teh hijau untuk asam lambung

Teh Hijau untuk Asam Lambung yang Bisa Jadi Solusi Alami

Sebelum menjelaskan lebih detail tentang manfaat teh hijau untuk asam lambung, kami ingin kita menyamakan persepsi dulu terkait apa itu asam lambung dan penyakit asam lambung.

Asam lambung adalah sejenis cairan yang ada di dalam lambung, dan terdiri dari asam klorida (HCl), kalium klorida (KCl), dan natrium klorida (NaCl).

Cairan tersebut berperan penting dalam proses pencernaan protein. Cara kerjanya adalah dengan menghidupkan enzim pencernaan yang mengurai protein menjadi rantai panjang asam amino.

Dalam kondisi normal, tingkat keasaman (pH) asam lambung seseorang berkisar di angka 1,5 hingga 3,5. Jadi jika tingkat keasaman asam lambung Anda lebih dari 3,5, bisa disimpulkan kalau Anda punya penyakit asam lambung.

Jadi apa itu penyakit asam lambung? Penyakit asam lambung (Gastroesophageal Reflux Disease) atau GERD merupakan kondisi meningkatnya asam lambung menuju esofagus atau kerongkongan.

Ketika asam lambung Anda meningkat, biasanya perut Anda juga akan terasa kembung. Hal ini dikarenakan adanya gas yang terbentuk di dalam perut.

Beberapa ciri penyakit asam lambung yang bisa dirasakan oleh seseorang adalah kondisi nyeri pada ulu hati, dan sensasi terbakar di bagian dada.

Selain itu juga muncul rasa sesak, mual, muntah, hingga batuk berdahak.

Artikel kali ini akan menjelaskan tentang manfaat green tea untuk penyakit asam lambung.

Manfaat Teh Hijau untuk Asam Lambung

Penyakit asam lambung merupakan salah satu penyakit yang cukup sering dijumpai di tengah masyarakat, termasuk di Indonesia.

Ketika Anda terkena penyakit asam lambung, artinya Anda membutuhkan pengaturan pola makan dan minum yang lebih baik dari sebelumnya.

Salah satu minuman yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi penyakit asam lambung adalah minuman dengan kandungan kafein relatif rendah seperti teh hijau.

Ini dikarenakan di dalam teh hijau terdapat zat polifenol yang berperan sebagai antioksidan, dan diyakini mampu meredakan asam lambung.

Cara Mengkonsumsi Teh Hijau untuk Asam Lambung

  1. Ambil bubuk teh hijau kurang lebih 1 sendok teh, kemudian tuangkan ke dalam gelas yang sudah berisi 200mlair hangat dengan suhu sekitar 80 derajat Celcius.
  2. Aduk secara perlahan, lalu diamkan sekitar 3-5 menit hingga terjadi perubahan warna.
  3. Jika poin 1 dan 2 sudah dilakukan dengan baik, maka saatnya menikmati teh hijau dalam keadaan hangat.

Jika Anda termasuk orang yang terbiasa mengkonsumsi minuman manis, Anda bisa menambahkan madu atau gula batu ke dalam teh hijau. Hindari penggunaan gula pasir karena malah mengurangi efek baik dari kandungan di dalam teh hijau.

Artinya dengan minum teh hijau tawar tanpa tambahan pemanis justru mempertahankan kandungan baik di dalamnya, sehingga manfaatnya bagi kesehatan bisa didapatkan.

Kesimpulan

Sepanjang tidak berlebihan, mengkonsumsi teh hijau bisa dibilang cukup aman bagi penderita maag maupun asam lambung.

Untuk mengatasi masalah asam lambung, saran kami, Anda sebaiknya mengkonsumsi teh hijau dengan jumlah maksimal 4 cangkir dalam 1 hari.

Bahkan ada penelitian yang menjelaskan bahwa mengkonsumsi 1 cangkir teh hijau hangat sudah bisa mengurangi perut kembung.

Terakhir, mengkonsumsi teh hijau dengan campuran daun mint juga bisa mengurangi radang lambung.

Rekomendasi

Kalau Anda membutuhkan teh hijau dengan kualitas grade 1, Anda bisa dengan mudah membeli produk green tea pan fired atau green tea steamed secara online.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: