teh untuk diet sehat

Teh untuk Diet Sehat yang Memberi Hasil Maksimal dan Tetap Aman

Seringkah mendengar rekomendasi mengkonsumsi teh untuk diet sehat dan memberi hasil efektif namun tetap alami? Rupanya informasi ini bukanlah kabar angin semata melainkan memang benar adanya.

Sebab sudah banyak penelitian dilakukan terhadap beberapa jenis teh dalam mengetahui kemampuannya mendukung diet.

Menikmati secangkir teh setiap harinya dapat membantu menjaga kesehatan tubuh sekaligus menurunkan berat badan. Meskipun minum teh tidak pernah diresepkan oleh dokter dan ahli gizi dalam membantu pasiennya untuk diet.

Namun secara alami, teh memiliki kemampuan yang baik untuk meningkatkan fungsi di dalam tubuh. Salah satunya membantu tubuh tetap terhidrasi sehingga menurunkan resiko mengalami obesitas.

Berkenalan dengan Jenis-Jenis Teh untuk Diet Sehat

Menurut penuturan spesialis teh DAVIDsTEA yakni Billy Dietz dan juga Kristina Richens, teh memiliki kemampuan memperbaiki kondisi tubuh. Terdapat sejumlah jenis teh yang bisa dikatakan sebagai pendamping yang baik dalam menjalankan diet.

Sebab memiliki kemampuan mempercepat pembakaran lemak secara alami melalui kemampuannya memperbaiki metabolisme tubuh.

Apa saja jenis teh yang dimaksudkan? Berikut merupakan beberapa jenis teh tersebut yang tentu cocok dipertimbangkan untuk menemani diet alami:

Teh Hijau Merupakan Teh untuk Diet Sehat Terbaik

Siapa yang tidak kenal dengan teh hijau yang juga sering disapa dengan sebutan green tea? Dijamin semua orang, termasuk Anda sering mendengar jenis teh ini disebutkan.

Tidak hanya dikenal bagus untuk kesehatan akan tetapi juga dikenal efektif dalam mendukung program diet. Tak hanya daun kering teh hijau saja namun juga matcha yang merupakan tek hijau dalam bentuk bubuk punya khasiat yang sama.

Teh jenis ini sangat terkenal dalam membantu diet alami karena sangat efektif memperbaiki metabolisme tubuh.

Dilansir pula dari Pop Sugar yang mencantumkan hasil penelitian teh hijau yang dilakukan oleh American Journal for Clinical Nutrition.

Dalam penelitian tersebut menunjukan teh hijau memiliki kemampuan meningkatkan kemampuan tubuh dalam melakukan oksidasi lemak.

Pada matcha pun diketahui memiliki kemampuan mencegah pembentukan sel lemak baru di dalam tubuh. Kemampuan ini dimiliki teh hijau dan matcha dari kandungan katekin di dalamnya yang membantu pelepasan lemak dari sel lemak.

Sekaligus punya kemampuan untuk mendukung organ hati atau liver agar mengubah lemak menjadi energi dengan lebih cepat. Silahkan menjadikannya pilihan, apalagi ada beragam harga teh hijau di pasaran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Teh Diet Jenis Teh Oolong

Tak hanya teh hijau, teh oolong yang juga terkenal di Tiongkok memiliki kemampuan yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Teh jenis ini bisa memperbaiki metabolisme agar pembakaran lemak dan kalori yang berasal dari asupan makanan harian lebih maksimal.

Sehingga memperlambat proses terbentuknya lemak di dalam tubuh karena tercerna dengan baik, termasuk lemak dan kalori.

Teh oolong juga bisa dijadikan pilihan jika merasa kurang cocok dengan rasa khas teh hijau yang cenderung lebih sepat dan pahit. Rasa berbeda dari teh hijau karena oolong sendiri memiliki proses pengolahan yang berbeda, dan sedikit lebih panjang.

Rasa dan aromanya lebih ringan sehingga cenderung lebih cocok untuk penikmat teh pemula.

Teh Hitam yang Bantu Luruhkan Lemak

Berbeda dengan kebanyakan jenis teh lain yang tidak mengalami fermentasi, teh hitam menjadi satu-satunya yang melewati proses tersebut. Hasilnya teh jenis ini memiliki kafein lebih tinggi dibanding teh jenis lainnya.

Namun tetap aman dikonsumsi ibu hamil sekalipun selama tidak berlebihan karena kafeinnya tidak setinggi kopi.

Teh hitam juga direkomendasikan untuk diet karena bisa diminum sebelum berolahraga. Kandungan kafein di dalamnya membantu meningkatkan energi, sehingga bisa lebih bersemangat berolahraga.

Pada akhirnya dari kegiatan olahraga tersebut tubuh secara alami mampu membakar kalori lebih banyak dari biasanya. Sehingga cocok untuk Anda yang berniat diet bersama kegiatan olahraga rutin.

Pilih kualitas premium untuk hasil terbaik, dan bisa dikatakan harga teh hitam ini tidaklah terlalu mahal dibandingkan teh lainnya.

Teh Putih yang Bagus untuk Diet Alami

Penelitian terbaru yang dimuat dalam Journal Nutrition and Metabolism menunjukan teh putih atau white memiliki sifat yang sama dengan teh hijau dan matcha.

Yakni membantu mencegah pembentukan sel lemak baru sekaligus mempercepat oksidasi lemak di dalam tubuh. Rutin meminumnya minimal secangkir sehari bisa memaksimalkan penurunan berat badan.

Teh putih juga menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang sama sekali tidak cocok dengan rasa khas teh hijau maupun oolong dan teh hitam. Sebab rasa yang dimiliki lebih ringan dan hasil seduhannya pun sekilas nampak bening.

Namun harum dan sedikit manis sehingga lebih mudah diterima lidah siapa saja. Bahkan dikenal pula sebagai teh dengan kandungan antioksidan paling tinggi karena dibuat dari pucuk tanaman teh yang masih menggulung.

Teh Herbal dari Berbagai Jenis Tanaman

Tak hanya hasil panen tanaman teh jenis camelia sinensis saja yang bisa disebut teh, sebab tanaman jenis apapun yang diseduh. Juga sudah bisa disebut teh dan beberapa jenis tanaman herbal memiliki kemampuan yang baik untuk membantu diet alami.

Anda yang ingin mencoba teh herbal agar bisa kurus dan mendapatkan manfaat lainnya bisa mencoba rutin meminumnya.

Biasanya teh herbal sendiri merupakan campuran dari beberapa jenis tanaman, baik bagian bunga, batang, maupun daun. Tanaman ini kebanyakan dikeringkan dulu kemudian diseduh dengan air panas dan diminum.

Sensasi rasa dan aroma jelas berbeda dengan daun teh aslinya, namun bisa memberikan manfaat menarik bagi tubuh termasuk untuk membantu diet.

Tanaman herbal yang diketahui membantu diet alami dimulai dari batang kayu manis, daun papermint, dan daun gymnema. Menyeduh salah satunya dengan air panas ataupun dikombinasikan satu sama lain akan memberi manfaat serupa.

Bahkan tanaman herbal ini juga aman dicampurkan dengan daun teh camelia sinensis, sehingga bisa dijadikan sebagai pertimbangan.

Tips Menyeduh Teh untuk Diet Sehat

Diet alami memang membutuhkan waktu lebih lama untuk memperlihatkan hasilnya, maka pelaku dietnya musti sabar dan tekun.

Tidak mengherankan jika banyak pelaku diet mencoba berbagai cara untuk mempercepat hasil penurunan berat badan.

Selama memilih yang alami dan sudah terbukti aman dari berbagai penelitian, maka layak untuk dicoba.

Salah satunya adalah rutin minum seduhan teh, antara 1-4 cangkir per hari untuk membantu diet alami. Pilih jenis teh yang tepat seperti uraian di atas untuk mendapatkan hasil diet yang lebih memuaskan.

Selain itu perlu menyeduhnya dengan benar karena kandungan di dalam teh bisa rusak hanya karena salah menakar air, mengukur suhu air, dan takaran minumnya.

Apabila berniat diet dengan bantuan teh yang sudah disebutkan di atas, maka perlu diseduh dengan benar.

Gunakan suhu air yang tidak terlalu panas dan idealnya antara 70 sampai 90 derajat, jadi saat air mendidih tunggu sebentar baru dituang ke gelas berisi daun teh.

Kecuali untuk teh putih dianjurkan memakai air yang benar-benar hangat bukannya yang panas.

Hindari pula penambahan gula, sekalipun untuk jenis teh hijau dan oolong maupun teh putih aman ditambahkan gula batu.

Pasalnya asupan makanan manis selain menambah asupan kalori juga meningkatkan kadar gula darah. Maka perlu dihindari.

Diet sehat semakin efektif dengan rutin meminum teh yang memang bermanfaat untuk merangsang pembakaran lemak. Temukan teh dengan kualitas terbaik di Daun Seduh untuk hasil yang lebih memuaskan.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: