tips minum es teh

Tips Minum Es Teh Secara Sehat Tanpa Rasa Menyesal

Saat cuaca terik dijamin tergiur untuk menikmati segelas es teh yang menyegarkan, namun sudahkah memperhatikan tips minum es teh tersebut?

Minuman bernama es teh ini dijamin sangat familiar bagi siapa saja yang tinggal di Indonesia. Sebab sudah menjadi minuman yang menghiasi banyak rumah makan sampai rumah sendiri.

Kehadirannya kerap disandingkan di meja makan untuk menemani aktifitas bersantap.

Tak sulit juga menjumpai seseorang menyeruput es teh untuk melepaskan dahaga, baik di dalam gelas maupun dibungkus plastik dilengkapi sedotan.

Selain menyegarkan, ternyata minum es teh juga menghadirkan manfaat beragam. Sebab pada dasarnya seduhan teh mengandung antioksidan dan senyawa lain yang bagus bagi kesehatan tubuh.

Hanya saja untuk merasakan manfaat ini perlu memperhatikan waktu minum sampai proses penyeduhan.

Alasan Perlu Tahu Tips Minum Es Teh yang Benar

Es teh biasanya diseduh dari teh hitam dan sedikit sekali yang menggunakan teh hijau maupun matcha. Apalagi jenis teh lain yang memang cukup beragam dan belum terlalu populer.

Hanya saja di mata banyak orang yang sudah sadar akan pentingnya gaya hidup sehat. Memberi label negarif pada minuman es teh, sebab mengandung gula.

Tak hanya meningkatkan kadar gula dalam darah namun juga memicu obesitas jika terlalu sering diminum.

Sifat teh yang mengikat nutrisi juga membuat paradigma es teh semakin buruk, karena otomatis membuatnya tidak cocok disandingkan saat bersantap.

Alih-alih mendapatkan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi, yang ada nutrisinya diikat teh dan sulit diserap tubuh. Memahami karakter sebenarnya dari es teh maka penting untuk menyeduhnya dengan benar.

Sekaligus menikmatinya di waktu yang tepat, agar tak hanya sukses mengusir dahaga. Namun memberi nilai lebih pada kesehatan Anda, sebab sumbangsihnya sendiri cukup besar.

Detail Tips Minum Es Teh Agar Tinggi Manfaat

Agar Anda tidak merasa khawatir saat menikmati es teh atau menyesal setelah meminumnya. Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar manfaat teh yang baik bagi tubuh bisa dirasakan:

Jangan Minum Dalam Keadaan Perut Kosong

Apakah Anda suka minum teh di pagi hari? Jika begitu, sebaiknya ubah kebiasaan ini mulai sekarang. Pasalnya minum teh terutama yang dingin saat perut masih kosong dapat memicu gangguan lambung.

Karenanya jika Anda ingin minum es teh di pagi hari, sebaiknya konsumsi makanan terlebih dulu. Minum satu jam setelah sarapan agar tidak mengalami maag sekaligus memastikan nutrisi menu sarapan terserap sempurna oleh tubuh.

Sebenarnya bagi Anda yang tidak ada keluhan maag maupun gastritis tidak ada masalah minum es teh saat perut masih kosong. Hanya saja cukup segelas kecil saja untuk memastikan kebiasaan ini tidak menjadi pemicu maag di pencernaan Anda.

Hindari Kebiasaan Meminumnya Setelah Makan

Minum teh saat setelah makan memang seakan menjadi kebiasaan yang sulit untuk ditinggalkan. Apalagi jika hidangan yang santap adalah makanan yang pedas dan panas.

Teh dingin pasti menjadi pilihan minuman yang sempurna. Namun siapa yang tahu, kebiasaan ini ternyata tidak sehat. Sebab minum teh langsung setelah makan dapat mengganggu penyerapan zat besi dan kinerja pencernaan.

Oleh sebab itu selalu dianjurkan untuk memberi jeda, paling tidak satu jam setelah makan. Ketika selesai makan Anda bisa minum air putih terlebih dahulu dan jika mengkonsumsi makanan pedas.

Maka bisa memilih minum susu untuk mengurangi efek pedas di lidah yang menempel. Baru setelah itu minum es teh untuk membantu memenuhi keinginan Anda menikmati kesegarannya.

Jangan Minum Bersama dengan Obat

Biasanya untuk memudahkan minum obat, orang asal meminumnya dengan berbagai minuman termasuk teh. Tapi sebaiknya jangan lakukan cara ini karena teh bisa menyebabkan khasiat obat berkurang.

Hal ini karena interaksi obat dan teh dapat menimbulkan reaksi buruk pada tubuh. Ditambah nutrisi di dalam obat akan sulit dicerna atau diserap tubuh sehingga lebih dianjurkan diminum dengan air putih.

Tips Minum Es Teh agar Tidak Diseduh Terlalu Lama

Ketika membuat es teh, cukup seduh daun teh dengan air panas sekitar 4-5 menit saja. Waktu penyeduhan ini sudah cukup untuk mendapat manfaat maksimum dari teh.

Jangan menyeduhnya terlalu lama karena bukan hanya rasanya yang menjadi pahit namun juga sifatnya yang menjadi beracun.

Kandungan tanin akan berlebihan seiring dengan tingkat kepekatan teh yang semakin tinggi. Jika menyeduh teh hitam maka kandungan kafeinnya pun akan meningkat sehingga akan kurang bagus bagi tubuh.

Apalagi jika dibiasakan maka asupan kafein dan tanin menjadi berlebihan, efeknya akan kurang menyenangkan.

Usahakan Tidak Minum Terlalu Malam

Selain kopi, teh juga mengandung kafein yang dapat membuat Anda tetap terjaga meski sudah lelah. Oleh sebab itu agar tidur Anda di malam hari tidak terganggu, usahakan untuk tidak minum teh menjelang waktu tidur.

Jika dihindari Anda bisa lebih mudah tidur nyenyak dan terhindar dari insomnia.

Namun ada manfaat tersendiri jika minum teh hijau atau teh putih sebelum tidur, maka dianjurkan diminum 2-3 jam sebelum tidur. Sebab teh sendiri bisa memberi efek tidak bisa tidur.

Namun jika waktu minumnya tepat dan lumayan jauh dari jam tidur Anda maka akan memberi efek relaksasi. Tidur pun menjadi lebih nyenyak, ketika bangun pun tubuh lebih bugar.

Batasi Jumlah Konsumsi Setiap Hari

Karena rasanya yang sangat menyegarkan, kebanyakan orang seringkali minum es teh kapanpun. Tanpa tahu seberapa banyak yang telah diminum sebelumnya sehingga ada kecenderungan terlalu berlebihan.

Hal ini sangat tidak baik untuk tubuh karena menerima asupan teh berlebih dapat menyebabkan munculnya gangguan pada saluran cerna. Sebab itulah, sebaiknya batasi konsumsi teh Anda antara 2-3 gelas sehari.

Tips Minum Es Teh Tanpa Gula

Membantu menikmati es teh secara lebih sehat maka dianjurkan dinikmati dalam kondisi tawar. Artinya tidak menambahkan gula agar tidak memicu diabetes maupun obesitas seperti yang disinggung di awal.

Jika memesan es teh di café atau restoran maka Anda bisa meminta pelayan tidak menambahkan gula.

Mengikuti tips-tips ini, Anda tidak perlu lagi berusaha keras menolak kesegaran es teh. Sebab jika diminum sesuai aturan yang benar, teh tidaklah berbahaya dan justru bisa memberi banyak manfaat bagi tubuh tanpa efek negatif.

Nikmati teh berkualitas untuk sensasi dan manfaat lebih baik, Anda bisa mendapatkannya di Daun Seduh.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: