waktu minum teh hijau untuk diet

Waktu Minum Teh Hijau untuk Diet yang Tepat dan Efektif

Teh hijau dipercaya bagus untuk diet, namun perlu memperhatikan masalah waktu minum teh hijau untuk diet tersebut agar lebih efektif. Berbagai kandungan yang ada di dalamnya mampu membantu menurunkan berat badan secara efektif.

Terutama kandungan antioksidan yang berdasarkan berbagai penelitian dapat memperbaiki metabolisme tubuh.

Tujuan memperhatikan waktu minum seduhan teh hijau ini adalah untuk memastikan hasilnya efektif dalam merangsang penurunan berat badan.

Sebelum mempelajari lebih lanjut terkait jadwal minum yang dianjurkan ini, sebaiknya pahami dulu mengapa teh hijau cocok untuk diet.

Alasan Perlu Memperhatikan Waktu Minum Teh Hijau untuk Diet

Mungkin masih ada yang bertanya-tanya kenapa teh hijau cocok digunakan untuk diet. Sebenarnya, ada beberapa alasan yang mendasari mengapa demikian. Berikut ini adalah beberapa alasan yang harus dipahami calon peminumnya.

Salah satu alasan mengapa minuman ini dianggap cocok untuk menurunkan berat badan adalah karena teh hijau membantu mempercepat oksidasi lemak di dalam tubuh.

Hal ini yang kemudian membuat lemak menjadi lebih cepat terbakar.

Namun, selain membantu mempercepat oksidasi sehingga lemak cepat berkurang, rupanya di sisi lain ada banyak kandungan teh hijau yang bagus bagi kesehatan.

Misalnya, kandungan zat antioksidan yang bagus untuk membantu melawan serangan radikal bebas karena efektif meningkatkan daya tahan tubuh.

Mendapatkan manfaat teh hijau untuk diet dan kesehatan, ternyata perlu memperhatikan beberapa hal. Tak hanya memperhatikan kualitas teh sampai takaran minumnya namun juga perlu memperhatikan waktu minumnya.

Antioksidan di dalam teh adalah antioksidan alami yang ternyata mudah rusak jika keliru saat diolah, diseduh, ataupun pemilihan waktu konsumsinya.

Minum teh hijau di waktu yang kurang tepat dapat menghambat penyerapan antioksidan dan nutrisi lain di dalamnya. Tak bisa dihindari manfaatnya untuk memaksimalkan diet akan kurang terasa bahkan tidak terasa sama sekali.

Inilah Waktu Minum Teh Hijau untuk Diet yang Tepat

Ternyata, ada banyak kandungan baik di dalam teh hijau yang tidak hanya cocok digunakan untuk diet. Sebab bisa juga mendatangkan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh.

Supaya semua manfaat ini didapatkan maka musti memperhatikan waktu minumnya.

Ada beberapa waktu yang dipercaya bagus untuk minum teh hijau. Masing-masing waktu ini memiliki alasan sendiri mengapa demikian. Berikut adalah beberapa waktu yang dimaksudkan:

Waktu Minum Teh Hijau untuk Diet Adalah Sebelum Berolahraga

Waktu terbaik pertama untuk minum teh hijau yang tepat adalah sebelum berolahraga. Mengkonsumsi teh hijau biasanya dilakukan setengah jam sebelumnya.

Melakukan pengkonsumsian teh hijau sebelum berolahraga ini bukannya tanpa alasan.

Ada banyak hal positif yang dapat diperoleh darinya. Salah satunya adalah membantu meningkatkan kinerja tubuh selama berolahraga. Jadi, nantinya tubuh akan tetap terasa bugar dan semangat saat sedang berolahraga.

Efek yang sama juga bisa dirasakan saat minum teh hitam atau black tea, namun untuk diet lebih cocok tetap mengkonsumsi teh hijau.

Selepas Bangun Tidur

Selanjutnya, saat bangun tidur menjadi waktu terbaik pula untuk meminum teh hijau jika Anda berencana menjalankan diet. Minum teh hijau di pagi hari setelah bangun tidur bisa membantu meningkatkan mood dan energi untuk menjalani hari.

Hanya saja untuk Anda yang kebetulan punya maag atau gangguan pencernaan, sebaiknya minum teh setelah sarapan.

Berikan jeda sekitar satu jam baru diminum, sebab meminum teh hijau saat perut kosong bisa merangsang maag untuk muncul. Anda tentu tidak ingin diet yang dijalankan diwarnai maag yang menyiksa, bukan? Maka silahkan mengkonsumsi teh hijau di pagi hari namun setelah sarapan.

Sesudah Makan

Rupanya mengonsumsi teh hijau setelah makan tidak hanya berlaku ketika sarapan saja, namun juga berlaku setelah mengonsumsi makanan selain sarapan.

Yakni bisa setelah makan siang ataupun makan malam. Hanya saja, harus diperhatikan waktu konsumsi yang dianjurkan setelah makan.

Umumnya, waktu yang tepat digunakan untuk mengkonsumsi teh hijau adalah kurang lebih satu jam setelah makan. Jangan langsung mengkonsumsinya sesaat setelah makan atau di tengah makan itu sendiri.

Hal ini dapat membuat penyerapan nutrisi yang terjadi pada makanan menjadi terhambat.

Teh memiliki sifat mengikat nutrisi, sehingga tidak dianjurkan diminum sambil makan karena nutrisi dari makanan maupun teh tersebut tidak akan terserap tubuh.

Maka kebiasaan makan ditemani teh yang sudah membudaya di tanah air sebenarnya keliru. Minum obat dengan teh pun tidak dianjurkan, jadi perlu dijeda paling tidak satu jam.

Jika memilih minum teh hijau setelah makan malam maka usahakan diminum tiga jam sebelum tidur. Sebab bagaimanapun juga teh hijau mengandung kafein yang bisa menyebabkan kesulitan tidur.

Namun jika diminum tiga jam sebelumnya tak hanya bagus untuk diet namun bisa membuat tidur nyenyak karena punya efek relaksasi.

Sebelum Tidur

Dalam hal menurunkan berat badan, teh hijau dapat berfungsi efektif jika dikonsumsi dua sampai tiga jam sebelum tidur. Alasannya adalah karena proses oksidasi lemak terjadi saat Anda tidur malam.

Selain itu minum teh hijau menjelang tidur malam juga membantu memaksimalkan metabolisme tubuh meski sedang beristirahat. Sehingga meski tidur pun tubuh akan membakar tumpukan lemak lebih maksimal.

Akan tetapi, meminum teh hijau sebelum tidur juga memiliki efek negatif. Anda akan sulit tidur karena teh hijau memiliki fungsi serupa dengan kopi dalam menahan kantuk yang disebabkan oleh kandungan kafein yang terdapat di dalamnya.

Inilah alasan perlu diberi jeda sekitar dua sampai tiga jam sebelumnya, supaya bisa tetap tidur dan bahkan lebih berkualitas.

Menyimak penjelasan di atas tentu bisa diketahui bahwa untuk diet dengan teh hijau diperlukan konsistensi dan pengaturan jadwal minum yang tepat.

Pemilihan waktu yang tepat akan memaksimalkan hasil diet, penurunan berat badan menjadi maksimal.

Jika ingin lebih maksimal lagi maka usahakan memilih teh hijau berkualitas. Daun Seduh bisa dijadikan pilihan untuk mendapatkannya karena selalu menyediakan teh premium.

Tak hanya teh hijau dan teh hitam, namun juga ada variant lain. Seperti teh putih, genmaicha, dan matcha.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: