teh hijau untuk darah tinggi

Teh Hijau untuk Darah Tinggi, untuk Kontrol Secara Alami

Kalau Anda ingin tahu lebih banyak tentang dampak teh hijau untuk darah tinggi, sebaiknya terus membaca tulisan ini.

Sebelumnya kami akan terlebih dahulu membahas tentang tekanan darah, yang merupakan kekuatan aliran darah dari jantung, yang mendorong dinding pembuluh darah atau arteri.

Kekuatan ini bisa berubah sewaktu-waktu, karena dipengaruhi oleh aktivitas yang sedang dilakukan jantung dan daya tahan pembuluh darahnya.

Sekedar informasi, tekanan darah normal berkisar di angka 120/80 milimeter merkuri (mmHG).

Dan seseorang dikatakan mengalami hipertensi (Tensi darah tinggi) jika memiliki tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 (mmHG).
Hal ini bisa berdampak pada gangguan peredaran darah.

Perlu diketahui bahwa hampir semua orang bisa mengalami tekanan darah tinggi. WHO memprediksi bahwa pada tahun 2025, jumlah orang dewasa yang mengidap penyakit hipertensi di seluruh dunia akan meningkat hingga 29%.

Penyebab dan Gejala Hipertensi

Penyebab Hipertensi

Penyakit hipertensi memiliki gejala tersembunyi sehingga sulit terdeteksi. Namun, penyakit ini bisa mengakibatkan komplikasi yang mengancam nyawa seseorang seperti halnya penyakit jantung.

Jika tidak terdeteksi dan diobati lebih dini, hipertensi dapat mengakibatkan komplikasi serius seperti gagal jantung, stroke, kebutaan, dan penyakit berbahaya lainnya.

Salah satu penyebab penyakit hipertensi adalah faktor gaya hidup dan atau keturunan (genetik). Selain itu ada juga beberapa faktor lainnya seperti karena kelelahan, asam urat, diabetes, kolesterol yang tinggi, hingga obesitas.

Gejala Hipertensi

Secara umum, gejala hipertensi memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini:

  • Sakit kepala parah
  • Pusing dan mual
  • Penglihatan buram
  • Telinga berdengung
  • Kelelahan dan kebingungan
  • Detak jantung tidak teratur
  • Nyeri di bagian dada dan sulit bernapas
  • Ada sensasi berdetak di dada, leher, atau telinga

Salah satu cara untuk membantu mengatasi hipertensi adalah merubah gaya hidup.

Seperti melakukan olahraga secara teratur, menjauhi merokok dan alkohol, diet seimbang rendah garam, serta berusaha menurunkan berat badan jika mengalami obesitas.

Teh Hijau untuk Tekanan Darah Tinggi

Mengkonsumsi teh hijau diyakini bisa membantu mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi, bahkan bisa memberikan dampak positif terhadap penyakit serius lainnya.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa teh hijau bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Salah satunya adalah makalah penelitian tahun 2009 dari Arab L. et al yang berjudul “konsumsi teh hijau dan teh hitam dan resiko stroke: meta analisis”, menjelaskan bahwa:

Mengkonsumsi teh hitam atau teh hijau sebanyak 3 cangkir / hari atau lebih, bisa menurunkan resiko penyakit jantung hingga 21%.

Dan ketimbang teh hitam, Anda sebaiknya mengkonsumsi teh hijau karena kandungan kafein-nya relatif lebih rendah.

Anda bisa secara rutin mengkonsumsi 3 – 4 cangkir minuman teh hijau jenis pan-fired. Karena teh jenis ini memiliki beberapa manfaat seperti:

  • Menstabilkan kolesterol
  • Menjaga tekanan darah tetap stabil
  • Membantu membakar kalori (untuk diet)
  • Menurunkan tensi darah tinggi

Cara Konsumsi Teh Hijau untuk Darah Tinggi

Masukkan kurang lebih 1 sendok teh green tea pan-fired ke dalam cangkir yang berisi air panas dengan suhu sekitar 70 derajat celcius, lalu tunggu selama 3 menit.

Berikutnya saring daun teh dan tempatkan ke wadah lainnya. Setelah itu sajikan minuman teh hijau dalam keadaan hangat. Untuk menambah rasa manis, Anda bisa menambahkan madu asli secukupnya atau sesuai dengan selera.

Kesimpulan

Penyakit hipertensi adalah penyakit yang bisa mengakibatkan komplikasi seperti gagal jantung, stroke, dan berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Jadi mulai dari sekarang, Anda sebaiknya memperbaiki dan menjaga pola hidup untuk menghindari penyakit yang satu ini.

Rutin pula untuk mengkonsumsi teh hijau yang membantu melancarkan peredaran darah sehingga tekanan darah lebih stabil. Resiko mengalami stroke, maupun gangguan serius pada ginjal bisa dihindari.

Pilih teh hijau terbaik seperti yang disediakan oleh Daun Seduh, sebab senantiasa menyediakan teh hijau kualitas premium.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: