teh hijau terbaik di indonesia

Teh Hijau Terbaik di Indonesia yang Punya Cita Rasa Unik

Mengenal berbagai jenis teh hijau terbaik di Indonesia tentu akan memberi manfaat maksimal supaya bisa memilih teh dengan bijak.

Sebab Indonesia selama ini dikenal sebagai salah satu penghasil teh terbaik, dan kemudian diekspor ke berbagai negara.

Salah satu jenis teh yang dihasilkan adalah teh hijau yang juga dikenal dengan sebutan green tea. Hasil panen yang berkualitas membuat teh hijau asli tanah air diminati dunia.

Rupanya teh hijau tidak melulu diolah menjadi teh hijau, melainkan ada beberapa jenisnya yang kemudian memiliki rasa, aroma, sampai kandungan yang berbeda-beda.

8 Jenis Teh Hijau Terbaik di Indonesia

Teh hijau memang bisa diolah menjadi beberapa jenis teh, dan tidak harus mencarinya di luar negeri. Sebab seiring naik daunnya teh hijau maka produk turunannya pun semakin mudah ditemukan di negeri sendiri.

Agar tidak lagi penasaran dengan berbagai jenis teh hijau ini, maka bisa menyimak ulasan berikut:

Teh Hijau Terbaik di Indonesia Jenis Gyokuro

Jenis teh ini memiliki aroma yang sangat harum, dan berasal dari daun teh kelas atas yang sering disebut tencha.

Disebut gyokuro karena warna daun tehnya berwarna hijau pucat. Ketika diseduh pun warna seduhannya tidak terlalu kuat. bisa dikatakan nyaris mirip dengan seduhan white tea atau teh putih yang cenderung tipis.

Namun berhubung kualitasnya paling bagus diantara jenis teh hijau lainnya, maka sensasi rasanya lebih sepat. Tak perlu ragu rutin meminumnya karena rasa sepat yang kuat ini juga menunjukan kandungan antioksidannya juga tinggi.

Sehingga bermanfaat pula bagi kesehatan maupun kecantikan.

Teh Hijau Jenis Matcha

Matcha adalah teh hijau berkualitas yang berbentuk bubuk, dan sering dikonsumsi untuk acara minum teh bersama.

Matcha sering digunakan sebagai perasa untuk es krim rasa teh hijau, atau untuk kue tradisional di Jepang. Umumnya matcha bubuk terbuat dari teh hijau yang diproses sangrai atau dikeringkan di atas wajan tanpa minyak.

Matcha sendiri terbagi menjadi dua jenis, yang pertama matcha pure atau yang dikenal juga sebagai powder. Kemudian ada matcha latte yang dalam pengolahannya sudah ditambahkan susu sehingga lebih kental dan manis ketika diseduh.

Matcha latte sangat populer di kalangan milenial, tak hanya enak dan cocok di lidah siapa saja. Kandungan zat baik di dalamnya juga efektif meningkatkan daya ingat sehingga baik untuk menunjang kinerja otak kawula muda.

Supaya bisa fokus dan konsentrasi di sekolah, kampus, maupun tempat kerja.

Namun untuk matcha pure biasanya digunakan sebagai bahan tambahan kue maupun minuman, jika menyukai minuman kekinian seperti Thai Tea. Lalu menjumpai pilihan rasa green tea maka bahan perasa teh hijaunya dari matcha pure.

Sebagian orang yang menjadi pecinta teh juga memilih menyeduh matcha pure dan meminumnya secara langsung. Baik untuk menjaga daya ingat dan menekan resiko pikun maupun alzheimer.

Teh Hijau Sencha

Sencha merupakan teh hijau yang biasa diminum sehari-hari, dan dihasilkan dari daun teh yang sengaja dibiarkan terpapar sinar matahari.
Jenis ini paling sering dijumpai dan juga disukai banyak orang karena rasa sepatnya tidak terlalu kuat.

Biasa juga disebut dengan istilah teh hijau kukus atau green tea steamed.

Teh Hijau Terbaik di Indonesia Jenis Genmaicha

Genmaicha ini adalah jenis teh hijau yang merupakan campuran dari butiran beras merah yang belum dibersihkan, dan dibuat menjadi berondong (Seperti Popcorn).

Teh hijau jenis ini memiliki aroma butiran beras merah yang setengah gosong sehingga ketika diseruput akan terasa sensasi popcorn di dalamnya.

Kabusecha

Kabusecha adalah jenis teh hijau yang daunnya dilindungi dari sinar matahari untuk beberapa lama, sebelum nantinya akan dipanen.
Aroma kabusecha sedikit lebih lembut ketimbang sencha.

Bancha

Bancha merupakan teh kasar yang berasal dari hasil panen kedua antara musim panas dan musim gugur. Biasanya, daun teh bancha relatif lebih besar ketimbang daun teh sencha, dan memiliki aroma yang tidak terlalu harum.

Hojicha

Ringkasnya, ini adalah jenis teh hijau yang dihasilkan dari proses penggongsengan atau disangrai. Sedikit mirip dengan green tea panfired namun cita rasanya lebih kuat.

Kukicha

Terakhir adalah kukicha, yang merupakan teh hijau berkualitas rendah, dan berasal dari campuran daun teh beserta tangkainya. Meski begitu cita rasanya tetaplah teh yang tentu bisa dinikmati.

Ulasan di atas adalah 8 jenis teh hijau yang paling umum dijumpai di tengah masyarakat. Sekarang kita masuk inti pembahasan, yakni teh hijau terbaik di Indonesia.

Supaya Anda bisa melakukan penilaian sendiri, kami sudah merangkum beberapa kriteria teh hijau terbaik dan berkualitas. Simak penjelasan berikut ini.

Kriteria Teh Hijau Terbaik di Indonesia

Membantu mendapatkan teh hijau terbaik di Indonesia, sepertinya tidak cukup jika tahu jenis-jenisnya apa saja. Akan tetapi juga perlu tahu kriterianya seperti apa, supaya tidak keliru saat memilih. Berikut kriteria yang dimaksudkan:

Kriteria Pemetikan Teh Hijau Terbaik di Indonesia

Pucuk daun teh berkualitas dihasilkan dengan cara memetik langsung daun teh secara manual, yakni dengan menggunakan tangan. Bukan mesin.

Indikatornya, jika dalam 1 pucuk daun teh terdapat 2 atau 3 daun yang menempel, maka hampir bisa dipastikan bahwa daun teh tersebut dipetik secara manual.

Pengeringan

Proses pengeringan daun teh dilakukan secara tradisional, yakni melalui proses sangrai atau gongseng dengan menggunakan perlengkapan khusus.

Selain itu proses pengolahan daun teh dilakukan dengan menggunakan teknik pengukusan.

Penyimpanan dan Pengemasan

Penyimpanan dan pengemasan yang baik bertujuan untuk menjaga kesegaran daun teh, dan supaya daun teh tersebut tidak rusak. Idealnya sebelum melalui proses pengemasan, daun teh tersebut sebaiknya dicek ulang untuk memastikan kualitasnya.

Warna Teh Hijau

Poin ke-4 ini tergantung pada pada teknik pengolahannya.Jika diolah dengan cara disangrai, maka warnanya akan cenderung coklat, dan sering disebut sebagai Green Tea Pan-Fired.

Sedangkan jika diolah dengan cara dikukus, maka warnanya akan lebih hijau dan terang, dan sering disebut sebagai Green Tea Steamed.

Aroma dan Cita Rasa

Terakhir adalah aroma dan cita rasa. Jika teh hijau memiliki aroma dan cita rasa yang kuat, maka itulah jenis teh hijau terbaik dan berkualitas (Premium).

Jika Anda masih bingung menentukan teh hijau premium, Anda bisa melihatnya di sini.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: