teh premium

Teh Premium Asli Indonesia, Apa Saja Pilihannya?

Meski kalah populer dibanding kopi, namun teh tidak bisa dikatakan kalah telak apalagi untuk teh premium. Sebab budaya minum teh baik di pagi maupun sore hari masih tetap dilakukan oleh banyak orang.

Minum teh sama-sama menawarkan solusi relaksasi alami dengan secangkir tanaman alami yang diseduh.

Kenikmatan minum teh kabarnya akan lebih maksimal manakala memilih teh dengan kualitas yang terbilang premium. Lantas apa yang dimaksud teh dengan status premium tersebut?

Apa Itu Teh Premium?

Teh yang dikatakan punya kualitas premium adalah dari hasil panen pilihan. Penyortiran hasil panen dilakukan untuk memisahkan mana daun teh yang berkualitas bagus sampai yang buruk.

Status premium tentu diberikan pada daun teh yang memang bagus dan nantinya ketika diseduh akan menawarkan sensasi lebih maksimal.

Di Indonesia sendiri memiliki beberapa perkebunan teh yang rutin menghasilkan teh berkualitas unggul. Kebanyakan hasil panen terbaik akan dikirimkan ke luar negeri karena jumlah pecinta teh memang jauh lebih banyak.

Pada akhirnya banyak pecinta teh di tanah air justru harus keluar negeri atau membeli teh mahal yang merupakan produk import.

Padahal bisa jadi teh yang dibeli tersebut merupakan hasil panen dari perkebunan dalam negeri. Seiring berjalannya waktu kini terdapat sejumlah produsen atau brand teh yang menawarkan mutu premium.

Jika lebih teliti dalam memilih maka bisa mendapatkan harga lebih baik tanpa perlu membeli brand asal luar negeri.

Berkenalan dengan Teh Premium Asli dari Tanah Air

Indonesia masuk ke dalam negara yang menghasilkan teh berkualitas dalam skala besar, bahkan masuk peringkat ke-6 dari sekian negara penghasil teh.

Kabar baiknya ada sejumlah teh dengan kualitas yang premium berasal dari tanah air. Kemudian dikenal luas di berbagai negara, apa saja jenisnya?

Melalui ajang Association of Indonesia Specialty Tea atau AISTea di JiExpo Kemayoran yang digelar November 2018 lalu. Diketahui terdapat sejumlah jenis teh yang berkualitas unggul dan berasal dari tanah air. Berikut penjelasannya:

Teh Premium Jenis Teh Putih

Jika mencari teh dengan kandungan antioksidan sangat tinggi, maka akan direkomendasikan teh putih. Bisa pula disebut sebagai white tea dan silver needle meski sebutannya sendiri sebenarnya merujuk pada tingkat grade atau kualitasnya.

Namun nama-nama ini cukup familiar digunakan untuk menyebutkan teh yang berwarna silver atau keperakan ini.

Teh ini dibuat dari hasil panen pucuk tanaman teh yang daunnya masih menggulung dan dipetik pagi hari sebelum matahari terbit. Tujuannya untuk memastikan saat panen dilakukan pucuk tanaman teh masih dalam kondisi menggulung.

Ketika dikeringkan teh ini tidak akan menjadi coklat melainkan menjadi putih atau perak.

Diseduh pun akan menghasilkan warna teh yang cenderung transparan, dengan warna kekuningan yang sangat tipis. Bagaimana dengan rasanya?

Dibanding teh pada umumnya teh putih punya cita rasa yang paling ringan dan khas. Ada sensasi manis dan wangi, sehingga wajib dicicipi.

Teh ini juga dikenal sebagai teh yang paling mahal karena memang hasil panennya terbatas. Mengingat yang diambil hanya pucuk yang masih menggulung saja dan dari satu hektar perkebunan teh paling tidak hanya menghasilkan 1 kg teh putih.

Berkat kandungan antioksidannya yang tinggi teh putih sering disebut sebagai teh anti kanker dan anti virus.

Bagi penderita kanker yang menjalani kemoterapi ataupun pasca kemoterapi dianjurkan rutin minum teh ini. Guna membantu menekan pertumbuhan sel kanker sekaligus mempercepat proses pemulihan.

Meski harga teh putih ini lumayan namun Anda bisa membeli kemasan kecil, apalagi saat diseduh setiap cangkirnya hanya memerlukan 10-13 helai saja.

Teh Kuning

Teh dari Indonesia ternyata tak hanya teh hijau dan teh hitam, selain ada teh putih juga masih ada teh kuning. Apa itu teh kuning? Teh kuning ini juga dihasilkan dari tanaman teh yang ditanam secara organik.

Proses pengolahan yang unik membuat daun tehnya berwarna kekuningan dan demikian juga saat diseduh.

Teh ini memiliki warna seduhan yang berbeda dari teh biasa dan begitu pula dengan cita rasanya. Kabarnya pecinta teh yang sudah mencicipinya mengaku merasakan sensasi buah ketika meminumnya.

Sensasi after taste yang dihasilkan juga unik tanpa menghilangkan efek relaksasi teh pada umumnya.

Kabar baiknya lagi teh jenis ini menawarkan solusi untuk berbagai masalah kesehatan, nyaris mirip dengan teh hijau.

Khasiatnya cukup kompleks mulai dari mengatasi masalah perut yang membuncit, menstabilkan kolesterol, sampai bantu maksimalkan detoks tubuh.

Teh Oolong

Opsional lain untuk menikmati sensasi premium saat menyeduh teh asli dari tanah air adalah teh oolong. Terutama untuk teh oolong yang ditanam dengan metode organik maka mutunya akan lebih maksimal dan jauh lebih sehat.

Teh oolong punya cita rasa yang khas, mulai dari rasa sepat dan pahit yang tipis sampai warna seduhan yang terang.

Teh ini juga kaya akan antioksidan seperti katekin sehingga bisa membantu program diet alami agar berat badan turun lebih cepat. Berkat antioksidannya yang tinggi maka teh oolong juga menyuguhkan beragam khasiat untuk kesehatan.

Sehingga tidak hanya cocok untuk membantu diet saja.

Rutin mengkonsumsi teh ini bisa membantu menstabilkan kadar kolesterol di dalam darah, menjaga keseimbangan tekanan darah, dan juga bagus untuk mencegah kanker.

Jika mulai rutin dikonsumsi dari sekarang maka manfaat tersebut akan lebih cepat dirasakan.

Dari sekian jenis teh di atas, mana yang cocok dengan selera Anda? Silahkan memilih yang terbaik dari segi rasa untuk disesuaikan dengan selera.

Memastikan teh yang didapatkan punya kualitas premium maka bisa memesan di Daun Seduh. Cek websitenya untuk update informasi harga teh hijau maupun teh jenis lain dengan kualitas premium.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: