teh herbal untuk asam lambung

Teh Herbal untuk Asam Lambung sebagai Solusi Alami

Bagi Anda yang memiliki keluhan asam lambung tinggi, maka bisa mencari informasi mengenai teh herbal untuk asam lambung. Artinya teh herbal ini diketahui memiliki efek bagus untuk mengatasi produksi asam lambung berlebih.

Sehingga bisa menjadi alternatif alami untuk mengatasi maag maupun gangguan pencernaan lain, berkaitan dengan asam lambung.

Asam lambung sendiri secara alami diproduksi oleh lambung untuk membantu proses pencernaan makanan. Namun karena satu dan lain hal produksinya menjadi berlebih dan malah mengganggu proses pencernaan itu sendiri.

Efek yang paling banyak dirasakan adalah munculnya rasa mual sampai perih di bagian perut sebelah kiri.

Meski bisa reda dengan sendirinya ketika memperbaiki pola makan, namun jika terlalu sering menyerang. Bahkan sampai muntah dan tidak bisa beraktifitas maka perlu ditangani dengan segera.

Tak hanya diobati, berikutnya pun perlu pencegahan seperti teliti mengatur pola makan dan pemilihan makanan.

Mengenal Teh Herbal untuk Asam Lambung

Teh herbal merupakan jenis teh yang terbuat campuran bahan alami, seperti bunga, akar, biji, dan lainnya. Semua bahan tersebut akan dikeringkan dan diracik menjadi sebuah ramuan.

Meskipun disebut sebagai teh herbal namun kandungan teh yang ada dalam minuman tersebut hampir tidak ada atau bahkan 0% (untuk beberapa jenis teh saja).

Hanya saja ada beberapa teh herbal yang masih menambahkan teh hijau ataupun teh oolong.

Teh ini umumnya diseduh menggunakan air panas lalu didiamkan hingga tercium aroma wanginya. Sementara itu, untuk teh herbal dari bahan biji tumbuhan atau akar harus direbus lebih dulu sebelum disaring dan disiapkan.

Beberapa jenisnya ketika dikonsumsi rutin bisa merawat pencernaan agar produksi asam lambung tidak meroket.

Efek Positif Teh Herbal untuk Asam Lambung

Asam lambung adalah penyakit yang sangat sensitif terhadap asupan makanan atau minuman. Salah-salah, bukannya kenyang perut malah terasa nyeri bahkan merasa mual.

Konsumsi teh herbal bisa membantu mengatasi produksi asam lambung berlebih. Khasiatnya bukan hanya bisa memberikan efek relaksasi dan kenikmatan saat diminum. Namun lebih dari pada itu, berikut penjelasan detailnya:

Bisa Melancarkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan pada penderita asam lambung sering mengalami gangguan. Dengan mengkonsumsi teh herbal justru membantu melancarkan sistem pencernaan.

Sekaligus meredakan rasa mual yang timbul akibat refluks asam lambung.

Teh Herbal untuk Asam Lambung Tetap Normal

Selain itu teh herbal juga membantu meredakan asam yang naik ke bagian lambung hingga ke esophagus. Namun, Anda juga harus selektif dalam memilih teh herbalnya.

Cobalah untuk pilih teh bebas akan kafein, seperti teh chamomile dan juga licorice.

Teh licorice merupakan merupakan salah satu teh yang banyak dikonsumsi dan berasal dari akar manis yang dikeringkan.

Teh licorice bermanfaat untuk meningkatkan lapisan lendir di bagian esofagus sehingga tidak akan terjadi iritasi akibat naiknya asam lambung.

Ingin coba menikmati segelas teh herbal? Berikut adalah cara menyajikan teh herbal yang bisa diikuti:

  • Siapkan teh herbal yang ingin Anda minum.
  • Siapkan satu cangkir air panas kemudian masukan teh herbal yang ingin diseduh.
  • Jika tidak menggunakan kantung teh cobalah untuk menyaringnya terlebih dahulu.
  • Diamkan 5 hingga 10 menit.
  • Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mengkonsumsi teh herbal setiap malam hari menjelang tidur malam
  • Pastikan air yang Anda gunakan cukup panas dan tambahkan pemanis alami, seperti madu atau daun stevia agar lebih aman.

Tidak semua teh herbal aman untuk Anda yang memiliki asam lambung, sebaiknya hindari teh yang berasal dari daun peppermint. Sebab peppermint dapat memicu rasa mual bagi beberapa orang yang sistem pencernaannya cenderung sensitif.

Itulah informasi mengenai manfaat teh herbal untuk mengatasi masalah asam lambung yang tinggi. Meskipun dinilai baik, bila kondisi asam lambung Anda tergolong kronis, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar tertangani dengan tepat.

Tak hanya teh dari bunga, akar, dan batang tanaman saja yang bagus untuk mengatasi asam lambung. Teh dari tanaman teh khususnya teh hijau juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Namun teh hijau kurang bagus jika diminum saat perut kosong, maka minumlah satu atau dua jam setelah makan. Jika rutin dilakukan maka produksi asam lambung akan cenderung lebih stabil.

Efek lebih maksimal jika mengkonsumsi teh hijau yang berkualitas, silahkan memesannya di Daun Seduh yang selalu menawarkan teh premium.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: