teh hijau bisa menurunkan berat badan

Teh Hijau Bisa Menurunkan Berat Badan, Berikut Ulasannya

Teh hijau bisa menurunkan berat badan sehingga banyak dipertimbangkan untuk diet bagi pria maupun wanita. Umumnya diet  untuk menurunkan berat badan dilakukan agar terhindar dari berbagai faktor resiko penyakit.

Sekaligus untuk menjadikan penampilan selalu terlihat menarik berkat berat badan ideal. Bagi wanita, memiliki tubuh yang langsing adalah salah satu impian yang sulit untuk dicapai.

Salah satunya karena masih sulitnya untuk menerapkan pola makan yang seimbang. Kebiasaan menyantap camilan dari  makanan manis, berminyak, dan berlemak memang sulit sekali untuk dihilangkan.

Bukan itu saja, jika ingin menurunkan berat badan dengan berolahraga terkadang tidak punya waktu karena terlalu sibuk dengan pekerjaan di kantor dan juga pekerjaan di rumah.

Oleh karena itu kebanyakan mengaku untuk menurunkan berat badan 2 kg saja dalam sebulan bisa jadi hal yang sangat mustahil untuk dicapai.

Tapi, kini Anda tidak perlu lagi khawatir karena dengan bantuan teh hijau proses menurunkan berat badan semakin mungkin untuk direalisasikan.

Turunkan Berat Badan dengan Teh Hijau

Dewasa ini penggunaan teh hijau dengan cara diminum rutin sudah banyak dilakukan oleh kaum Hawa demi mendapatkan berat badan ideal.

Ditunjang pula oleh semakin menjamurnya lapak yang menjual produk teh hijau yang diklaim efektif menurunkan berat badan.

Penjaja teh hijau ini jamak dijumpai di internet lewat layanan belanja online. Beberapa yang lainnya menjajakan produk teh hijau secara langsung atau offline.

Kondisi ini kemudian memunculkan sebuah pertanyaan. Apakah teh hijau bisa menurunkan berat badan dengan efektif?

Secara lebih detail teh hijau memang terbukti memiliki berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan. Sebut saja seperti kandungan antioksidan yang terbilang tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan antioksidan ini diperoleh dari proses pemetikan daun teh yang masih muda atau yang masih di pucuk tanaman teh.

Ditambah pula dari proses pengolahan dan pengeringan daun teh hijau tersebut. Kandungan antioksidan ini memang tidak akan dijumpai pada teh jenis lainnya. Berkat kandungan ini pula proses menurunkan berat badan menjadi lebih mudah.

Pasalnya antioksidan sangat efektif meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mengoptimalkan proses pencernaan.

Alhasil nutrisi dari makanan yang dikonsumsi terserap dengan sempurna sekaligus memberi sensasi kenyang lebih lama. Keinginan untuk makan lebih banyak pun akan menurun dengan sendirinya.

Bagi orang yang rutin mengkonsumsi teh hijau antara 3 hingga 4 cangkir per hari ternyata bisa menurunkan berat badan hingga 5%.

Bukan itu saja, dengan mengkonsumsi teh hijau ternyata bisa juga menjaga stabilitas gula dalam darah.

Sehingga teh hijau bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, mencegah resiko kanker, jantung, stroke, dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang baik untuk kesehatan.

Oleh karena itu, teh hijau bisa digunakan untuk diet. Akan tetapi Anda juga harus tetap rutin berolahraga dan menjaga pola makan agar berat badan tetap di angka ideal.

Cara Mengkonsumsi Teh yang Tepat

Jika Anda sudah tertarik untuk menurukan berat badan dengan mengkonsumi teh hijau. Maka yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah cara yang tepat untuk mengkonsumsinya.

Sebab jika salah pengolahan atau cara mengkonsumsinya tidak tepat maka hal ini bisa mempengaruhi efektifitasnya.

Besar kemungkinan harapan untuk segera mendapati berat badan turun sulit untuk diwujudkan. Sehingga tidak mengherankan jika beberapa orang mengaku masih sulit langsing meski sudah meminum teh hijau secara rutin.

Meminimalisir kemungkinan tersebut maka bisa memperhatikan uraian mengenai cara mengkonsumsi teh hijau dengan tepat. Berikut uraiannya:

1. Konsumsi Teh Secara Rutin Pagi Hari dan Sebelum Tidur

Mulailah dari sekarang menganggap teh hijau sebagai air minum yang biasa diminum setiap harinya.

Sebab semakin rutin dalam meminumnya maka semakin cepat berat badan untuk turun. Waktu yang dianjurkan untuk meminumnya adalah di pagi hari, agar membantu mengendalikan rasa lapar.

Khasiat ini dimiliki teh hijau karena kandungan EGCG di dalamnya, kandungan ini berkhasiat untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Jika kadar gula stabil maka kontrol terhadap rasa lapar menjadi lebih baik sehingga menurunkan nafsu makan berlebihan.

Malam hari juga menjadi waktu terbaik untuk meminum secangkir teh hijau. Sebab di waktu malam ketika tubuh beristirahat biasanya metabolisme di dalamnya justru berjalan lebih maksimal.

Maka dengan bantuan teh hijau proses pencernaan menjadi lebih baik. Ampas yang menumpuk di usus dan menjadi penyebab perut buncit akan bersih secara alami. Perut menjadi ramping dan berat badan menjadi ideal.

2. Jangan Tambahkan Gula Saat Meminum Teh

Jika teh hijau diseduh tanpa ada tambahan pemanis seperti gula atau madu, maka sensasi pahit akan kental terasa.

Rasa alami ini memang terkadang menjadi alasan banyak orang berhenti untuk meminumnya. Tidak sedikit pula yang memilih menambahkan gula, yang justru menjadi boomerang.

Sebab meski rasa seduhan teh hijau menjadi lebih baik ternyata penambahan gula membuatnya tinggi kalori.

Selain itu kandungan zat baik yang merangsang pembakaran lemak di dalam teh hijau juga rusak atas tindakan tersebut.

Maka untuk memastikan program diet bersama teh hijau memberi hasil memuaskan. Penting untuk konsisten meminumnya tanpa pemanis.

Biarkan pahit secara alami, dan agar tidak terlalu kuat bisa diseduh beberapa menit saja. Sehingga rasa pahitnya lebih tipis dan khasiatnya untuk diet tetap terjaga.

3. Konsumsi Teh Hijau Saat Hangat

Pengaruh cuaca yang panas bisa membuat orang tertarik untuk menambahkan es pada teh hijau. Agar saat diminum menjadi lebih segar. Akan tetapi penyajian semacam ini justru kurang tepat.

Suhu minuman yang jauh berbeda dengan suhu tubuh akan memaksa proses metabolisme tubuh bekerja lebih keras lagi. Sehingga hal ini bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada penyerapan zat-zat pada teh hijau.

Oleh karena itu jika ingin minum teh hijau dengan maksud menurunkan berat badan konsumsilah dalam keadaan hangat.

Agar zat-zat pada minuman teh hijau bisa terserap dengan baik, diet pun menjadi lebih maksimal.

4. Konsumsi Teh Hijau dengan Porsi yang Sesuai

Meskipun teh hijau bisa menurunkan berat badan, bukan berarti bisa mengkonsumsi teh hijau dalam porsi yang banyak.

Sebagian besar orang yang melakukan tindakan ini biasanya berharap bisa mempercepat penurunan berat badan.

Hanya saja tindakan tersebut ternyata keliru, sebab anjuran paling tepat untuk meminum teh hijau adalah antara 2-3 gelas sehari.

Ketika diminum dengan jumlah atau porsi yang tepat seperti ini maka kandungan antioksidannya terserap tubuh secara sempurna.

Diet yang dijalankan pun akan semakin mudah untuk sukses berkat penyerapan antioksidan yang maksimal.

Metabolisme tubuh secara alami akan membaik sehingga pencernaan lancar dan tumpukan lemak perlahan terbakar.

Setelah mengetahui fakta ini usahakan untuk minum teh hijau dengan benar. Dimulai dari takaran, waktu minum, dan anjuran untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Seperti aktif bergerak dan mengatur pola makan agar berat badan bisa ideal dalam tempo lebih cepat.

Sebab meski teh hijau bisa menurunkan berat badan, hasil kurang maksimal tanpa perbaikan gaya hidup.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: