waktu terbaik konsumsi teh hitam

Waktu Terbaik Konsumsi Teh Hitam yang Sebaiknya Dicoba

Teh hitam cukup populer di tanah air, namun sudahkah mengetahui rekomendasi waktu terbaik konsumsi teh hitam tersebut? Rupanya teh hitam akan memberikan manfaat lebih maksimal dan rasa yang lebih enak.

Apabila diminum di waktu-waktu yang terbaik, sehingga tubuh bisa lebih mudah dan cepat menyerap kandungan baik di dalamnya.

Teh jenis ini dikatakan populer di tanah air karena nyaris semua produk teh di pasaran merupakan teh hitam. Teh ini sesuai namanya memiliki warna gelap yang berasal dari proses fermentasi.

Rasa dan hasil seduhannya lebih kuat jika dibandingkan dengan teh hijau maupun teh putih. Namun rasa sepatnya ringan, sehingga cocok bagi selera siapa saja.

Inilah Rekomendasi Waktu Terbaik Konsumsi Teh Hitam

Teh hitam mempunyai kandungan nutrisi yang berguna bagi kesehatan tubuh. Antara lain adalah antioksidan berdosis tinggi dalam senyawa yang disebut polifenol, mineral, vitamin, hingga zat anti radang.

Teh hitam juga efektif untuk membantu diet Anda dalam menurunkan berat badan. Sebab bisa meningkatkan energi secara alami sehingga bisa lebih semangat bergerak dan berolahraga.

Secara alami tubuh pun akan membakar kalori lebih banyak dibanding saat tidak meminumnya.

Konsumsi teh hitam secara teratur akan membantu melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas. Menghambat perkembangan sel abnormal pemicu kanker, serta menjaga kesehatan jantung.

Hal ini karena teh juga mampu mengikis kolesterol jahat serta trigliserida dalam tubuh.

Manfaat ini akan lebih mudah didapatkan jika dikonsumsi dengan tepat, termasuk dalam menentukan waktu meminumnya. Berikut adalah waktu-waktu yang terbilang baik untuk digunakan minum teh hitam:

Hindari Konsumsi Terlalu Pagi

Kapan minum teh hitam terbaik? Jawabannya adalah sekitar pukul 10 pagi, artinya tidak direkomendasikan untuk mengkonsumsinya pagi-pagi sekali saat perut masih dalam kondisi kosong.

Alih-alih menyehatkan, kadar katekin dalam teh yang tinggi justru dapat mengganggu kerja hati. Hal ini berdasarkan riset yang pernah dilakukan, bahwa konsentrasi katekin yang terlalu tinggi dapat merusak organ hati.

Tak hanya untuk teh hitam, hal ini juga berlaku pada semua jenis teh karena pada umumnya mengandung katekin yang tinggi.

Teh hitam juga mengandung kafein meski hanya sedikit, sehingga saat diminum terlalu pagi maka bisa memicu maag. Apalagi jika perut dalam kondisi kosong, tak hanya maag namun bisa pula memicu diare.

Waktu Terbaik Konsumsi Teh Hitam Adalah Setelah Makan

Teh hitam tak hanya kurang baik diminum terlalu pagi, namun juga diminum saat perut kosong. Lebih aman jika diminum setelah makan sehingga menekan resiko mengalami maag maupun diare.

Namun jangan diminum di tengah makan ataupun sesaat setelah makan.

Dianjurkan untuk diberi jeda, antara satu sampai dua jam usai makan baru minum seduhan teh hitam ini. Mengapa? Sebab teh hitam maupun teh lainnya memiliki sifat mengikat nutrisi.

Memberi jeda dari jam makan bisa membantu tubuh mencerna dan menyerap nutrisi makanan yang dikonsumsi. Sehingga metabolisme lancar dan nutrisi terserap maksimal oleh tubuh.

Penderita anemia juga dilarang untuk mengonsumsi semua jenis teh di sela-sela makan besar, bersama dengan makanan, atau segera setelah makan.

Sesuai hasil riset yang pernah diadakan oleh National Cancer Institute, senyata katekin antioksidan yang terkandung dalam teh akan menganggu penyerapan zat besi serta memperlambat pencernaan.

Kondisi tersebut akan memperparah penyakit anemia yang diderita.

Mengkonsumsi Teh Hitam Sebelum Olahraga

Sebelum berolahraga adalah waktu minum teh hitam yang tepat. Alasannya karena teh mengandung kafein sehingga saat berolahraga akan lebih banyak lemak terbakar.

Anda pun akan merasa lebih bugar saat berolahraga karena kafein mampu meningkatkan energi.

Bagi yang diet, juga dianjurkan minum teh hitam beberapa saat sebelum berolahraga. Sehingga dengan tubuh yang lebih berenergi maka bisa berolahraga lebih lama.

Alhasil kalori yang berhasil dibakar lebih banyak sehingga berat badan lebih cepat turun.

Diminum Dua Jam Sebelum Tidur

Mengkonsumsi teh sebelum tidur sebenarnya tidak dilarang namun berilah jeda, paling tidak dua jam sebelum tidur. Ini karena teh mengandung kafein yang dapat mencegah Anda tidur lebih nyenyak.

Selain itu terdapat juga asam amino L-Tehanine yang justru dapat membantu pikiran Anda lebih fokus dan segar. Jadi kesimpulannya mengkonsumsi teh beberapa menit sebelum Anda tidur bukanlah keputusan yang bijaksana.

Namun diminum dua jam sebelum tidur dan satu jam setelah makan malam, supaya metabolisme tubuh tidak terganggu.

Sekaligus menjadikan tidur lebih nyenyak karena kandungan senyawa pada teh hitam bisa memberi efek relaksasi.

Dalam menyeduh teh sebaiknya juga menggunakan teko dan gelas keramik, alih-alih yang logam agar aroma serta rasa teh yang nikmat bisa tercemar oleh logam tersebut.

Supaya teh hitam memberikan manfaat bagi kesehatan maka bisa diminum tanpa gula atau pemanis apapun. Selain itu perlu diminum di waktu-waktu yang tepat seperti yang telah disebutkan di atas.

Jangan ragu pula untuk mengkonsumsi teh hitam berkualitas tinggi, agar minum teh tak hanya minum teh biasa. Namun menawarkan rasa lebih baik dan manfaat maksimal bagi kesehatan. Silahkan memesan teh hitam premium di Daun Seduh.

Related Posts

Leave a comment

%d blogger menyukai ini: