teh hijau susu

Teh Hijau Susu yang Ternyata Enak dan Kaya Manfaat

Pernahkah Anda mencicipi teh hijau susu? Yakni seduhan teh hijau yang kemudian dicampur dengan susu. Campuran ini mampu memberikan cita rasa dan sensasi baru dalam menikmati teh hijau sehingga menarik untuk dicoba.

Bagi beberapa orang, mengkombinasikan kedua jenis minuman tersebut masih terdengar asing, namun beberapa lagi yang lainnya sudah terbiasa.

Seperti yang diketahui bersama kini ada beberapa outlet penjual teh kemasan di berbagai pusat perbelanjaan. Menawarkan menu campuran tersebut. Menariknya susu yang ditawarkan dihadirkan dalam beberapa varian rasa, misalnya rasa vanilla dan coklat.

Jika bosan menikmati seduhan teh biasa maka kombinasi dua jenis minuman yang sehat ini bisa dijadikan alternatif. Sebab tidak hanya memberikan minuman dengan tampilan yang khas, namun juga menawarkan sensasi rasa yang unik.

Belum lagi dengan manfaat yang diberikan karena baik susu maupun green tea sama-sama punya manfaat tersendiri bagi tubuh.

Campuran Unik Teh Hijau Susu

Teh hijau atau yang sering disebut juga sebagai green tea sudah dikenal luas oleh masyarakat dunia, termasuk di Indonesia. Bahkan disebut-sebut sebagai salah satu herbal yang ketika rutin diminum bisa memberi efek positif bagi kesehatan tubuh.

Teh hijau sendiri dilihat dari catatan sejarah sering disebut berasal dari China, namun sedikit sumber mengungkapkan teh ini berasal dari Jepang.

Terlepas dari asal teh hijau tepatnya darimana, tentunya masyarakat Indonesia sudah bisa menikmatinya dengan mudah. Apalagi banyak perkebunan teh di tanah air dikenal sebagai penyuplai teh ini

Teh hijau murni ketika diseduh akan memberikan rasa sepat dan pahit yang tipis namun perlahan akan terasa manis. Teh hijau kemudian oleh beberapa produsen dikembangkan lagi sehingga mulai dikenal teh hijau bubuk alias matcha.

Matcha sendiri merupakan teh hijau yang kemudian diolah menjadi bubuk, tak hanya bisa dinikmati dengan cara diseduh. Namun bisa pula dipakai sebagai bahan tambahan, perasa, dan pewarna aneka jenis makanan maupun minuman.

Teh hijau yang sudah dalam bentuk bubuk sangat cocok ditambahkan susu ketika diseduh, yang akan menjadikan rasanya lebih sedap. Bagi yang kurang suka dengan aroma maupun rasa khas seduhan teh hijau bisa mencoba menambahkan minuman tinggi kalsium ini agar lebih ramah di lidah.

Kombinasi yang Lebih Dianjurkan

Campuran kedua bahan ini merupakan minuman teh hijau yang dicampur dengan susu. Memang sesederhana itu. Tapi campuran susu yang digunakan bukanlah susu sembarangan, melainkan susu yang berasal dari sumber pilihan dan aman bagi kesehatan.

Karena tidak semua jenis minuman yang tinggi kalsium ini jika dicampurkan dengan teh hijau, akan berdampak baik bagi kesehatan. Sebaliknya, hal tersebut justru bisa menganggu kesehatan tubuh alias memberi dampak yang merugikan.

Boldsky, situs lifestyle dan kesehatan ternama asal India, menjelaskan bahwa ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika mengkonsumsi teh hijau yang dicampur dengan susu yang tepat. Berikut penjelasannya.

Dicampur Susu Almond

Susu almond diyakini mengandung zat L-carnitine dan riboflavin. L-carnitine adalah bentuk asam amino yang berasal dari sumber makanan tertentu, dan bisa juga dihasilkan (diproduksi) secara alami di dalam tubuh.

Sedangkan riboflavin merupakan vitamin B2 yang membantu proses penguraian karbohidrat, protein, dan lemak menjadi energi.

Dengan kadar yang cukup, kombinasi antara L-carnitine dan riboflavin akan sangat baik untuk meningkatkan kesehatan otak.

Singkat kata, jika Anda menambahkan susu almond ke dalam teh hijau, maka minuman ini bermanfaat mengurangi resiko stroke, penyakit jantung, dan obesitas.

Kombinasi Teh Hijau Susu Kedelai

Susu kedelai mengandung asam lemak mono tidak jenuh yang berfungsi untuk mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah.

Selain itu juga mengandung phytoestrogen yang bisa meningkatkan penyerapan kalsium dan mencegah kanker prostat.

Ditambahkan dengan Santan

Terakhir adalah santan. Santan mengandung asam laurat (asam lemak) yang bermanfaat mengurangi tekanan darah dan meminimalisir penumpukan plak di pembuluh darah.

Selain itu santan juga mengandung trigliserida rantai menengah yang baik untuk kesehatan pencernaan dan bisa meningkatkan energi.

Green tea yang dicampur dengan santan bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, mengurangi tekanan darah, meminimalisir penumpukan plak di pembuluh darah, dan meningkatan energi.

Green tea mengandung senyawa dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sedangkan minuman berwarna putih ini mengandung protein dan kalsium yang sangat tinggi.

Jika keduanya dicampurkan, maka protein dan kalsium yang terdapat pada susu akan menghilangkan kualitas (senyawa) teh hijau. Jadi sebenarnya akan jauh lebih baik jika Anda tidak mengkonsumsi susu dan teh hijau secara bersamaan (dicampur).

Akan tetapi kalau ingin menikmati teh hijau dengan perpaduan susu karena rasanya yang mungkin jauh lebih nikmat, sebaiknya gunakan susu nabati seperti 3 contoh di atas.

Karena campuran teh hijau dengan jenis susu nabati diyakini tetap memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Agar cita rasanya lebih nikmat, pastikan mempergunakan seduhan teh hijau berkualitas. Ketahui cara mendapatkan teh hijau terbaik agar puas dengan rasa, aroma, maupun manfaatnya.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: