waktu terbaik konsumsi teh hijau

Waktu Terbaik Konsumsi Teh Hijau untuk Khasiat Maksimal

Teh hijau dikenal kaya akan kelebihan, namun perlu memperhatikan waktu terbaik konsumsi teh hijau tersebut agar bisa mendapatkan kelebihannya.

Salah satu yang menjadi kelebihan dari teh hijau dibandingkan dengan jenis teh lainnya yaitu cara pengolahannya yang lebih singkat yakni hanya melalui proses pengeringan.

Menariknya lagi teh hijau merupakan pilihan daun pucuk teratas yang tinggi akan kandungan antioksidan yang baik sekali untuk kesehatan tubuh.

Jadi tidak heran jika teh hijau sering dijadikan rbahan untuk membantu menurunkan berat badan, mencegah penyakit degenaratif, kecantikan kulit, serta untuk menyuburkan rambut.

Kandungan yang Terdapat Pada Teh Hijau

Sebelum mengonsumsi teh hijau akan lebih baik lagi jika mengetahui kandungan yang terdapat di dalamnya.

Sehingga bisa mengetahui manfaat serta pengaruhnya bagi tubuh. Berikut ini beberapa kandungan yang dimaksudkan:

  • Polifenol / Tanin, pada teh hijau terdapat polifenol yang tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menangkap radikal bebas yang bisa menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Selain itu polifenol juga bisa memperlancar pencernaan, membunuh bakteri disentri, serta melarutkan lemak.
  • Fluoride, fluoride adalah mineral yang sangat baik sekali untuk gigi yang berfungsi mencegah plak gigi, radang gusi, dan juga masalah timbulnya gigi berlubang.
  • Vitamin C dan E, teh hijau juga banyak mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin C dan vitamin E yang bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh, kesehatan kulit, dan kesehatan rambut.
  • Kafein, jika selama ini kafein identik dengan kopi ternyata teh hijau juga mengandung kafein. Kafein pada teh hijau berfungsi menstimulus pusat saraf, memperlancar sirkulasi darah serta meningkatkan konsentrasi.
  • Katekin, teh hijau bisa menurunkan kadar kolesterol pada tubuh hal ini karena adanya kandungan katekin didalamnya.

Waktu Terbaik untuk Konsumsi Teh Hijau

Jika kamu sudah tahu kandungan dan manfaat dari teh hijau, selanjutnya hal yang perlu diperhatikan yaitu waktu terbaik konsumi teh hijau agar khasiatnya optimal.

Cara terbaik untuk mengkonsumsi teh hijau yaitu dengan mengikuti takaran yang tepat dan tidak berlebihan.

Jika Anda mengkonsumsi teh hijau dalam porsi yang berlebih hal ini justru akan membahayakan kesehatan.

Konsumsilah teh hijau secara rutin maksimal 2 atau 3 gelas per hari dan yang perlu dihindari jangan pernah menambahkan gula atau krim pada teh.

Sebab hal ini nantinya bisa merusak khasiat dari teh hijau itu sendiri.

1. Minum Teh Hijau di Pagi Hari

Anda bisa mengkonsumsi teh hijau di pagi hari sebelum sarapan hal ini agar proses metabolisme pada tubuh bisa berjalan dengan baik.

Selain itu kandungan kafein yang ada pada teh hijau bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dan kerja otak lebih aktif.

Akan tetapi yang perlu diperhatikan jangan pernah mengonsumsi teh hijau dalam keadaan perut kosong.

Karena hal ini bisa berefek pada hati karena kandungan kafein yang tinggi didalamnya. Selain itu jika mengonsumsi teh hijau dalam keadaan perut kosong hal ini bisa mengakibatkan produksi asam lambung.

2. Jangan Mengkonsumsi Saat Makan

Sangat tidak dianjurkan sekali mengkonsumsi teh hijau saat makan hal ini karena adanya kandungan flavonoid yang bisa mengikat zat besi pada tubuh.

Sehingga bisa menyebabkan tubuh menjadi kekurangan darah serta lemas. Apalagi pada penderita anemia yang tentu akan mengalami penurunan tekanan darah secara signifikan.

Hal ini diperkuat oleh penelitian dari National Cancer Institute, yang menyatakan bahwa katekin yang ada pada teh hijau bisa menghambat pencernaan dan penyerapan zat besi pada tubuh.

Oleh karena itu, hilangkan kebiasaan untuk mengkonsumsi teh saat makan baik ketika di rumah maupun di tempat makan.

3. Minum Teh Hijau di Sela-Sela Waktu Makan

Anda bisa minum teh hijau di sela-sela waktu makan yaitu dua jam sebelum makan ataupun dua jam sesudah makan.

Hal ini agar penyerapan zat besi pada tubuh bisa berjalan dengan maksimal.
Point yang paling penting adalah jangan pernah meminum teh hijau secara berlebihan sebab malah berbahaya bagi kesehatan.

Serta hindari menggunakan kantong teh yang sama jika ingin membuat teh kembali.

4. Minum Sebelum Berolahraga

Jika ingin menurunkan berat badan untuk hasil yang lebih maksimal konsumsilah teh hijau sebelum melakukan olahraga.

Teh hijau akan membantu membakar lemak pada tubuh dengan adanya kandungan kafein didalamnya. Sehingga berat badan yang diingikan akan bisa terwujud dengan mudah.

5. Dua Jam Sebelum Tidur

Jangan pernah mengkonsumsi teh hijau saat menjelang tidur hal ini karena adanya kandungan kafeinĀ  yang bisa menyebabkan seseorang jadi sulit tidur.

Sebab salah satu efek kafein adalah menstimulus kerja otak agar tetap aktif. Oleh karena itu sebaiknya, konsumsilah teh hijau dua jam sebelum tidur agar metabolisme tubuh berjalan baik.

6. Hindari Minum Teh Hijau Saat Hamil dan Menyusui

Sangat tidak disarankan pada ibu hamil untuk mengkonsumsi teh hijau, hal ini karena adanya kandungan kafein yang bisa merangsang kontraksi pada rahim.

Begitu juga pada ibu yang menyusui kandungan pada teh hijau bisa mengganggu produksi kelenjar penghasil ASI (Air Susu Ibu).

Memahami bagaimana cara meminum teh hijau dengan benar bisa membantu mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Sehingga silahkan memperhatikan penjelasan di atas dan pastikan minum di waktu yang tepat. Sebab terdapat sejumlah waktu terbaik konsumsi teh hijau untuk hasil sesuai harapan.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: