teh herbal untuk diare

Teh Herbal untuk Diare sebagai Solusi Lebih Alami

Diare adalah salah satu kondisi yang tidak menyenangkan, Anda bisa mencoba manfaat teh herbal untuk diare guna mengatasinya. Memang diare sendiri bukanlah suatu penyakit yang serius.

Akan tetapi penderita bisa kekurangan banyak cairan serta berbagai nutrisi penting karenanya. Belum lagi rasa tidak nyaman pada perut serta lelah karena harus bolak balik ke toilet.

Apabila dibiarkan tanpa penanganan maka resiko fatal bisa terjadi.

Ragam Teh Herbal untuk Diare dan Manfaatnya

Maka dari itu, penderita diare ini harus segera diberi pertolongan pertama. Salah satunya ialah dengan memberikannya teh herbal. Beberapa teh herbal ada yang bisa meredakan diare sekaligus menjaga tubuh supaya tidak dehidrasi.

Diantara sekian banyak teh herbal yang ada, beberapa yang direkomendasikan untuk diare ialah sebagai berikut:

Teh Herbal untuk Diare Jenis Chamomile

Jenis teh herbal yang pertama adalah teh chamomile. Teh ini digadang-gadang sebagai salah satu obat diare alami yang cukup ampuh.

Aktualnya memang sudah ada penelitian yang mengungkapkan bahwa teh ini bisa meredakan peradangan serta memperbaiki kerusakan usus.

Teh chamomile bisa melakukan hal tersebut karena mempunyai sifat sebagai antiradang dan antidiare. Teh chamomile juga mempunyai sifat antispasmodic yang sangat berguna dalam menghilangkan rasa sakit pada perut.

Anda bisa menggunakan teh chamomile untuk meredakan diare dengan cara meminumnya tanpa tambahan apapun.

Tetapi, juga bisa menjadikan bunga chamomile sebagai bahan tambahan untuk dimasukkan dalam seduhan teh hijau maupun teh hitam tawar.

Teh Kayu Manis

Teh kayu manis ternyata juga menyimpan manfaat untuk mengatasi diare. Hal ini dikarenakan teh kayu manis tersebut mempunyai sifat obat serta sifat anti inflamasi.

Sehingga akan membantu menenangkan perut dengan cara mengontrol gerakan usus.

Kayu manis juga merupakan karminatif, yaitu bahan yang akan membantu meringankan produksi gas berlebihdalam usus.

Mengkonsumsinya secara rutin selama diare bisa membantu meredakan masalah kesehatan tersebut. kerap kali dianjurkan menyeduh kayu manis ini dengan tambahan teh hitam.

Namun sebelum mengkonsumsi teh herbal jenis ini, pastikan tidak memiliki alergi terhadap kayu manis. Sebab jika alergi dan dipaksa untuk diminum nantinya akan memperparah kondisi diarea yang dialami.

Teh Adas

Teh herbal yang efektif lainnya untuk meredakan diare ialah teh adas. Teh ini bisa diandalkan untuk mengatasi diare karena mempunyai sifat sebagai antioksidan.

Sifat inilah yang akan membantu melawan bakteri patogen dalam perut. Tak hanya itu, teh adas ini sekaligus bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Berkat adanya mineral di dalam biji adas, teh herbal satu ini akan membantu mengatur kadar elektrolit. Sekaligus juga mencegah ketidaknyamanan yang muncul akibat dehidrasi yang umum dirasakan selama diare.

Jika mudah menemukan adas maka bisa menyeduhnya lalu diminum rutin untuk meringankan kondisi diarea secara alami.

Teh Herbal untuk Diare Jenis Teh Peppermint

Teh peppermint adalah alternatif lain yang bisa Anda pertimbangkan untuk memberikan pertolongan pertama pada diare. Teh ini memang sudah dikenal sebagai penyembuh perut karena memang mempunyai efek menenangkan.

Tak janya itu, teh ini juga akan membantu menurunkan produksi asam. Produksi asam di dalam lambung biasanya meningkat ketika terjadi diare, meredakannya menjadi mudah dengan teh peppermint.

Teh Jahe

Tak hanya dedaunan tanaman herbal yang bisa dibuat sebagai teh untuk mengatasi masalah diare. Terdapat pula rimpang jahe yang memiliki efek serupa untuk meringankan diare secara alami.

Jahe diketahui mempunyai kemampuan melawan bakteri E. coli dan listeria. Selain itu, konon jahe juga mempunyai sifat antidiare dan akan bekerja dengan cara memblokir zat beracun dari bakteri penyebab diare.

Lebih lanjut lagi, teh jahe akan membantu tubuh agar terhidrasi kembali. Dalam pengkonsumsiannya, bisa menambahkan madu dan air perasan lemon secukupnya agar cita rasanya lebih baik.

Pastikan untuk tidak diminum berlebihan karena jahe ketika berlebihan malah memicu masalah lain di pencernaan. Sebaiknya diminum satu cangkir sehari selama diare, agar terhindar dari resiko dikonsumsi berlebihan.

Lewat penjelasan di atas maka bisa diketahui bahwa ada banyak jenis teh herbal yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi diare. Apabila diare menyerang maka bisa memilih satu diantara beberapa pilihan teh herbal di atas.

Mengatasi diare secara alami tentu pilihan terbaik, karena ama dan tentunya bekerja secara efektif.

Namun jika konsumsi teh herbal tidak memberi perubahan positif terhadap diare yang dialami. Maka Anda bisa segera memeriksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: