiap harinya maka semakin baik, sebab bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Menikmati Olahraga Ringan Secara Rutin

Agar bisa hidup sehat belum lengkap rasanya jika belum bisa membiasakan olahraga rutin. Olahraga yang bisa dilakukan tak harus berat dan menyita waktu sampai satu jam lebih.

Lima menit per hari pun cukup dengan gerakan ringan, dan dianjurkan memilih olahraga tanpa alat jika minim waktu maupun ingin menghemat biaya. Seperti gerakan squat, plank, pilates, yoga, dan semacamnya.

Mengenal varian teh herbal untuk kesehatan

Teh herbal tidak selalu terbuat dari tanaman Camellia sinensis sebagaimana teh pada umumnya tapi bisa juga terbuat dari tanaman berkhasiat obat lainnya.

Inilah berbagai jenis teh herbal yang bisa menjadi alternatif untuk mengatasi gangguan kesehatan ringan agar tak terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan kimia.

Sehat dengan Teh Herbal Chamomile

Teh Chamomile terbuat dari mahkota bunga Chamomile yang dikeringkan dan diolah sedemikian rupa sehingga khasiatnya untuk kesehatan tidak terbuang.

Teh ini bermanfaat untuk meredakan stress karena mengandung senyawa antidepresan alami. Dibandingkan mengkonsumsi obat tidur saat insomnia mendera, secangkir teh Chamomile hangat bisa menjadi alternatif yang lebih sehat.

Selain itu Chamomile juga merupakan bahan anti radang yang kuat hingga Anda cukup menghirup uapnya untuk mendapatkan manfaat tersebut selain diminum.

Di zaman dahulu orang juga mengompres bagian tubuh yang sakit atau bengkak dengan sari bunga Chamomile. Sedangkan para wanita meminum teh Chamomile untuk meringankan kram perut saat menstruasi.

Peppermint

Bila Anda masuk angin yang ditandai dengan kepala pusing dan perut begah atau mual, secangkir teh Peppermint bisa menolong Anda.

Caranya cukup tuangkan 1 sendok daun peppermint kering pada cangkir keramik atau kaca dan tuangkan air panas lalu diamkan selama 10 menit. Setelah disaring ramuan siap dinikmati. Rasa segar dari mint akan membuat tubuh Anda terasa nyaman seketika.

Juniper

Teh juniper dibuat dari sejenis buah berry yang kaya manfaat terutama bagi wanita. Teh herbal untuk kesehatan ini dapat dikonsumsi menjelang menstruasi karena bermanfaat untuk mengeluarkan toksin serta kelebihan cairan.

Teh juniper juga merupakan antiseptic alami yang bisa mengatasi peradangan pada kantung kemih yang memicu infeksi saluran kencing yang sering dialami wanita. Beberapa orang juga percaya bahwa teh juniper mampu mengatasi penyakit flu, termasuk flu babi.

Teh Hijau

Teh hijau sudah sangat populer akan khasiat kesehatannya. Rajin mengkonsumsi teh ini akan membantu Anda terhindar dari efek buruk radikal bebas yang bisa memicu mutasi sel penyebab kanker.

Teh hijau juga membantu mereka yang ingin menurunkan berat badan dengan meningkatkan proses metabolisme.

Teh Jahe

Sejak dulu jahe telah digunakan sebagai obat untuk mengatasi flu, mabuk perjalanan, serta masuk angin. Pasalnya salah satu rimpang dengan beragam khasiat ini punya efek segar ditambah sedikit pedas saat dikonsumsi.

Teh jahe juga bisa menghilangkan rasa mual dan eneg serta meningkatkan energi pada tubuh.

Teh Lemon Mint

Bentuk tubuh yang terlalu kurus bagi banyak orang juga merupakan masalah yang membuat penampilan kurang sempurna. Membantu menambah berat tubuh secara alami, cobalah mengkonsumsi teh lemon mint yang berkhasiat untuk meningkatkan selera makan.

Selain itu Anda juga dapat memperoleh manfaat teh herbal ini untuk kesehatan. Yaitu antioksidan yang bisa memberi perlindungan bagi tubuh dari dampak negatif radikal bebas yang disebabkan paparan bahan kimia atau polusi.

Teh herbal bisa dijadikan pilihan untuk membantu hidup lebih sehat, namun pastikan mengikuti tips di atas. Hasil akan lebih baik jika memilih jenis teh herbal yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Apabila tertarik mengkonsumsi teh hijau maka bisa memesannya di Daun Seduh untuk mendapatkan kualitas premium.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: