teh talua

Teh Talua, Cara Membuatnya Ternyata Super Gampang

Sudahkah mencicipi teh talua atau mungkin tahu cara membuat teh talua tersebut? Indonesia merupakan negara yang beragam. Keberagaman dari segi kebudayaan, agama hingga kulinernya.

Ada banyak kuliner khas tanah air yang sudah diakui kelezatannya hingga kancah dunia, misalnya saja rendang dari Padang.

Selain makanan, salah satu minuman dari Padang yang juga terkenal akan rasa dan keunikannya adalah talua atau teh telur. Bagi masyarakat Minangkabau, talua merupakan minuman legendaris.

Sehingga kalau Anda kebetulan berkunjung kesini, sebaiknya tidak lupa untuk mencicip talua. Bisa pula mencoba membuatnya sendiri di rumah karena cukup gampang.

Cara Membuat Teh Talua

Ingin mencoba membuat talua sendiri? Sebelum membuatnya, sebaiknya Anda persiapkan dulu beberapa bahan berikut ini:

  • 1 butir telur ayam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan susu kental manis
  • Rempah jahe secukupnya
  • 1 sendok teh hitam

Proses Pembuatan Teh Talua

  1.  Geprek jahe yang sudah Anda siapkan, bisa menggunakan ulekan atau dipukul menggunakan bagian sisi pisau.
  2. Sediakan panci yang berisi air, lalu masukan jahe geprek ke dalamnya.
  3. Tambahkan juga teh ke dalam panci, lalu didihkan secara bersamaan.
  4. Siapkanlah telur dan pisahkan kuning telurnya. Campirkan dengan gula dan susu kental manis.
  5. Kocoklah hingga semua bahan yang sudah Anda siapkan tercampur dengan merata. Agar lebih mudah dan lebih cepat, Anda bisa menggunakan hand mixer.
  6. Campurkanlah teh yang sudah Anda didihkan dengan kocokan telur.
  7. Selesai! Talua siap dihidangkan dan dinikmati.

Khasiat Teh Talua untuk Kesehatan

Pembuatannya terbilang mudah, dan menariknya teh khas Padang ini ternyata juga kaya manfaat bagi kesehatan. Berikut detail informasinya:

Bisa Menghangatkan dan Menjaga Daya Tahan Tubuh

Konon menurut masyarakat setempat, talua memiliki khasiat bisa menghangatkan suhu tubuh. Sehingga seringkali dinikmati saat pagi hari dikombinasikan dengan menu sarapan pagi.

Atau bisa juga diminum malam hari saat suhunya rendah. Khasiat lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah kesehatan yang semakin terjaga. Hal ini didapatkan karena talua bisa meningkatkan stamina dan menjaga daya tahan tubuh.

Meningkatkan Stamina Pria Dewasa

Teh talua juga dipercaya sangat bermanfaat bila diminum oleh pria dewasa yang sudah berumah tangga. Sebab khasiat talua bisa makin meningkatkan stamina pria sebelum melakukan hubungan suami istri.

Sehingga sangat dianjurkan bila konsumsi talua sebelum aktivitas seksual dilakukan.

Asupan Vitamin Tubuh Terpenuhi

Telur yang menjadi bahan pembuatan talua memiliki kandungan vitamin yang bisa memenuhi asupan harian tubuh. Seperti vitamin A, D, E hingga K. Sehingga khasiatnya bisa makin baik untuk kesehatan.

Fakta lain tentang teh ini, pada tahun 2017 pernah mendapatkan juara tiga untuk kategori ‘Minuman Tradisional Terpopuler’ di ajang Anugerah Pesona Indonesia.

Bahkan, bukan hanya cita rasanya saja yang diisitimewakan. Namun tampilannya juga cantik, memiliki 5 gradasi warna. Gradasi ini berasal dari bahan pembuatan talua yaitu teh, gula, telur, dan tambahan perasan jeruk nipis.

Masyarakat Padang menyebut keunikan gradasi warna dengan sebutan ‘Limo Lenggak’ sebab bisa memunculkan 5 warna unik.

Itulah informasi seputar teh asli Padang tersebut. Bila Anda penasaran ingin segera mencicipi, cobalah untuk membuatnya sendiri di rumah menggunakan panduan cara membuat teh talua yang sudah dijelaskan di atas.

Gunakan pula teh hitam berkualitas tinggi untuk hasil terbaik, Anda bisa mencoba teh dari Daun Seduh. Selamat mencoba!

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: