teh hijau untuk diabetes

Teh Hijau untuk Diabetes yang Ternyata Berdampak Positif

Sebagian dari Anda mungkin belum mengetahui manfaat teh hijau untuk diabetes. Salah satu faktor penyebabnya bisa jadi karena minimnya informasi yang beredar di tengah-tengah masyarakat.

Untuk itu di artikel kali ini, kami akan mengulas tentang khasiat teh hijau untuk penyakit gula darah tersebut. Langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi, atau kadar gula yang berada di atas nilai normal.

Hal ini diakibatkan karenapenumpukan glukosa yang tidak diserap dengan baik oleh sel tubuh,sehingga dapat menimbulkan berbagai gangguan komplikasi pada organ tubuh.

Pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Dampaknya, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi. Padahal, hormon insulin ini lah yang bertugas mengendalikan kadar gula dalam darah.

Gejala Diabetes

Diabetes seringkali tidak terdiagnosis di awal kemunculannya. Jadi sebagai langkah untuk mengantisipasi, di bawah ini adalah beberapa gejala diabetes yang harus Anda waspadai:

  • Sering merasa haus dan lapar
  • Sering buang air kecildi malam hari
  • Berat badan turun tanpa sebab yang jelas
  • Tubuh terasa lemas dan pandangan kabur
  • Mudah mengalami infeksi
  • Munculnya bercakhitam di sekitar leher, ketiak, dan selangkangan

Manfaat Teh Hijau untuk Diabetes

Setelah mengetahui apa itu diabetes beserta gejala-gejalanya, langkah berikutnya adalah mencari tahu bagaimana cara mengatasinya.
Kabar baiknya, ada salah satu cara ampuh yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi diabetese, yakni dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin dan teratur.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh diabetes and metabolism journal, menjelaskan bahwa:

Orang yang mengkonsumsi teh hijau secara rutin, yakni 6 gelas per hari, memiliki risiko 33% lebih rendah terkena diabetes, ketimbang mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Hal ini tentu saja bisa dijadikan rujukan bagi para penderita diabetes. Teh hijau diyakini memiliki kemampuanmembuat sel lebih sensitif, dan meningkatkan metabolisme terhadap gula.

Kandungan polifenol yang tinggi di dalam teh hijau juga sangat baik untuk menstabilkan metabolisme gula darah, dan meningkatkan sensitivitas insulin penderita diabetes.

Polifenol ini dapat menghambat enzim amilase, yaitu enzim yang mengubah karbohidrat menjadi gula sederhana (glukosa).

Dari sekian banyaknya jenis teh hijau yang ada, kami merekomendasikan Anda untuk mengkonsumsi teh hijau dengan kualitas grade 1, yakni Green Tea Pan-fired Daun Seduh.

Teh hijau jenis pan-fired ini bisa membantu membakar kalori, dan mengubah gula darah menjadi energi.

Cara Mengkonsumsi Teh Hijau untuk Diabetes yang Benar

Teh hijau bisa bekerja dengan baik jika Anda mengkonsumsinya dengan cara yang benar, seperti langkah-langkah berikut ini:

Pertama, pilihlah teh hijau yang benar-benar berkualitas.

Kedua, hindari mencampur teh hijau dengan susu atau gula, karena hal tersebut akan mengurangi khasiat dan manfaat teh hijau tersebut.

Ketiga, kalau memang Anda menyukai rasa manis, Anda bisa menambahkan madu secukupnya.

Tapi yang paling baik adalah mengkonsumsi teh hijau tanpa campuran apapun.

Anda bisa mendapatkan manfaat dan khasiat teh hijau yang lebih optimal jika mengkonsumsinya secara rutin dan teratur. Misalnya di pagi dan sore hari.

Kesimpulan

Para penderita diabetes sebaiknya mengatur pola hidup dan menu makanannya supaya menjadi lebih sehat. Selain itu, luangkan juga waktu 10 – 30 menit setiap hari untuk berolahraga.

Terakhir, perbanyak mengkonsumsi buah, sayur, protein dari biji-bijian, serta makanan rendah kalori dan lemak.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: