teh hijau untuk asam urat

Teh Hijau untuk Asam Urat, Menjaga Kadarnya Tetap Normal

Selain mengulas tentang teh hijau untuk asam urat, di artikel kali ini kami juga akan sharing informasi seputar penyakit asam urat, atau yang sering disebut sebagai gout.

Jadi ada suatu zat bernama purin yang secara alami dihasilkan oleh tubuh manusia, dan terdapat di beberapa jenis makanan.
Untuk menguraikan zat ini, tubuh manusia menghasilkan asam urat secara alami.

Nah, penyakit asam urat adalah suatu kondisi dimana kadar asam urat yang dihasilkan tubuh terlalu banyak, sehingga tubuh sulit untuk membuang kelebihannya.

Sekarang kita masuk ke bagian inti, yakni manfaat dan khasiat teh hijau untuk asam urat.

Khasiat Teh Hijau untuk Asam Urat

Secara umum, teh hijau tidak hanya mampu mencegah dan mengobati penyakit asam urat, tapi juga bisa membuang segala jenis racun dan kotoran di dalam tubuh.

Berikut ini penjelasan tentang manfaat teh hijau untuk penyakit asam urat.

Teh Hijau untuk Asam Urat yang Tinggi Antioksidan

Teh hijau mengandung antioksidan polifenol jenis flavonoid yang cukup tinggi, dengan catechin atau katekin (Dalam Bahasa Indonesia) sebagai kandungan utamanya.

Bagi Anda yang belum tahu, polifenol adalah senyawa fitokimia yang terdapat pada tanaman, dan berfungsi untuk memberi warna serta melindungi tanaman tersebut.

Tapi selain itu, polifenol yang masuk ke dalam tubuh juga bisa melindungi sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Mencegah Penumpukan Asam Urat

Disamping memiliki efek antioksidan yang cukup tinggi, daun teh hijau juga bisa menghambat kerja beberapa enzim tubuh.

Daun teh hijau bisa menghambat kinerja enzim xanthine oxidase, yang sejatinya berperan proses penumpukan asam urat di dalam tubuh.

Mengatasi Kadar Asam Urat Dalam Darah

Ekstrak daun teh hijau diyakini bisa menurunkan kadar asam urat, dan mampu meningkatkan antioksidan di dalam tubuh.

Tak hanya bisa menstabilkan kadar asam urat dalam darah agar tetap normal, akan tetapi bisa sekaligus membuat tubuh bugar.

Sebab antioksidan memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Setelah mengetahui manfaat teh hijau untuk penyakit yang berkaitan dengan sendi ini, Anda sebaiknya juga mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya penyakit tersebut.

Faktor Penyebab Penyakit Asam Urat

  • Memiliki keluarga yang juga menderita penyakit asam urat.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi seperti daging merah, jeroan hewan, teri, sarden, kerang, dan tuna.
  • Mengkonsumsi minuman beralkohol.
  • Menggunakan obat seperti aspirin dan beberapa obat kemoterapi.
  • Memiliki penyakit jantung, diabetes, ginjal, kolesterol, leukemia, anemia, hipertensi, dan obesitas.

Gejala Penyakit Asam Urat

Kalau Anda masih bingung apakah terkena penyakit asam urat atau tidak, Anda bisa mengetahuinya dengan mempelajari gejala-gejala berikut:

Nyeri dan Bengkak Pada Sendi

Gejala pertama adalah sendi-sendi tubuh terasa nyeri dan mengalami kebengkakan. Hal ini biasa terjadi di pagi hari ketika bangun tidur, dan atau di malam hari menjelang tidur.

Terkadang juga diselingi dengan kesemutan dan radang sendi yang tampak memerah di bagian permukaan kulit.
Ini adalah gejala utama dari penyakit asam urat.

Kaki Terasa Nyeri dan Bengkak

Gejala berikutnya adalah bagian kaki terasa nyeri dan mengalami kebengkakan, serta terasa cukup panas. Bagian kaki ini biasanya akan semakin terasa nyeri ketika berjalan.

Sendi Mengeras dan Bisa Mengkonsumsi Teh Hijau untuk Asam Urat

Gejala terakhir adalah bagian sendi tubuh mengeras sehingga sulit untuk bergerak. Jika hal ini tidak segera diobati, bagian sendi akan terasa semakin keras dan kaku, serta tidak tertutup kemungkinan akan mengalami mati rasa.

Jika Anda belum merasakan gejala penyakit asam urat seperti penjelasan di atas, sebaiknya fokus untuk menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit asam urat.

Pencegahan bisa dengan menjalani gaya hidup sehat, dan tak hanya mencakup pengaturan pola makan saja.

Akan tetapi perlu diimbangi dengan olahraga rutin dan menghindari kebiasaan buruk seperti merokok, konsumsi minuman beralkohol, dan lain sebagainya.

Semakin dini menjalankan gaya hidup sehat maka semakin memperkecil resiko mengalami masalah asam urat.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: