teh daun

Teh Daun dari Berbagai Jenis Tanaman yang Kaya Manfaat

Jenis teh cukup beragam yang diambil dari berbagai jenis tanaman, salah satunya adalah teh daun. Yakni jenis teh yang murni menggunakan daun dari suatu tanaman untuk kemudian dikeringkan.

Teh jenis ini cukup populer dan banyak dijadikan pilihan, meskipun ada pula teh bunga maupun teh herbal. Teh herbal sendiri biasanya kombinasi dari daun, akar, bunga, dan bagian tanaman lain yang dikeringkan lalu diseduh.

Memahami Pengertian Teh Daun

Secara umum produk teh yang tersedia di pasaran terbuat dari daun tanaman, yang dipanen kemudian diolah. Teh juga diolah nyaris sama satu sama lain yakni dipanen daunnya lalu dikeringkan.

Beberapa jenis teh kemudian difermentasikan seperti teh hitam baru kemudian dikemas. Ada pula yang hanya dikeringkan saja kemudian diseduh atau dipasarkan bagi penggiat bisnis teh.

Teh yang berasal dari daun tanaman memiliki cita rasa yang khas, yakni sedikit sepat dan pahit. Namun dari aroma tentunya terbilang kuat dan bahkan menawarkan sensasi relaksasi.

Sangat cocok diminum harian untuk mengontrol stress sekaligus mendapatkan manfaat lain bagi kesehatan. Hasil lebih baik jika diminum rutin dan tanpa tambahan pemanis apapun, kecuali madu dan daun stevia.

Macam-Macam Teh Daun

Usai mengetahui apa itu teh yang terbuat dari tanaman secara murni tanpa tambahan batang, akar, maupun bunga. Maka bisa mulai mengenal jenis-jenisnya karena ada banyak tanaman yang daunnya bisa diolah menjadi teh.

Penasaran apa saja jenis tanaman tersebut? Simak uraian di bawah ini:

Camelia Sinensis

Jika membahas mengenai teh maka nama tanaman camelia sinensis dijamin akan dibahas secara detail. Sebab kebanyakan orang mengenal teh yang dipanen dari daun tanaman satu ini.

Tanaman ini berasal dari kawasan Asia Selatan dan Tenggara yang kemudian menyebar ke seluruh dunia.

Saat ini camelia sinensis sudah dibudidayakan di berbagai negara yang memiliki musim tropis dan subtropis. Indonesia pun menghasilkan teh dari tanaman satu ini dan dibudidayakan di berbagai perkebunan tanah air.

Tanaman teh ini juga dikenal menghasilkan aneka jenis teh.

Mulai dari yang paling populer adalah teh hijau, teh oolong, teh putih, genmaicha, dan juga teh hitam yang difermentasikan. Satu jenis tanaman ini bisa menghasilkan banyak teh karena diambil dari bagian daun yang berbeda.

Prosesnya pun berbeda sehingga menghasilkan teh dengan cita rasa yang berlainan demikian halnya dengan khasiat yang dimilikinya.

Rooibos

Rooibos merupakan jenis tanaman yang berasal dari Afrika dan sangat populer disana terutama di Afrika Selatan. Tanaman ini memiliki daun yang runcing dan agak tebal dan bagian inilah yang dikeringkan lalu diseduh menjadi teh.

Saat ini rooibos baru bisa dibeli online karena memang belum dibudidayakan di banyak negara.

Bagaimana dengan rasanya? Bagi pemula biasanya mendapati rasa seduhan kacang namun perlahan akan terasa lebih enak dan khas. Aromanya sendiri natural dan cenderung tipis.

Umumnya di Afrika teh jenis ini ditambahkan susu dan juga gula agar lebih manis.

Namun beberapa orang dari negara lain memilih menyeduhnya tanpa tambahan kedua bahan tersebut sehingga rasanya original. Jika masih awal mencicipi teh ini maka dianjurkan untuk merendam dulu kantong tehnya dengan air hangat.

Baru di seduhan kedua nanti diminum karena rasa rooibos cenderung lebih tajam di awal.

Teh Daun Kelor

Daun kelor saat ini mulai dijadikan sebagai teh sebagai alternatif jika bosan dibuat sayur. Selama ini daun kelor dimanfaatkan para ibu menyusui untuk dikonsumsi karena bisa membantu melancarkan produksi ASI.

Namun saat ini sudah ada produsen teh yang menggunakan daun kelor.

Tanaman kelor dikeringkan selama sekitar 2 minggu kemudian dikemas, dan diseduh dengan air hangat. Konsumsinya sangat baik dilakukan oleh ibu menyusui untuk membantu mencukupi kebutuhan ASI buah hatinya.

Daun Mangga

Tak hanya buahnya yang bisa disantap, rupanya daun dari pohon mangga juga bisa dikonsumsi. Daunnya bisa dikeringkan lalu diseduh sehingga termasuk jenis teh yang berasal dari daun tanaman.

Daunnya sendiri sebenarnya bisa langsung diseduh tanpa harus dikeringkan namun rasa langu khas daun segar akan sangat terasa.

Kandungan berbagai senyawa baik di dalam daun mangga menjadikan teh satu ini masuk kategori teh herbal. Sehingga menawarkan beberapa manfaat bagi kesehatan bahkan bisa dijadikan obat alami.

Tanaman mangga yang dibuat teh diketahui bisa membantu menurunkan dan menstabilkan kadar gula dalam darah sebab mengandung tanin.

Teh dari daun mangga ini juga bisa digunakan untuk merawat kesehatan penderita hipertensi, sebab efektif menurunkan tekanan darah secara alami asal diminum rutin.

Menyeduhnya juga bisa membantu meredakan masalah kesehatan ringan seperti flu maupun pilek.

Daun Jati China

Jati china dijamin sangat familiar di telinga Anda sebab dikenal sebagai salah satu teh diet alami. Bagian daunnya mengandung senyawa yang nyaris mirip dengan teh hijau sehingga bagus untuk diet.

Konsumsinya secara teratur bisa memperbaiki metabolisme tubuh, melancarkan proses detoks, dan juga kadar lemak.

Sehingga tidak hanya membantu menurunkan berat badan namun juga mengikis kadar lemak berlebih di dalam tubuh.

Hasilnya tubuh tak hanya lebih langsing namun juga segar dan ringan, namun konsumsinya perlu diatur. Jangan sampai berlebihan agar tidak terserang diare.

Minum teh merupakan kebiasaan baik dan bahkan menyehatkan selama diseduh dengan benar dan tidak diminum berlebihan. Apabila memiliki kebiasaan minum teh maka bisa diganti dengan teh premium yang tinggi antioksidan.

Anda bisa mendapatkannya di Daun Seduh yang menawarkan aneka variant teh dari tanaman camelia sinensis.

Cek langsung website dan katalog produknya untuk info detail harga teh hijau maupun teh jenis lainnya.

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: