teh tubruk

Teh Tubruk Berkualitas Premium dan Cara Memilihnya

Di Indonesia teh tubruk merupakan minuman sehat yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat setelah air putih. Indonesia juga dikenal sebagai salah satu produsen terbesar daun teh terbaik di dunia.

Maka tidak heran jika ada banyak orang punya kebiasaan gemar minum teh setiap harinya. Apalagi jika dalam bentuk teh tabur atau tubruk yang biasanya ketika diseduh aroma dan rasanya lebih nikmat.

Berkenalan dengan Teh Tubruk

Teh tabur menjadi idaman sampai sekarang, sekalipun dilihat dari segi kepraktisan masih kalah jauh dengan teh celup. Teh celup tinggal direndam ke dalam air hangat atau panas, maka warna tehnya akan keluar.

Jika dirasa warnanya sudah sesuai keinginan maka tinggal mengangkat teh celup tersebut.

Berbeda dengan teh tabur yang ketika warnanya sudah keluar maka perlu disaring terlebih dahulu sebelum dinikmati. Beberapa orang memilih menyaring lembaran tehnya dengan gigi ketika diseruput sedikit demi sedikit.

Meski tidak praktis namun kualitas rasa dan aromanya memang lebih memanjakan, sehingga masih kaya peminat sampai sekarang.

Peneliti Human Molecular Nutrition dari School of Medicine and Public Health yang bernama Emma Beckett. Menjelaskan bahwa daun dalam teh tubruk mengandung lebih banyak bahan bioaktif karena permukaan lebih lebar. Umumnya menggunakan kualitas daun yang lebih baik.

Teh tubruk memiliki wewangian dan aroma yang cenderung lebih tajam, nikmat dan memberikan lebih banyak antioksidan.

Manfaat lainnya adalah sebagai menghambat pembentukan dan penumpukan kolesterol, mencegah tekanan darah tinggi, mencegah penyakit jantung, mengendalikan kadar gula dalam darah, mencegah kanker, merawat gigi, dan menghindari keracunan.

Kualitas rasa, aroma, sampai manfaatnya bagi kesehatan akan lebih maksimal jika memilih teh berkualitas tinggi. Meski di Indonesia produsen teh berkualitas masih terbatas dan rata-rata memberi harga lebih tinggi.

Namun, jika mengingat kembali manfaat yang diberikan tentu layak untuk dijadikan sebagai pilihan.

Tips Memilih Teh Tubruk dengan Kualitas Premium

Berhubung pilihan produk teh tabur semakin banyak karena rata-rata merk teh di tanah air menyediakannya. Maka Anda bisa mencoba memilihnya dengan seksama, dan berikut tips yang bisa dijadikan sebagai panduan:

Pilih yang Warnanya Masih Segar Kehijauan

Teh tabur dengan kualitas yang baik adalah yang dari segi tampilan sebelum diseduh masih segar, yakni masih memiliki warna kehijauan. Adanya warna asli di dalam daun teh menunjukan jika proses pembuatan teh tidak terlalu panjang.

Kandungan antioksidannya juga lebih tinggi dan tidak melewati proses fermentasi, sehingga tidak bersifat asam. Ketika teh tidak mengalami proses fermentasi maka nantinya akan mengandung kafein maupun tanin dalam jumlah terbatas.

Efeknya lebih ke relaksasi dan tidak menyebabkan insomnia, sekalipun kafein di dalam teh tidak setinggi dan sekuat di kopi. Namun, jika ingin tidur nyenyak di malam hari teh yang masih hijau lebih dianjurkan untuk dipilih.

Ditambah sensasi rasanya lebih segar dan rasa sepatnya lebih kuat, sehingga lebih enak di lidah sekalipun tidak ditambahkan gula pasir. Teh yang masih segar juga membuatnya memiliki aroma lebih menyenangkan ketika diseduh.

Sehingga bisa menikmati tak hanya rasa namun juga aroma premium dari teh tabur tersebut.

Hindari yang Mengandung Batang Tanaman Teh

Teh tabur yang bagus bisa dilihat secara langsung dari bentuknya, selain dari warna juga dari komposisinya. Teh yang bagus adalah yang murni memakai daun teh tanpa tambahan batang tanaman teh.

Jadi, ketika melihat adanya batang tanaman teh yang berwarna kuning kecoklatan, artinya kualitas teh tersebut kurang bagus.

Lihat bentuk tehnya dengan teliti untuk memastikan hanya berisi daun teh bukan ada tambahan batangnya. Apabila memilih produk teh yang tidak bisa dilihat kondisi fisiknya karena dibungkus rapi dan tidak transparan.

Maka bisa membeli dulu kemasan kecil supaya ketika sadar kualitasnya kurang, setidaknya tidak rugi banyak.

Lebih Baik Murni Teh Tubruk Tanpa Tambahan Bahan Apapun

Umumnya teh yang beredar di pasaran tanah air menggunakan daun teh dicampur dengan tanaman lain. Salah satu jenis campuran yang paling sering digunakan adalah bunga melati yang diklaim mampu meningkatkan kualitas aroma teh ketika diseduh.

Namun, untuk mendapatkan manfaat teh bagi kesehatan akan lebih baik minum teh yang murni dari teh.

Tambahan bahan meski sama-sama alami bisa jadi malah mengurangi manfaat teh itu sendiri. Ada kalanya bahan tertentu malah merusak kandungan zat bermanfaat di dalam daun teh.

Jadi, agar bisa merasakan manfaat lebihnya usahakan mencari teh murni. Meski dari aroma hanya mengandalkan aroma asli tanaman teh, setidaknya manfaat yang diberikan jauh lebih menguntungkan.

Kemasan Idealnya Berlapiskan Aluminium Foil

Idealnya teh yang dibeli dikemas dengan lapisan aluminium, tidak peduli bahan apapun yang dipakai untuk pembuatan kemasan tersebut. baik memakai kaleng, karton, ataupun jenis material lain.

Pastikan di dalamnya diberi lapisan tambahan dari aluminium foil karena bisa melindungi atau menjaga kualitas teh di dalamnya agar tahan lama.

Teh yang disimpan di dalam wadah berlapiskan aluminium foil cenderung tidak mudah lembab sehingga tidak mudah rusak. Teh yang bagus memiliki tingkat kekeringan yang tinggi sehingga tidak bisa dijadikan tempat hidup mikroba.

Resiko mudah rusak ataupun mengandung kontaminasi kuman maupun bakteri menjadi lebih kecil.

Jadi, jangan lagi memilih teh berkualitas dengan asal kemasannya bagus namun sudahkah sesuai dengan ketentuan. Jika kemasannya sudah sesuai ketentuan yang berlaku agar kualitas teh terjaga, sekalipun desainnya biasa.

Dijamin akan mendapatkan teh tabur dengan mutu tinggi, tak hanya lebih enak namun juga lebih kaya manfaat.

Merknya Jelas dan Punya Ijin Edar

Hindari membeli teh yang tidak ada merknya, sebab bisa jadi malah mengandung bahan berbahaya atau tidak berisi daun teh. Ada baiknya selalu memilih teh yang merknya jelas dan punya ijin edar.

Khusus untuk teh tabur, biasanya tetap aman meski tidak menggunakan ijin BPOM. Namun harus ada ijin edar dari PIRT yang menunjukan teh tersebut aman bagi kesehatan tubuh.

Jika asal-asalan dalam membeli produk teh di pasaran, tidak hanya khawatir mendapatkan mutu yang jelek. Akan tetapi juga khawatir membeli teh yang mengandung bahan berbahaya.

Dibanding menyesal di kemudian hari, sebaiknya sedikit ribet dari sekarang merupakan langkah paling bijak.

Ada banyak merk teh di Indonesia, beberapa dikenal sebagai teh dengan kualitas premium meski hanya sebagian kecil. Sisanya memang belum memiliki kualitas sebagus teh di luar negeri sekalipun teh dari negara lain tersebut bahannya didatangkan dari Indonesia.

Namun, usahakan untuk tetap memilih yang terbaik supaya tidak hanya menjadi kebiasaan memanjakan lidah.

Namun budaya minum teh nantinya juga menjadi solusi untuk hidup berkualitas karena memiliki kesehatan tubuh yang prima. Apalagi ada banyak jenis teh yang memberi manfaat lebih bagi kesehatan.

Entah itu teh hijau ataupun teh putih, teh oolong, dan lain sebagainya. Hasil akan lebih baik jika membeli teh tabur yang diolah lebih singkat.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: