teh herbal sehat

Teh Herbal Sehat yang Ternyata Jenisnya Beragam, Berikut Penjelasannya

Di Indonesia, cukup banyak tanaman yang sering dijadikan obat herbal tanpa campuran bahan kimia dan menjadi teh herbal sehat.

Pilihan mengkonsumsi obat herbal sangatlah tepat karena tidak akan ada efek samping berbahaya seperti obat kimia pada umumnya.

Beberapa tanaman pun ada yang diproduksi menjadi teh herbal dan berkualitas tinggi. Jenis teh herbal inilah yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Sebab bukan hanya bisa dinikmati saat pagi atau malam hari. Namun juga khasiatnnya bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Pilihan Teh Herbal Sehat dan Kaya Manfaat

Ingin mengkonsumsi teh herbal? Berikut adalah pilihan teh herbal sehat dan bekualitas tinggi:

Teh Herbal Sehat Bunga Sepatu /Hibiscus tea

Teh herbal pertama merupakan teh yang berasal dari Hibiscus atau bunga sepatu yang kaya akan kandungan antioksidan. Bunga ini bisa membantu menurunkan kolesterol buruk dan dapat meningkatkan kolesterol baik yang ada dalam tubuh.

Khususnya bagi para penderita diabetes, teh herbal sehat hibiscus ini bisa dikonsumsi setiap hari. Hibiscus juga mampu menjaga berat badan agar tidak terlalu berlebihan, bisa dimanfaatkan untuk mencegah obesitas.

Teh Peppermint/Peppermint Tea

Teh herbal selanjutnya adalah teh peppermint, salah satu jenis teh herbal yang sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat dan banyak dijual di pasaran.

Khasiatnya, bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu meningkatkan fungsi tubuh. Sayangnya teh peppermint ini tidak bisa dikonsumsi oleh Anda yang memiliki penyakit asam lambung.

Sebab bisa memicu terjadinya refluks lambung, yakni naiknya asam lambung sampai ke kerongkongan.

Teh Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang biasa dijadikan minuman penghangat atau menambah cita rasa pada masakan. Jahe juga bisa Anda racik dan dicampurkan ke dalam teh.

Khasiatnya, untuk mengatasi mual dan dapat mengurangi nyeri otot. Akan terasa nikmat bila dikonsumsi saat cuaca sedang dingin. Sebab efek positif jahe seperti yang sudah disebutkan sebelumnya adalah bisa menjadi minuman penghangat.

Teh Rooibos

Teh herbal sehat selanjutnya yang bisa dikonsumsi bernama rooibos. Teh herbal rooibos (diucapkan bos-roy) dibuat dari daun semak asli Afrika Selatan dan memiliki nama lain teh merah.

Dalam rooibis juga terdapat kandungan antioksidan dan juga senyawa anti inflamasi yang sangat baik untuk kesehatan.

Diantaranya bisa menjadi pelindung dan penguat tulang, bisa meningkatkan kesehatan pencernaan, serta mencegah obesitas.

Meskipun di Indonesia cukup jarang namun teh rooibos ini banyak dikonsumsi di luar negeri, karena lebih mudah ditemukan.

Teh Chamomile /Chamomile tea

Terakhir herbal sehat yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia dan dianggap sebagai teh herbal dengan rasa yang enak adalah chamomile tea. Anda bisa menambahkan dengan lemon ataupun madu.

Dalam pengobatan tradisional, teh chamomile dapat digunakan untuk membantu menenangkan tubuh dan membantu seseorang yang sulit tidur. Teh ini dibuat dari bunga chamomile kering yang nantinya diseduh dengan air panas.

Bagi penderita asam lambung apakah mengkonsumsi 5 teh di atas aman? Bila tidak mengandung kafein sama sekali bisa saja aman. Namun agar menghindari hal yang tidak diinginkan sebaiknya Anda konsultasikan dulu kepada dokter.

Atau Anda bisa mengkonsumsi teh herbal setelah perut Anda terisi makanan, alias tidak kosong sama sekali.

Teh Herbal Sehat Jenis Teh Hijau

Teh hijau alias green tea juga termasuk ke dalam jenis herbal yang menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan. Teh ini dikenal luas di seluruh dunia setelah populer di negara Tiongkok dan Jepang.

Teh hijau adalah jenis teh yang kandungan antioksidannya tinggi sehingga bagus untuk memperbaiki metabolisme tubuh.

Metabolisme yang baik tak hanya bagus untuk membantu menjaga berat badan namun juga mencegah penyakit hinggap. Seperti kolesterol, diabetes, jantung, dan lain sebagainya.

Maka tidak ada salahnya mulai rutin mengkonsumsinya dari sekarang.

Hindari juga terlalu banyak menambahkan gula pada teh, apalagi bila Anda memiliki penyakit diabetes. Sebaiknya agar bisa mendapatkan khasiat yang maksimal konsumsi teh herbal tanpa gula lebih dianjurkan.

Atau bisa juga mengganti gula dengan madu dan perasan lemon untuk menambahkan cita rasa berbeda.

Apabila tertarik mengkonsumsi teh hijau maka sebaiknya memilih yang berkualitas tinggi. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di Daun Seduh.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: