tips sehat minum es teh manis

Tips Sehat Minum Es Teh Manis Agar Bebas Diabetes

Pernahkah mendengar informasi mengenai tips sehat minum es teh manis? Selama ini, Anda mungkin lebih sering mendengar bahwa mengkonsumsi es teh manis bisa memicu diabetes.

Sehingga ketika menyebutkan nama es teh manis maka akan berujung pada konotasi negatif. Tak hanya dianggap memicu diabetes namun juga menyebabkan obesitas karena asupan kalori maupun gula meningkat.

Pada dasarnya konsumsi es teh manis tidak akan memicu obesitas maupun diabetes asalkan dikonsumsi dengan benar. Pertanyaannya, sudahkah Anda meminum minuman sejuta umat ini dengan baik dan benar supaya ramah bagi kesehatan?

Fakta Mengenai Teh Mencegah Diabetes

Selama mengkonsumsi teh manis dengan benar maka yang terjadi bukanlah memicu masalah kesehatan melainkan sebaliknya. Jadi terdapat sejumlah fakta menarik yang menunjukan jika konsumsi teh manis bisa mencegah resiko diabetes maupun obesitas.

Fakta pertama adalah dari kebiasaan masyarakat Jepang yang mengkonsumsi teh secara rutin. Kebiasaan ini bahkan menjadi budaya yang kemudian membuat masyarakat di Jepang lebih sehat dan berumur panjang.

Rupanya kebanyakan teh yang dikonsumsi adalah teh hijau, yang kemudian diminum tanpa pemanis. Namun khasiatnya bagi kesehatan tidak akan luntur jika menggunakan pemanis alami seperti madu asli.

Opsional lain bagi masyarakat Indonesia adalah menambahkan gula batu, agar zat baik di dalam teh tidak hilang.

Selama ini teh diketahui bisa menyebabkan penyakit diabetes. Namun, setelah dilakukan pengujian, ada kandungan yang disebut dengan polifenol. Kandungan ini ternyata memiliki peran untuk menghambat penyerapan gula dalam darah.

Apa yang terjadi? Ketika penyerapan gula dalam darah terhambat, maka risiko terkena diabetes bisa ditekan.

Tidak hanya itu saja, orang yang suka mengkonsumsi es teh manis ternyata menjadikan mereka kurang suka makanan manis. Sehingga bagi siapa saja yang suka camilan manis bisa menguranginya dengan rutin minum teh manis asal tidak berlebihan.

Diabetes bisa disebabkan karena asupan gula di dalam tubuh berlebihan dan sumbernya tidak melulu dari es teh manis. Bisa jadi asupan makanan manis yang kelewat banyak sehingga tidak serta merta karena teh manis yang diminum.

Justru ketika es teh manis ini dikonsumsi tidak berlebihan, yakni 1-2 gelas saja sehari. Maka tidak akan menyebabkan diabetes melainkan kebalikannya, sebab teh memiliki polifenol yang membantu menurunkan resiko diabetes.

Tips Sehat Minum Es Teh Manis

Penjelasan tersebut di atas semoga membuat Anda lebih obyektif. Terdapat potensi buruk dan juga potensi baik ketika Anda mengkonsumsi teh manis.

Point yang perlu Anda lakukan sekarang adalah bagaimana agar potensi buruk tersebut bisa ditekan sehingga hanya mendapatkan sisi baik dari minum es teh. Berikut ini tips yang bisa Anda terapkan:

Tips Sehat Minum Es Teh Manis dengan Gula Jawa

Sudah pernah coba minum es teh manis segar dengan gula jawa? Sebenarnya, hal ini sangat lazim dilakukan terutama orang-orang tua di zaman dahulu. Dulu, di desa hanya ada gula jawa. Belum banyak gula pasir, hampir semua minuman manis menggunakan gula jenis ini.

Ternyata, minum es teh dengan gula jawa jauh lebih aman. Saat ini, mereka yang berpotensi terkena diabetes sangat disarankan mengganti gula pasir dengan gula jawa. Anda bisa coba membuat es teh manis dengan gula jawa, dan dijamin tak kalah segar dengan es teh yang dicampur gula pasir.

Pada dasarnya, orang yang berisiko terkena diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang GI atau glycemic index nya rendah. Ternyata, salah satunya adalah gula jawa, sebab GI gula jawa hanya 35 bandingkan saja dengan gula pasir yang GI nya mencapai 50.

Perhatikan Porsi

Apapun itu, jika dikonsumsi maupun digunakan berlebihan pasti memberi efek yang tidak baik. Sekalipun untuk makanan dan minuman yang sifatnya alami, sebab terdapat kandungan zat unik di setiap makanan dan minuman tersebut.

Begitu juga dengan teh, meskipun di dalam teh terdapat kandungan polifenol yang menguntungkan bukan berarti banyak minum teh itu bagus.

Sebaiknya cukup minum teh satu atau dua gelas setiap harinya dan jangan sampai berlebihan. Jangan setiap kali makan atau setiap kali bersantai Anda mengkonsumsi teh, ganti dengan minuman yang lainnya.

Biasakan tidak makan ditemani es teh manis maupun tawar karena teh punya sifat mengikat nutrisi. Jika Anda tidak mau nutrisi dari makanan yang disantap tidak diserap tubuh, maka pilih minuman lainnya saja.

Membaca informasi atau penjelasan di atas dijamin sudah semakin paham sifat es teh manis dan bagaimana mengkonsumsinya dengan aman. Sesekali menikmati es teh yang ditambahkan gula batu, gula merah, maupun gula jawa dan madu tetap terbilang aman.

Seduh sesuai dengan instruksi yang tertera dalam kemasan produk teh yang diminum agar bisa mendapat zat bermanfaat secara maksimal.

Pertimbangkan memilih teh kualitas premium atau jenis teh yang diperkaya dengan kandungan baik yang tinggi. Dimulai dari teh hijau, teh putih, maupun teh oolong yang memberi efek menguntungkan bagi tubuh ketika rutin diminum.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: