teh antioksidan

Teh Antioksidan yang Paling Banyak Direkomendasikan

Bahasa latin daun teh antioksidan adalah Camellia Sinensis, pertama kali ditemukan saat dinasti Shang berkuasa di dataran Cina pada abad ke 3.

Penelitian pada abad tersebut menemukan bahwa salah satu zat di dalam daun teh adalahsenyawa yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan alami dan unik ini mempunyai kemampuan menurunkan resiko berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes, kanker, dan penyakit lainnya.

Jenis-Jenis Teh Antioksidan yang Bisa Dipilih

Teh dengan kandungan senyawa baik ini khasiatnya menjaga tubuh agar selalu dalam kondisi prima.

Bagi Anda yang memiliki diabetes, antioksidan yang terkandung di dalam teh dapat menurunkan resiko diabetes.

Pada organ jantung senyawa di dalam teh sangat berperan menjaga sel supaya tidak rusak akibat radikal bebas.

Peran senyawa yang baik dalam teh ini adalah mampu merangsang perbaikan sel jantung yang sudah rusak sehingga dapat menurunkan resiko serangan jantung dikemudian hari.

Semua jenis teh pada dasarnya memiliki antioksidan, tapi kadar yang dimiliki setiap teh berbeda-beda.

Dalam ulasan artikel kali ini kami akan membahas beberapa jenis teh yang memiliki kandungan  paling tinggi. Berikut adalah beberapa diantaranya:

Teh Antioksidan Jenis Teh Hitam

Bagi Anda yang ingin memulai hari dengan minuman sehat, maka bisa meminum secangkir teh hitam yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Teh Hitam kaya akan kandungan alami yang dapat menangkal penyakit dalam jangka panjang. Teh jenis ini mengandung antioksidan dan fitonutrien yang dapat membuang racun dalam tubuh.

Kandungan kafein yang terdapat di teh hitam lebih rendah dibandingkan kopi sehingga tetap aman dikonsumsi rutin asalkan tidak berlebihan.

Selain itu, teh hitam memiliki polifenol, kadar natrium, protein dan karbohidrat yang meski terbatas tetap menjadi asupan terbaik bagi tubuh.

Berkat kandungan antioksidan dan zat baik lainnya di dalam teh hitam maka teh ini menawarkan banyak manfaat.

Dimulai dari kemampuannya untuk menurunkan resiko kanker ovarium, mencegah terjadinya diabetes, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menstabilkan kadar kolesterol.

Teh hitam kabarnya juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, sekaligus melawan parkinson.

Tidak sulit mendapatkan teh hitam karena merupakan jenis teh yang paling banyak tersedia di pasaran tanah air. Merknya juga cukup beragam dan bisa dipilih sesuai dengan selera dan juga anggaran.

Namun hasil akan lebih optimal apabila memilih yang mutunya bagus, dan mutu terbaik tidak melulu memiliki bandrol harga yang tinggi.

Teh Hijau Atau Green Tea

Siapa yang tidak mengenal jenis teh hijau, sebab memiliki antioksidan alami seperti senyawa flavonoid yang disebut dengan katekin.

Kandungan katekin yang tinggi pada teh hijau berperan sebagai antioksidan alami.

Aktifitas polifenol maupun ketekin berfungsi mencegah radikal bebas sehingga dapat mengurangi kerusakan sel dalam tubuh.

Antioksidan di dalamnya memiliki komponen ketekin lebih besar jika dibandingkan dengan vitamin C ataupun beta karoten.

Teh hijau bisa dijadikan pilihan untuk menemani aktifitas agar tubuh tetap bugar dengan daya tahan yang baik.

Teh ini juga efektif meningkatkan energi sewaktu berolahraga sehingga bisa lebih maksimal dalam membakar kalori.

Tak hanya itu saja, antioksidan di teh jenis ini juga baik untuk mempercantik kulit. Menariknya lagi rutin minum teh hijau juga membantu menurunkan stress karena punya efek relaksasi.

Teh Putih Alias White Tea

Teh jenis teh putih memiliki kandungan senyawa baik paling tinggi dibandingkan dengan teh hijau dan teh hitam. Berdasarkan penelitian teh putih memiliki kadar antioksidan 11,1 % – 25,6 %.

Manfaat teh putih adalah menurunkan kadar lemak, kolesterol, kadar gula darah, menjaga fungsi jantung, dan juga memperlambat proses penuaan.

Satu hal yang membuat teh putih menjadi istimewa yaitu rasanya yang lebih segar, lembut dan aromanya lebih harum.

Hanya saja teh jenis ini memang paling mahal juga, hanya saja dijamin puas dengan rasa dan manfaatnya.

Ditambah ada beberapa merk yang sudah menyediakan teh putih di pasaran Indonesia.

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam teh menjadi alasan banyak orang untuk mencoba rutin meminumnya.

Meskipun ada banyak orang juga yang menikmati teh jenis apapun dengan alasan karena memang menyukai sensasi yang diberikan.

Namun bagi siapa saja yang menaruh perhatian lebih pada kesehatan. Bisa meminum teh jenis tertentu yang disebutkan di atas sesuai kebutuhan tubuh.

Sebab dengan antioksidan yang tinggi apabila diminum secara teratur tidak hanya enak di lidah, namun baik pula untuk kesehatan.

Hasilnya juga akan lebih maksimal jika memilih teh dengan kualitas premium, dan Anda bisa mendapatkannya di Daun Seduh.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: