teh eksklusif

Teh Eksklusif, Begini Cara Menikmatinya Agar Lebih Nikmat

Pernahkah mendengar istilah teh eksklusif? Teh bisa dikatakan eksklusif ketika memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh teh lainnya.

Umumnya teh ini diracik sendiri oleh penikmatnya yang terdiri dari campuran beberapa jenis teh. Maupun ditambahkan herbal baik dari kelopak bunga, akar tanaman, batang, dan lain sebagainya.

Siapa saja bisa membuat teh ini sendiri dan menikmati cita rasanya yang khas. Namun jika ingin pilihan lebih praktis bisa memesannya secara khusus.

Sehingga bisa mendapatkan teh yang unik dan khusus dibuat untuk dinikmati diri sendiri. Bentuk kombinasinya bisa disesuaikan dengan selera.

Misalnya saja Anda menyukai seduhan white tea, lalu ingin sensasi lebih hangat maka bisa dikombinasikan dengan potongan serai. Bisa pula ditambahkan jahe, dan tidak hanya teh putih kombinasi serupa juga bisa dilakukan pada teh hijau maupun teh hitam.

Tips Menikmati Teh Eksklusif

Bagaimana pun cara Anda meracik beberapa jenis daun teh maupun dikombinasikan dengan herbal. Pastikan menikmatinya dengan tepat agar cita rasa nikmatnya keluar dan aromanya juga menguar menyentuh indra penciuman.

Agar lebih nikmat pastikan menyeduhnya dengan tepat dan sesuaikan dengan selera. Simak beberapa tips berikut ini:

Teh Eksklusif dari Bahan yang Rasanya Saling Melengkapi

Teh yang diracik akan menghadirkan cita rasa yang memang pas dengan lidah peraciknya. Agar cita rasanya pas di lidah Anda bisa memilih beberapa jenis teh yang memang disukai.

Kelopak bunga kering umumnya memiliki rasa ringan dan harum, sangat cocok dikombinasikan dengan teh yang sepatnya kuat.

Beberapa rimpang dan batang tanaman juga memiliki cita rasa yang khas, beberapa punya rasa pedas. Dikombinasikan dengan teh yang sepat dan pahit akan terasa lebih pas.

Namun kembali lagi pada selera masing-masing, dan sebaiknya menghindari teh ataupun herbal yang rasanya tidak diterima lidah.

Gunakan Air Hangat Bukan Air Panas

Menyeduh teh yang rasanya ingin lebih nikmat dianjurkan untuk menggunakan air hangat bukannya air panas. Hindari dulu menyeduh teh dengan memakai air yang baru saja mendidih.

Sebab bisa merusak teh tersebut sekaligus menguatkan rasa pahitnya, meski aslinya teh ini punya rasa lebih ringan.

Kandungan antioksidan dari teh maupun herbal juga mudah mengalami kerusakan oleh suhu tinggi. Inilah alasan mengapa orang di Tiongkok maupun Jepang mendinginkan dulu air yang dipakai untuk menyeduh teh.

Yakni memastikan uap panas dari air tersebut sudah berkurang baru dipakai menyeduh.

Gunakan Teko Kaca Atau dari Tanah Liat

Hasil seduhan teh perlu diakui akan lebih maksimal jika menggunakan teko dari kaca maupun tanah liat. Jika memakai gelas pun usahakan memilih dari kedua bahan tersebut supaya cita rasanya lebih enak.

Pasalnya jika memakai teko ataupun gelas dari aluminium maka akan merubah cita rasa air seduhan. Nantinya akan mempengaruhi hasil seduhan teh, bisa jadi malah terasa kurang enak atau lebih pahit dari seharusnya.

Tambahkan Pemanis Sesuai Selera

Meskipun seduhan teh akan lebih bagus bagi kesehatan ketika dibiarkan tawar tanpa tambahan pemanis. Bukan berarti Anda tidak boleh sama sekali menambahkan pemanis ke dalamnya.

Supaya lebih nikmat tidak ada salahnya menambahkan pemanis sesuai kebutuhan, agar rasanya lebih memanjakan lidah.

Tidak semua teh kurang cocok ditambahkan gula pasir, teh hitam misalnya tetap menyehatkan meski ditambahkan gula jenis ini. Sedangkan untuk teh jenis lainnya Anda bisa mengandalkan pemanis alami seperti madu ataupun helaian daun tanaman stevia.

Sama-sama manis namun dengan pilihan lebih sehat dan rendah kalori, sehingga aman pula bagi pejuang diet.

Nikmati Selagi Masih Hangat Atau Didinginkan

Seduhan teh memang perlu diakui akan lebih nikmat jika diminum selagi masih hangat, bukannya panas atau sudah dingin. Terlalu panas akan membuat rasa teh menjadi susah dirasakan lidah karena sudah terbakar oleh panas tersebut.

Sebaliknya, jika menunggu sampai seduhan dingin biasanya akan lebih pekat sehingga lebih sepat dan lebih pahit.

Sebenarnya seduhan teh pun bisa diminum dingin, sehingga cocok untuk melepaskan dahaga di cuaca terik. Anda bisa menambahkan pemanis dan potongan es batu sesuai selera.

Bisa pula disimpan dulu di dalam kulkas selama beberapa jam sampai dingin, baru dinikmati. Kesegarannya akan lebih terasa.

Setelah mengetahui bagaimana menyeduh teh dengan benar maka racikan teh istimewa yang dibuat dijamin akan lebih enak.

Pastikan pula menggunakan teh dengan kualitas premium agar cita rasanya lebih maksimal. Anda bisa mendapatkannya di Daun Seduh.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: