teh untuk darah tinggi

Teh untuk Darah Tinggi, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Adanya manfaat teh untuk darah tinggi membuat siapa saja bisa mencoba rutin meminumnya manakala memiliki hipertensi. Hipertensi atau darah tinggi merupakan kondisi dimana tekanan darah berada di atas ambang normal.

Penyebabnya adalah karena adanya penyumbatan di pembuluh darah sehingga tekanan darah mengalami peningkatan.

Masalah kesehatan ini memang mudah dijumpai karena ada banyak orang menderitanya, khususnya bagi orang yang mengalami kegemukan.

Meski sudah dianggap sebagai penyakit yang lumrah namun penderitanya memiliki resiko besar mengalami stroke, serangan janrung, kebutaan, dan bahkan kematian.

Mencari Tahu Manfaat Teh untuk Darah Tinggi

Jumlah penderita hipertensi terus merangkak naik dan penyebabnya sendiri cukup banyak, rata-rata disebabkan faktor pola makan tidak sehat.

Umumnya penderita hipertensi akan sangat mengandalkan kinerja obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Sayangnya, konsumsi obat ini akan berlangsung seumur hidup jika tidak ingin mengalami resiko gagal jantung.

Konsumsi obat dalam jangka panjang bukan tanpa resiko, karena berdampak pada kesehatan organ vital dan salah satunya ginjal. Oleh sebab itu penderitanya dianjurkan pula untuk memperbaiki gaya hidup menjadi lebih sehat.

Supaya tidak selalu bergantung pada obat untuk menormalkan tekanan darah yang sempat meroket naik.

Sebuah penelitian menyebutkan jika teh memberikan efek positif untuk penderita hipertensi. Khususnya untuk jenis teh oolong yang mampu membantu menurunkan tekanan darah hingga 50%.

Konsumsi rutin secangkir saja dalam sehari bisa memberikan efek yang menguntungkan tersebut. Inilah alasan mengapa banyak penderita hipertensi mencoba membiasakan diri minum secangkir teh setiap harinya.

Keuntungan Memanfaatkan Teh untuk Darah Tinggi

Ada banyak cara bisa ditempuh untuk membantu meningkatkan kualitas hidup para penderita hipertensi. Rutin minum seduhan teh oolong maupun teh hijau setiap hari menjadi salah satu pilihannya dan tergolong alami.

Menariknya ketika langkah alami dengan teh ini ditempuh, akan ada lebih banyak keuntungan bisa dirasakan.

Berikut merupakan detail keuntungan tambahan yang bisa dirasakan manakala menjadikan manfaat teh untuk darah tinggi sebagai pilihan:

Menekan Resiko Hipertensi

Sekitar 90% dari total penderita hipertensi berakhir dengan kondisi stroke, sisanya mengalami gagal jantung. Sangat mengerikan bukan? Maka penderita hipertensi dianjurkan sangat teliti memperhatikan pola makan agar resiko tersebut tidak terlalu besar.

Apabila ingin mendapatkan alternatif lebih mudah untuk diterapkan, maka mulai dari sekarang bisa rutin minum secangkir teh oolong. Bisa juga meminum teh hijau karena bisa membantu menstabilkan tekanan darah.

Efek jangka panjangnya tentu saja meminimalkan resiko mengalami stroke, kebutaan, serangan jantung, dan juga kematian.

Solusi untuk Berhemat

Ada beberapa jenis obat apotek yang wajib dikonsumsi seumur hidup bagi para penderita hipertensi. Kira-kira berapa biaya yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan obat ini?

Tentu sangat banyak apalagi jika dikalikan dengan berapa bulan Anda masih mampu bernafas.

Memilih rutin minum teh dengan cara sehat, yakni tanpa tambahan gula dan bahan apapun. Menjadi alternatif untuk berhemat karena tidak harus bergantung pada obat-obatan yang harganya mahal.

Tidak pula harus dikonsumsi seumur hidup, sehingga menjadi pilihan yang tepat untuk menghemat biaya berobat.

Teh untuk Darah Tinggi Bebas Efek Samping

Penggunaan obat-obatan khusus hipertensi memang memberi hasil instan, hanya saja perlu dikonsumsi rutin sampai akhir hayat. Obat-obatan ini tentu bukan obat alami yang akan memberi efek buruk bagi kesehatan ginjal.

Efek samping menjadi resiko tersendiri yang musti siap dihadapi.

Namun, ada kabar baik. Yakni dengan mengganti ataupun mengkombinasikan obat tersebut dengan teh hijau ataupun teh oolong. Rutin minum teh yang lebih alami tentu lebih aman bagi ginjal dan jantung, sebab tidak memberi efek samping.

Asalkan diseduh dengan benar, yakni memperhatikan takaran teh dan air yang digunakan untuk menyeduh.

Membantu Meredakan Stress

Teh ternyata juga diperkaya zat unik yang memberi efek relaksasi, sehingga penderita hipertensi bisa meminimalkan serangan stress. Dalam kondisi sakit dan khususnya penyakit menahun seperti hipertensi yang tidak bisa sembuh 100%.

Tentu penderitanya rentan mengalami stress, disinilah manfaat tambahan rutin minum teh yang bisa membantu menenangkan pikiran. Sehingga bisa membantu meredakan stress yang dialami.

Selain rutin minum teh, penderita hipertensi sebaiknya juga memperhatikan pola makan. Sebab pola makan yang benar khususnya mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan jantung dan melancarkan peredaran darah.

Nantinya bisa memberi hasil optimal, yakni memperpanjang harapan hidup penderita sekaligus memastikan resiko mengalami stroke dan lainnya semakin kecil.

Tips Menyeduh Teh untuk Darah Tinggi

Teh bukanlah jenis minuman yang bisa diseduh secara asal, jika mencari rasanya saja maka tidak masalah asal diseduh. Namun, jika ingin mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan maupun kecantikan.

Maka penting untuk memperhatikan proses penyeduhan agar kandungan baik di dalamnya tidak rusak selama penyeduhan tersebut.

Simak tips berikut agar proses menyeduh teh yang ditujukan untuk meringankan keluhan hipertensi tidak lagi keliru:

Gunakan Air Hangat

Baik teh oolong maupun teh hijau, lebih ideal diseduh dengan air hangat dengan suhu antara 70-80 derajat Celcius saja. Mengapa? Sebab kandungan atioksidan jenis apapun di dalam teh akan rusak ketika bersentuhan dengan suhu tinggi.

Jadi, memakai air panas adalah kesalahan yang tentu jangan sampai dibiasakan.

Penyeduhan Sebaiknya 3 Menit Saja

Menyeduh teh yang berkualitas sebaiknya tidak terlalu lama, standart antara 3 menit sampai maksimal 5 menit. Jika terlalu lama maka efeknya hasil seduhan lebih kental, tak hanya warnanya yang semakin merah.

Namun juga membuat rasanya lebih pahit dan rasa sepatnya lebih kuat. Kandungan kafein juga meningkat, sehingga malah kurang bagus untuk penderita hipertensi.

Minum Selagi Masih Hangat

Agar kandungan baik di dalam teh terserap dengan maksimal oleh tubuh maka dianjurkan diminum dalam kondisi hangat. Sebab ketika minum teh yang suhunya tidak berbeda jauh dengan suhu tubuh yang normalnya memang hangat.

Maka lebih mudah dicerna, efek positif untuk hipertensi akan lebih lekas terasa. Jadi, jangan menunggu sampai dingin, sebab selain lebih sulit diserap tubuh juga membuat rasanya lebih pahit dan sepat.

Teh yang merupakan minuman alami tentu menjadi pilihan terbaik untuk menemani aktifitas sekalipun mengalami hipertensi. Silahkan mencoba rutin meminumnya, dan hasil lebih baik ketika diseduh dengan tepat sesuai yang dijelaskan di atas.

Sekaligus perlu memilih teh dengan kualitas yang baik agar kandungannya juga lebih tinggi, sehingga hasilnya lebih maksimal.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: