teh hitam untuk obesitas

Teh Hitam untuk Obesitas, Solusi Turunkan Berat Badan

Anda resah karena bobot tubuh sulit turun? Manfaatkan teh hitam untuk obesitas sebagai solusi untuk mencapai berat badan yang diinginkan.

Teh sudah dikenal cukup lama mampu membantu program diet berkat kandungan katekin di dalamnya. Tak hanya teh hijau, Anda yang sedang diet juga bisa mengandalkan teh hitam yang akrab pula disapa black tea.

Alasan sebaiknya mengkonsumsi teh hitam saat diet atau mengatasi kegemukan adalah karena jenis teh yang satu ini mengandung polifenol dan katekin.

Kedua senyawa ini mampu mempengaruhi proses metabolisme energi pada organ hati. Mengapa terjadi reaksi energi pada organ hati? Ternyata karena dipicu oleh perubahan pada proses metabolisme di usus. Sehingga proses detoks lebih maksimal, efeknya tubuh lebih bugar dan berat badan turun perlahan.

Mengenal Khasiat Teh Hitam untuk Obesitas

Pada riset yang sebelumnya pernah dilakukan kandungan polifenol dalam teh hijau mampu memberikan kontribusi positif. Kontribusi yang diberikan pada kesehatan ternyata lebih besar dibandingkan dengan teh hitam.

Penyebabnya karena kandungan nutrisi dan zat-zat lain yang dalam teh hijau lebih mampu diserap oleh darah dan jaringan tubuh dibandingkan teh hitam.

Namun berdasarkan hasil penelitian yang digagas oleh University of California Los Angeles (UCLA), yang dipimpin oleh ilmuan, Profesor Susanne Henning.

Diketahui teh hitam juga mempunyai efektifitas yang sama untuk menyehatkan tubuh bila dibandingkan dengan teh hijau.

Selain itu teh hitam juga diketahui lebih ampuh untuk menurunkan berat badan dan mengatasi obesitas daripada teh hijau setelah diteliti dengan mekanisme mikrobioma pada usus.

Hasil riset ini telah dimuat dalam European Journal of Nutrition yang menggunakan hewan percobaan yaitu tikus. Dua kelompok tikus diberikan makanan yang berlemak serta mengandung gula tinggi.

Kemudian salah satu kelompok diberikan ekstrak teh hitam dan pada kelompok yang lain diberikan ekstrak teh hijau.

Hasil yang didapatkan ternyata jumlah bakteri yang berkaitan dengan kegemukan diketahui lebih rendah pada kelompok tikus yang diberikan ekstrak teh hitam.

Dari riset tersebut dapat disimpulkan bahwa teh hitam lebih ampuh mencegah dan mengatasi kegemukan bila dibandingkan teh hijau.

Cara Mendapatkan Manfaat Teh Hitam

Setelah mengetahui manfaatnya, Anda juga perlu tahu cara mengkonsumsinya untuk mendapatkan hasil terbaik.

Secara umum konsumsi teh pada kondisi perut kosong sangat tidak dianjurkan karena dapat memicu peningkatan asam lambung yang membuat perut Anda tidak nyaman.

Untuk hasil sesuai keinginan, konsumsilah teh hitam mulai pukul 10, dua jam sebelum atau sesudah makan siang. Porsi yang disarankan adalah tidak lebih dari 3 cangkir per hari.

Perlu Anda ketahui bahwa teh hitam dan berbagai jenis teh lainnya adalah stimulant alami yang cukup kuat. Apabila dikonsumsi terlalu banyak bisa membuat Anda sulit mendapatkan istirahat yang cukup dan tidur yang berkualitas di malam hari.

Bagi mereka yang mengalami gangguan insomnia, konsumsi teh menjelang waktu beristirahat juga tidak direkomendasikan. Kafein yang terkandung dalam teh justru merangsang otak untuk fokus.

Efek lainnya tubuh akan teras lebih segar seolah-oleh Anda siap untuk melakukan aktivitas kerja sebagaimana di pagi hari.

Selain mengkonsumsi teh hitam, jangan lupa untuk menerapkan pola makan yang sehat dengan menyingkirkan segala jenis hidangan cepat saji yang digoreng. Selain itu kurangi juga konsumsi hidangan yang mengandung gula tinggi seperti kukis atau cake.

Sebaliknya, perbanyak porsi buah dan sayuran segar yang kaya serat untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan. Sekaligus membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Lengkapi pola hidup sehat Anda dengan rutin berolahraga ringan, seperti lari kecil, senam, atau bersepeda, selama 30 menit dengan frekuensi 2 atau 3 kali seminggu.

Jangan lupa mencukupi kebutuhan cairan dalam jumlah seperti yang direkomendasikan untuk memperlancar pencernaan dan membantu proses detoksifikasi.

Diet dengan teh hitam bukanlah pilihan buruk apalagi sudah terbukti efektif lewat beragam penelitian yang disampaikan di atas. Gunakan teh hitam berkualitas untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Temukan harga teh hitam premium yang terbaik, agar tetap ramah di kantong namun mendapatkan kualitas nomor satu. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di Daun Seduh.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: