teh untuk alergi

Teh untuk Alergi? Berikut Merupakan Penjelasan Lengkapnya

Pernahkah mendengar adanya teh untuk alergi? Jadi, beberapa sumber menyebutkan jika konsumsi teh jenis tertentu memberi efek positif untuk meredakan alergi.

Minum teh memang memberi efek positif yang sangat banyak bagi kesehatan.

Siapa sangka, teh ini ternyata juga memberi kemudahan bagi pemilik alergi untuk mengontrol tingkat keparahan saat kontak dengan alergen.

Makanan Terbaik untuk Pemilik Alergi

Sebelum membahas lebih dalam, sebenarnya terdapat sejumlah makanan yang dianjurkan sekaligus dipantang untuk pemilik alergi.

Makanan yang dipantang tentu saja memiliki potensi untuk memicu reaksi alergi. Efek lainnya adalah meningkatkan kepekaan, sehingga saat terjadi kontak dengan alergi reaksi yang muncul bisa lebih parah dari sebelumnya.

Namun, alam memiliki banyak solusi untuk tetap hidup sehat dan nyaman bagi pemilik alergi.

Tidak hanya terdapat makanan pantangan, kabar baiknya beberapa bahan makanan justru memberi efek sebaliknya. Maka, rutin mengkonsumsi bahan makanan yang efektif meringankan alergi adalah langkah bijak.

Setidaknya bisa meminimalkan tingkat keparahan dan konsumsi obat-obatan kimia yang tentu dampak jangka panjangnya kurang bagus.

Lantas, apa saja jenis makanan yang dianjurkan atau mungkin yang dipantang tersebut? Berikut ulasannya untuk Anda.

Teh untuk Alergi dan Daftar Makanan yang Dianjurkan

Khusus untuk siapa saja yang memiliki keluhan alergi, apapun alergen yang dimiliki baik itu susu, telur, ataupun cuaca dingin.

Dianjurkan sekali untuk mengkonsumsi beberapa makanan berikut baik saat kondisi baik-baik saja maupun saat mengalami reaksi alergi:

Teh Genmaicha

Makanan anjuran pertama datang dari jenis teh, ada beberapa jenis yang dianjurkan dan salah satunya adalah genmaicha. Beberapa orang memang kurang familiar dengan jenis teh satu ini karena memang tidak sepopuler teh hijau atau mungkin teh hitam.

Namun, teh ini juga punya banyak penggemar di beberapa negara khususnya negara dengan budaya minum teh seperti China maupun Jepang.

Rasa unik di dalam teh genmaicha dihasilkan dari perpaduan teh hijau kukus yang bertemu beras merah sangrai. Selain unik, teh ini diketahui efektif membantu meredakan gejala alergi saat kontak dengan alergen terjadi.

Seperti gatal-gatal pada kulit maupun bersin-bersin, sebab didalamnya terkandung katekin. Yakni salah satu senyawa antioksidan yang membantu meringankan reaksi alergi secara alami.

Teh untuk Alergi dari Jenis Teh Hijau

Masih dari jenis teh, selain teh genmaicha juga dianjurkan untuk minum teh hijau secara rutin. Tentunya bisa dijadikan opsional, misalnya jika kurang rusak rasa teh hijau bisa diganti teh genmaicha atau bisa pula sebaliknya.

Sehingga bisa disesuaikan selera, sebab keduanya sama-sama baik untuk meredakan alergi yang dirasakan.

Teh hijau juga terkandung anti alergi natural yakni katekin dan senyawa antioksidan lainnya. Bisa dikonsumsi saat mengalami alergi dan bisa pula dikonsumsi setiap hari sebagai pencegahan.

Sekalinya kontak dengan alergen maka tubuh secara alami akan menunjukan reaksi yang lebih ringan dari sebelum minum teh hijau ini.

Masakan Asal Jepang Yakni Wasabi

Tidak hanya teh yang dianjurkan untuk meredakan kondisi alergi yang dialami, Anda juga bisa mencoba makanan lain. Salah satunya adalah menikmati wasabi, yakni masakan khas asal Jepang yang bisa dijumpai saat menyantap sushi.

Wasabi dianjurkan untuk yang memiliki reaksi bersin-bersin saat kontak dengan alergen. Konsumsinya bisa melegakan hidung sehingga pernafasan lancar dan bersin-bersin pun berkurang.

Yogurt

Mengkonsumsi susu fermentasi seperti yogurt memang sudah sejak lama disebut sebagai kebiasaan baik. Kandungan bakteri baik di dalamnya efektif menjaga kesehatan pencernaan.

Menariknya yogurt juga masuk ke dalam daftar makanan yang membantu meredakan alergi secara alami. Anda bisa mencoba rutin mengkonsumsinya dari sekarang supaya reaksi alergi yang dialami lebih ringan dan cepat reda.

Buah Nanas dan Jambu Biji

Beberapa jenis buah diketahui juga bagus untuk meredakan reaksi alergi yang dialami, yakni buah nanas dan jambu biji. Buah nanas mengandung senyawa bromelain yang membantu meringankan gangguan di saluran nafas.

Seperti meredakan sesak nafas, maupun gangguan lain sehingga cocok dikonsumsi rutin oleh pemilik alergi tungau, serbuk sari bunga, maupun debu yang menyerang saluran nafas.

Selain nanas, terdapat pula jambu biji yang mengandung Vitamin C. Asupan Vitamin C alami dari jambu akan membantu tubuh yang mengalami alergi memproduksi histamin.

Histamin sendiri adalah zat alami yang dibentuk tubuh ketika mengalami alergi. Seperti kulit ruam, gatal, biduran, mengalami bersin, atau mungkin mual-mual.

Teh untuk Alergi dan Sumber Omega 3

Konsumsi makanan yang mengandung omega 3 juga berdampak positif bagi kondisi alergi yang dialami. Omega 3 ini secara alami akan meredakan inflamasi atau radang yang biasa dialami penderita alergi saat kambuh.

Kontak dengan alergen akan membuat tubuh mudah mengalami radang, reaksi fisik yang mudah dilihat adalah kulit yang ruam dan bengkak.

Jadi, silahkan mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 secara rutin. Ada banyak jenis makanan yang memiliki kandungan ini dan utamanya berasal dari jenis ikan-ikanan. Seperti ikan tongkol maupun ikan salmon.

Konsumsi daftar makanan di atas secara teratur bisa membantu meringankan kondisi alergi yang dialami.

Memiliki alergi pada makanan atau mungkin lingkungan seperti debu dan lainnya memang menuntut untuk lebih berhati-hati dalam beraktivitas.

Supaya reaksi alergi yang muncul saat terjadi kontak dengan alergen tidak berlebihan, silahkan rutin mengkonsumsi makanan-makanan di atas.

Khusus untuk teh, Anda sebaiknya memilih teh berkualitas sekalipun harga teh hijau dan teh jenis lain yang kualitasnya premium memang mahal.

Namun efeknya akan lebih maksimal sebab kualitasnya terjamin yang membuat kandungan nutrisinya juga terjamin. Anda bisa memesannya di Daun Seduh, dijamin mendapatkan teh kualitas premium.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: