teh untuk kecantikan

Teh untuk Kecantikan yang Manfaatnya Sangat Beragam

Pemanfaatan teh untuk kecantikan sepertinya sudah dilakukan sejak lama dan terus berkembang hingga sekarang. Terbukti dari semakin banyak produk kecantikan yang menjadikan teh jenis tertentu sebagai bahan utama.

Pemanfaatan ini tidak terlepas dari kandungan baik di dalam teh yang efektif menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Namun, untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut ternyata tak melulu harus membeli produk kecantikan berbahan baku teh.

Akan tetapi juga bisa didapatkan dengan rutin meminum seduhannya, baik seduhan teh hijau maupun jenis teh lain. Masing-masing teh memiliki kandungan baik bagi tubuh sehingga memberikan manfaat yang lebih kompleks.

Mengenal Berbagai Manfaat Teh untuk Kecantikan

Banyak ahli teh mengungkapkan dan menganjurkan untuk rutin minum teh antara 3-4 cangkir setiap harinya. Rupanya minum teh tak hanya memberi dampak positif bagi kesehatan namun juga bagi kecantikan. Berikut adalah detail manfaat yang diberikan seduhan teh terhadap kecantikan kulit:

Teh Dapat Mencerahkan Kulit

Ingin memiliki kulit yang cerah secara alami atau ingin mengembalikan warna cerah kulit setelah terbakar sinar matahari? Selain melakukan perawatan kulit secara rutin di klinik kecantikan,

Anda juga bisa mempertimbangkan rutin meminum teh sebagai alternatif.

Sebab di dalam teh terdapat kandungan Vitamin C yang efektif mengembalikan warna cerah alami kulit. Sedangkan bagi siapa saja yang bermasalah dengan kulit gelap sejak lahir bisa mendapati warna kulitnya lebih cerah beberapa tingkat.

Tentunya efek ini bisa dirasakan jika rutin dilakukan, maka segera saja membiasakan diri minum teh.

Hasil akan lebih maksimal jika memakai teh untuk perawatan kulit, misal air seduhan teh hijau dibuat sebagai toner setelah dicampur air mawar. Bisa pula memakai ampas teh hitam maupun teh hijau sebagai masker.

Sehingga bisa mendapatkan manfaat teh dari dalam dan dari luar.

Teh Dapat Menjadi Anti Penuaan Dini

Anti oksidan yang di temukan di dalam teh dapat mengatasi kerusakan kulit akibat serangan radikal bebas untuk membantu mencegah garis-garis halus yang mulai bermunculan.

Paparan asap rokok, asap kendaraan, dan juga sinar UV berbahaya dari sinar matahari menjadi pemicu proses penuaan dini.  Rutin minum seduhan teh bisa membantu memerangi serangan tersebut sehingga bisa terlihat awet muda.

Sama seperti halnya point sebelumnya, jika ingin mendapatkan hasil optimal maka bisa memakai teh untuk perawatan luar, yakni dijadikan toner atau masker wajah.

Mengurangi Jerawat

Jerawat muncul karena adanya peradangan di kulit yang terjadi akibat infeksi dari bakteri maupun penyumbatan di pori-pori kulit. Teh sendiri mengandung sifat anti inflamasi yang membantu mengatasi peradangan.

Selain itu juga bersifat anti bakteri, sehingga efektif memerangi bakteri penyebab jerawat. Rutin diminum ataupun diaplikasikan langsung ke kulit dapat membantu mengurangi, mengatasi, maupun mencegah munculnya jerawat.

Teh untuk Kecantikan Mata

Usai menyeduh teh favorit, sebaiknya tidak buru-buru membuang ampas tehnya terutama untuk teh hijau dan teh hitam. Simpan dulu di dalam kulkas karena bisa dipergunakan sebagai masker mata untuk mengatasi mata panda.

Lingkaran hitam di bawah mata membuat wajah nampak kusam, lelah, dan terlihat kurang tidur. Rutin mengompres mata dengan ampas teh bekas yang sudah dibungkus kain bersih ataupun kain kasa bisa dilakukan.

Sebab teh mampu mengecilkan pembuluh darah di bawah kulit mata, sehingga bisa membantu memudarkan garis hitam di bawah mata.

Apabila rutin dilakukan, maka mata kembali cerah dan wajah nampak sehat berseri untuk menjadikan penampilan lebih menarik.

Scrub

Proses scrubbing diperlukan untuk membuang sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Ampas teh bisa dimanfaatkan sebagai scrub alami agar kulit bersih maksimal, baik dari tumpukan sel kulit mati maupun kotoran jenis apapun.

Caranya cukup mudah, yakni cukup mencampurkan ampas teh yang sudah diseduh dengan sedikit gula pasir. Tambahkan sedikit air dan kemudian diaduk rata baru setelah itu diaplikasikan ke kulit wajah dan dipijat perlahan dengan gerakan memutar.

Lakukan perawatan ini seminggu sekali untuk hasil maksimal, supaya kulit wajah terlihat bersih dan cerah karena tidak ada lagi penumpukan kotoran dan sel kulit mati.

Teh untuk Kecantikan Rambut

Kandungan baik di dalam teh juga memberikan manfaat menarik untuk kecantikan dan kesehatan rambut. Anda bisa memakai air seduhan teh yang sudah didiamkan semalaman untuk membilas rambut usai keramas.

Pijat perlahan sebentar untuk membuat kandungan baik di dalam teh terserap oleh kulit kepala dan akar rambut.

Lalu bilas dengan air bersih, dan jika rutin dilakukan maka rambut akan nampak lebih berkilau dan membantu meminimalkan kerontokan rambut.

Lip Balm

Air seduhan teh juga dapat dimanfaatkan sebagai lip balm untuk mengurangi bibir pecah-pecah. Teh dapat langsung menghidrasi bibir dan membuatnya lebih segar.

Caranya, seduh daun teh dengan air hangat lalu oleskan sedikit demi sedikit pada bibir untuk membantu melembabkan bibir yang pecah-pecah tadi. Seduhan ini bisa dijadikan pengganti produk lip balm di pasaran yang ternyata kurang cocok di bibir Anda.

Mengecilkan Pori-Pori

Memiliki pori-pori yang besar sering kali membuat Anda kurang percaya diri. Teh hijau dapat membantu mengecilkan pori-pori dengan cara yang alami. Caranya, rebus teh hijau lalu biarkan hingga dingin.

Campurkan dengan beberapa clay mask yang mempunyai tekstur padat. Buat masker wajah dan tunggu sampai kering. Selanjutnya bilas menggunakan air hangat yang bersih.

Lewat cara ini pori-pori kulit yang tadinya besar, perlahan akan mengecil dan menjadikan kulit nampak halus dan mulus.

Ada banyak hal bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat teh untuk kecantikan, dan beberapa bisa dilakukan sendiri di rumah. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jadi tidak perlu ragu lagi untuk mencobanya. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: