teh putih untuk diet

Teh Putih untuk Diet yang Terbaik dan Perlu Dicoba

Teh putih untuk diet menjadi salah satu manfaat yang paling diminati bagi para penggemar teh. Teh putih sendiri berasal dari tanaman yang sama dengan teh hijau hanya saja diambil dari pucuk tanaman teh saja.

Tak jarang jika teh putih sering disandingkan dengan teh hijau mulai dari bagian tanaman yang digunakan hingga keunggulan manfaatnya. Alhasil, popularitas teh hijau cenderung lebih tinggi.

Terlebih harga teh putih merupakan yang paling mahal di antara semua jenis teh. Namun, telah banyak studi menyebutkan bahwa teh putih memberikan manfaat terbaik untuk diet.

Manfaat Kompleks Teh Putih untuk Diet

Tentu saja, manfaat tersebut berkat kandungan zat yang terdapat dalam teh putih. Seperti studi yang dipublikasikan oleh jurnal Nutrition and Metabolism.

Studi ini mengungkapkan bahwa meminum seduhan teh putih secara rutin mampu menurunkan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Lalu, seperti apa teh putih bermanfaat untuk diet? Simak ulasannya berikut ini.

Teh Putih untuk Diet Proses Pengolahannya Khas

Teh putih berasal dari tanaman bernama Camellia sinesis yang juga menghasilkan teh jenis lainnya, seperti teh hijau maupun teh hitam. Bagian tanaman yang diambil untuk diolah menjadi teh putih, yaitu kuncup bunga dan daun muda masih menggulung dan berbulu halus.

Proses pengambilan kedua bagian tanaman ini harus dilakukan pagi hari sebelum matahari terik. Kemudian proses pengolahan dilakukan tanpa air sama sekali sehingga meminimalkan proses oksidasi.

Proses pengolahan ini sangatlah berbeda dari teh lain yang memerlukan oksidasi. Hasilnya, teh putih memiliki aroma alami unik, rasa lebih manis dan kandungan zat antioksidan tinggi.

Mengandung Zat Baik yang Lebih Tinggi

Teh putih memiliki warna daun lebih pudar nyaris mendekati warna putih daripada jenis teh lain. Tingkatan warna daun ini sering diidentifikasi sebagai tingkatan kandungan antioksidan di dalamnya.

Meskipun terlihat kurang menarik tetapi kandungan zat baik dalam teh putih terbukti menjadi yang lebih tinggi dari teh lain. Kandungan zat-zat tersebut, yaitu fluoride, asam amino, antioksidan, polifenol, quercetin, kaempfrol, myricetin, kafein, kalsium, fosfor, vitamin A, C dan E.

Kandungan zat-zat inilah yang menjadikan teh putih untuk diet lebih efektif. Tak hanya bagus untuk diet namun juga memberikan manfaat kompleks bagi kesehatan, sebab teh putih efektif merangsang perbaikan sel di dalam tubuh.

Menurunkan Nafsu Makan

Nafsu makan tinggi seringkali menjadi salah satu alasan seseorang sulit berhasil melakukan diet. Nafsu makan tinggi ini umumnya dipicu oleh rasa lapar karena kondisi lambung yang kosong.

Padahal, jadwal dan porsi makan sudah diatur dan disesuaikan tetapi perut tidak juga kenyang. Hal ini bisa terjadi karena asupan makanan tidak cukup nutrisi dan serat.

Akibatnya, program diet menjadi gagal dan berat badan meningkat. Namun dengan meminum teh putih, nutrisi dan serat yang dibutuhkan tubuh bisa dilengkapi sehingga menurunkan nafsu makan.

Konsumsi teh putih bisa dilakukan sebelum makan khusus untuk Anda yang tidak memiliki keluhan pencernaan, seperti maag dan lainnya. Bisa pula dijeda satu atau dua jam setelah makan untuk memastikan nutrisi makanan tinggi serat dan vitamin terserap sempurna.

Jika rutin dilakuka maka akan dibuat kagum dengan turunnya nafsu makan dibanding sebelum mengkonsumsinya.

Menghancurkan dan Mencegah Pembentukan Sel Lemak

Sebuah studi menyebutkan bahwa ekstrak teh putih mampu meningkatkan pemecahan sel lemak dan mencegah pembentukan sel lemak baru. Hal tersebut karena adanya kandungan zat antioksidan, katekin dan kafein alami.

Zat tersebut mampu membakar kalori lebih cepat, menyerap setiap lemak dan mencegah adipogenesis yang merupakan proses pembentukan sel lemak.

Anda bisa meminum secangkir teh putih setelah mengkonsumsi makanan berlemak agar lemak dari makanan bisa langsung diserap dan dikeluarkan tubuh.

Namun tetap berikan jeda sekitar 1 jam, supaya tubuh tidak mengalami mal nutrisi akibat sifat teh yang mengikat nutrisi makanan yang dikonsumsi.

Jika dikonsumsi rutin dengan takaran yang benar maka hasilnya akan sesuai dengan harapan. Selain memperhatikan waktu konsumsi, sebaiknya juga memperhatikan takaran.

Sebab teh alami idealnya diminum antara 1-4 cangkir per hari, dan hal ini juga berlaku untuk teh putih.

Setelah mengetahui khasiat teh putih untuk diet tentunya Anda ingin mendapatkan manfaat tersebut. Agar maksimal, Anda bisa meminum satu hingga empat cangkir teh putih setiap hari.

Kami, Daun Seduh menyediakan daun teh putih yang bisa langsung dikonsumsi dan merupakan teh premium grade I. Anda tidak perlu menambahkan susu, krim atau gula saat menyajikan teh putih karena rasanya sudah khas dan nikmat.

Anda hanya perlu menyeduh dengan air panas lalu teh putih siap diminum setelah didiamkan selama 2-3 menit. Cukup secangkir sehari dan Anda sudah bisa menikmati manfaat teh putih tersebut, mulai dari kemampuannya mendukung diet sampai menjaga kebugaran tubuh.

 

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: